Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Fitur Baru Flipside Instagram, Mirip “Second Account” tapi Tanggung

Kompas.com - 01/02/2024, 10:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, tepatnya sekitar 25 Januari 2024, warganet heboh dengan kehadiran fitur baru di Instagram (IG), yakni Flipside. Banyak warganet yang menganggap jika Flipside Instagram dapat menggantikan “second account”.

Akan tetapi, dari percobaan yang kami lakukan, Flipside Instagram rasanya sulit untuk menggantikan secara penuh penggunaan second account. Sebabnya, terdapat beberapa kebutuhan yang tidak dapat ditampung oleh Flipside IG.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Flipside Instagram buat Bikin Profil Baru Mirip “Second Account”

Apa itu Flipside Instagram?

Perlu diketahui, Flipside IG adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat profil khusus atau profil baru yang lebih privat dan berbeda dari profil utamanya dalam satu akun Instagram.

Fitur ini mewadahi pengguna yang ingin menampilkan sisi lain dirinya dengan privasi yang tetap terjaga. Di Instagram saat ini, fitur Flipside termuat dalam tombol kunci yang berada pada halaman profil pengguna.

Tampilan fitur Flipside Instagram yang berbentuk ikon kunci. Pengguna bisa klik ikon kunci tersebut untuk beralih dari profil utama ke profil sekunder dan sebaliknya.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan fitur Flipside Instagram yang berbentuk ikon kunci. Pengguna bisa klik ikon kunci tersebut untuk beralih dari profil utama ke profil sekunder dan sebaliknya.

Saat tombol kunci itu diklik, profil utama pengguna bakal beralih atau flip ke profil sekunder. Di profil Flipside, pengguna bisa mengatur nama profil, foto profil, dan bio yang berbeda dari yang ditampilkan pada profil utama.

Kemudian, pengguna dapat menambahkan orang-orang tertentu yang dapat melihat profil Flipside tersebut. Selain itu, pengguna juga bisa mengunggah konten-konten, seperti Reels, Feed, dan Story di profil Flipside.

Profil Flipside menjadi lebih privat karena konten yang diunggah hanya dibagikan ke orang-orang yang telah ditambahkan. Jadi, pengguna bisa lebih nyaman untuk membagikan konten pribadi ke kelompok terdekat melalui Flipside Instagram.

Ilustrasi cara mengaktifkan Flipside Instagram.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengaktifkan Flipside Instagram.

Dengan kemampuan ini, tak heran jika banyak warganet yang mengira tidak bakal lagi membutuhkan second account. Namun, bila ditelusuri lebih lanjut dari awal mula kebutuhan akan second account, kehadiran Flipside bisa dibilang belum bisa menggantikannya.

Mengenal finsta alias second account

Second account atau biasa disebut juga dengan finsta (fake instagram) merupakan akun yang menampilkan sisi berbeda dari akun utama atau akun asli milik pengguna. Fenomena penggunaan finsta mulai naik daun pada sekitar 2015.

Maraknya finsta berbarengan dengan kehadiran fitur Switch Account di Instagram, yang memungkinkan pengguna untuk beralih dari satu akun ke akun lainnya secara mudah, dengan tak perlu melalui proses login lagi.

Gagasan mengenai second account berbalikan dengan akun asli atau yang biasa dikenal dengan rinsta (real Instagram). Akun asli dipakai untuk menampilkan sisi positif, seperti kehidupan yang sempurna, kebahagian, mengunjungi tempat bagus, dan lainnya.

Berkebalikan dengan itu, second account digunakan untuk menunjukkan sisi yang lebih vulgar dan negatif atau bertentangan dengan norma-norma positif di Instagram. Contohnya seperti hal konyol, memalukan, menyedikan, ketidaksempurnaan, dan konten tanpa filter.

Rinsta bisa dibilang sebagai sisi luar pengguna, sedangkan second account adalah sisi dalam atau sisi rahasia. Rinsta diisi oleh pengikut atau orang-orang yang lebih acak. Sementara itu, finsta diisi oleh orang-orang terdekat yang lebih intim.

Kebutuhan pengguna atas second account

Di second account, pengguna dapat memiliki kontrol untuk membatasi lingkup pertemanannya dan menetapkan norma yang disepakati bersama, berlandaskan rasa saling percaya. Pengikut second account biasanya memakai second account juga.

Kontrol tersebut membuat pengguna dapat dengan santai untuk mengungkap sisi lain yang lebih menunjukkan dirinya di second account. Penggunaan second account yang berbeda dari akun asli sejatinya tidak muncul secara begitu saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com