Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Zoom Hadir di Headset AR Apple Vision Pro, Rapat Virtual Terasa Lebih "Nyata"

Kompas.com - 01/02/2024, 08:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber ZOOM

KOMPAS.com - Platform video telekonferensi Zoom resmi meluncurkan aplikasi khusus untuk perangkat augmented/virtual reality alias AR/VR Apple Vision Pro pekan ini.

Aplikasi Zoom di headset AR Vision Pro ini terbilang khusus. Berbeda dengan Zoom di platform Android, iOS, Windows, dan sebagainya, Zoom yang berjalan untuk sistem operasi (OS) visionOS ini mendukung banyak fitur AR yang ada di headset Vision Pro, terutama Persona.

Dengan Persona, Zoom bisa membuat avatar atau karakter digital yang menampilkan sosok pengguna di jendela video zoom. Avatar ini diklaim bisa mewakili ekspresi dan gerakan tangan pengguna.

Selain itu, pengguna juga bisa membuat jendela video zoom yang menampilkan avatar tadi, seakan menyatu dengan lingkungan sekitar pengguna. Hal ini dimungkinkan dengan bantuan teknologi AR. Sehingga, rapat (meeting) virtual akan terasa lebih "nyata".

Nah, sebelum Persona bisa menampilkan avatar pengguna di Zoom, headset AR Vision Pro terlebih dahulu harus memindai pengguna, termasuk bagian tubuh dan wajah. Dengan begitu, fitur wajah dan tubuh bisa diubah ke versi digital dan ditampilkan lewat Persona. 

Baca juga: Headset AR Apple Vision Pro Seharga Rp 55 Juta, 10 Hari Terjual 200.000 Unit

Selain dukungan Persona, Zoom di Vision Pro juga bisa mengunggah sebuah file atau obyek berbentuk tiga dimensi ke dalam ruangan rapat virtual. Dengan begitu, pengguna Zoom yang memakai headset AR Vision Pro bisa melihat dengan jelas file tersebut dari segala sisi.

Fitur lain yang ada di Zoom versi Vision Pro adalah Team Chat untuk mempermudah komunikasi dan kolaborasi dalam satu tim, serta Real-World Pinning untuk menyematkan jendela video peserta rapat ke berbagai titik ruangan yang ada di sekitar pengguna.

Rencananya, Zoom akan bisa diunduh secara langsung di App Store ketika Vision Pro resmi meluncur ke publik pada 2 Februari mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Zoom.us, Kamis (1/2/2024).

Pada saat itu, dukungan fitur Persona di Zoom bisa langsung dinikmati pengguna, namun untuk fitur lainnya, seperti unggah file 3D, Zoom Team Chat, dan Real-World Pinning belum bisa digunakan lantaran baru akan meluncur sekitar Maret-Mei mendatang.

Baca juga: Headset AR Apple Vision Pro Punya Fitur Khusus yang Tidak Diumumkan saat Peluncuran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com