Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kerja Modem untuk Mengakses Internet dan Jenis-jenisnya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 31/01/2024, 03:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa hal yang perlu dipelajari ketika belajar tentang modem sebagai perangkat jaringan dalam mengakses internet. Salah satu hal tersebut, misalnya, cara kerja modem untuk mengakses internet.

Cara kerja modem itu perlu diketahui supaya pengguna dapat memahami proses modem dapat menghubungkan perangkat seperti komputer, laptop, atau HP, ke jaringan internet. Lantas, bagaimana cara kerja modem?

Baca juga: 6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer

Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara kerja modem untuk mengakses internet.

Apa itu modem?

Sebelum mengetahui cara kerjanya, pengguna kiranya perlu mengetahui dulu apa itu modem. Pengetahuan dasar soal pengertian modem ini perlu diketahui dulu lantaran terdapat beberapa istilah dalam operasi modem yang berkaitan dengan cara kerjanya nanti.

Lantas, apa yang dimaksud dengan modem? Sebagai informasi, modem sejatinya merupakan singkatan dari Modulator/Demodulator, yang mewakili bagaimana perangkat tersebut mengolah data untuk mengakses internet.

Pertama-tama, pengguna kiranya perlu mengetahui apa itu modem. Sebagai informasi, modem sejatinya merupakan singkatan dari Modulator/Demodulator, yang mewakili bagaimana perangkat tersebut mengolah data untuk mengakses internet.

Jika didefinisikan, modem adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan perangkat elektronik lain seperti komputer, laptop, atau HP, ke internet. Modem memiliki kemampuan utama untuk mengubah sinyal analog dari jaringan kabel menjadi sinyal digital.

Kemampuan itu disebut juga dengan demodulasi. Dalam bentuk digital, sinyal yang telah diubah ini disimpan dalam bentuk data biner berupa bilangan 0 dan 1. Selain demodulasi, model juga bisa melakukan modulasi dengan mengubah sinyal digital ke analog.

Modem secara umum digunakan untuk mentransfer data digital ke sistem personal, sehingga perangkat pengguna bisa berkomunikasi dengan jaringan internet. Modem punya kemampuan mengubah sinyal digital ke analog dan sebaliknya secara bersamaan.

Dengan kemampuan itu, modem juga dikenal sebagai penerjemah sinyal. Modem dapat menerjemahkan sinyal digital menjadi sinyal analog (modulasi) untuk transmisi. Lalu, secara bersamaan, bisa mengubah sinyal analog yang diterima menjadi sinyal digital (demodulasi).

Dari pemaparan di atas, dapat dipahami secara sederhana, modem adalah perangkat yang dapat menghubungkan perangkat lain ke jaringan internet melalui proses modulasi dan demodulasi.

Perlu diketahui, modem tidak serta merta dapat mentransmisikan data ke perangkat supaya bisa mengakses internet. Sebelum bisa dipakai untuk mengakses internet, modem perlu mendapatkan akses data dari penyedia layanan internet (Internet Service Provider/ISP).

Itulah penjelasan seputar pengertian modem, sebagaimana dihimpun dari laman Geeks for Geeks. Dari pemaparan soal pengertiannya, berikut adalah penjelasan soal cara kerja modem untuk mengakses internet.

Cara kerja modem

Modulasi dan demodulasi merupakan proses utama yang dilakukan modem untuk membuat perangkat dapat terhubung jaringan internet. Namun, selain itu, terdapat beberapa langkah lain dalam cara kerja modem. Adapun cara kerja modem adalah sebagai berikut:

  • Data generation: Ketika data perlu ditransmisikan, data bakal dibuat terlebih dahulu. Oleh karena itu, sistem komputer akan menghasilkan data dalam bentuk digital berupa bilangan biner 0 dan 1.
  • Modulasi: Data digital itu bakal diterima oleh modem untuk melewati proses modulasi. Modulasi merupakan proses mengubah sinyal data digital dari perangkat menjadi sinyal data analog, sehingga sinyal-sinyal tersebut dapat berjalan di internet. Data digital dalam proses modulasi bakal dienkode untuk ditransmisi.
  • Transmisi: Hasil dari modulasi, yaitu data termodulasi, bakal ditransmisikan melalui saluran komunikasi atau saluran internet ke modem yang menerimanya.
  • Demodulasi: Setelah data termodulasi diterima, modem bakal melakukan proses demodulasi, yang mengubah data analog dari saluran internet menjadi sinyal digital yang dapat dipahami oleh sistem komputer. Dalam demodulasi, data digital dari proses transmisi bakal didekode.
  • Decoding: Hasil dari demodulasi, yaitu data terdemodulasi, bakal dikirimkan ke sistem komputer untuk digunakan lebih lanjut.

Dari penjelasan cara kerja modem di atas, dapat dipahami, modem bekerja sebagai penjembatan dan penerjemah komunikasi antara komputer atau perangkat personal pengguna dengan saluran internet.

Baca juga: 10 Macam Web Browser dan Cara Kerjanya dalam Mengakses Internet

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com