Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu Taylor Swift, Drake, dan Olivia Rodrigo Lenyap dari TikTok, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 02/02/2024, 10:27 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

Lagu-lagu dari musisi kenamaan seperti Taylor Swift, Drake, dan Olivia Rodrigo kini resmi lenyap dari TikTok, Jumat (2/2/2024). Video TikTok (VT) pengguna yang sebelumnya menggunakan musik latar (background music) dari tiga musisi beken tersebut kini dibisukan (muted).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Lagu-lagu dari musisi kenamaan seperti Taylor Swift, Drake, dan Olivia Rodrigo kini resmi lenyap dari TikTok, Jumat (2/2/2024). Video TikTok (VT) pengguna yang sebelumnya menggunakan musik latar (background music) dari tiga musisi beken tersebut kini dibisukan (muted).
KOMPAS.com - Kabar buruk bagi pengguna TikTok. Lagu-lagu dari musisi kenamaan seperti Taylor Swift, Drake, dan Olivia Rodrigo kini resmi lenyap dari TikTok, Jumat (2/2/2024).

Pantauan KompasTekno, Jumat pagi, deretan lagu populer Taylor Swift, Drake, Olivia Rodrigo sudah mulai dihapus dan tidak tersedia lagi untuk digunakan di TikTok.

Video TikTok (VT) pengguna yang sebelumnya menggunakan musik latar (background music) dari tiga musisi beken tersebut kini dibisukan (muted).

Kini, pengguna akan melihat notifikasi "sound removed due to copyright restriction" (suara dihapus karena pembatasan hak cipta) di bawah VT. Pengguna pun disarankan untuk mengganti lagu dari penyanyi lain.

Usut punya usut, lenyapnya musik Taylor Swift, Drake, dan Olivia Rodrigo dari TikTok adalah karena perkara lisensi.

Ketiga musisi tersebut berada di bawah naungan label musik Universal Music Group (UMG). Selama ini, UMG dan TikTok memiliki perjanjian lisensi di mana musik dari artis UMG bisa digunakan di TikTok. Perjanjian lisensi ini telah habis masa berlakunya pada 31 Januari.

Sayangnya, negosiasi perpanjangan perjanjian lisensi yang baru antara UMG dan TikTok ini tidak berakhir dengan kata sepakat. Alhasil, Universal Music Group selaku label pun mulai menghapus katalog musik artisnya.

Pantauan KompasTekno, tak hanya pengguna umum, akun resmi @TaylorSwift dan @OliviaRodrigo juga kena imbas masalah lisensi ini. Beberapa video di akun resmi Taylor Swift juga dibisukan gara-gara masalah hak cipta. Padahal yang digunakan adalah lagunya sendiri.

Menurut laporan, faktor gagalnya perpanjangan lisensi UMG untuk TikTok meliputi pembayaran artis, AI generatif, dan keamanan online, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (2/2/2024).

Pada Selasa, UMG menuduh platform video milik ByteDance tersebut mencoba melakukan intimidasi agar UMG menerima “kesepakatan buruk”.

Menurut Universal Music Group, dalam negosiasi, TikTok tidak menenangkan kekhawatiran pohaknya mengenai kompensasi yang pantas bagi artis dan penulis lagu dan perlindungan terhadap musik yang dihasilkan AI.

Baca juga: TikTok Resmi Akuisisi Tokopedia, Nilai Investasi Rp 23 Triliun

TikTok juga dinilai belum bisa mencarikan solusi untuk kekhawatiran UMG soal keamanan online di platform, terutama melindungi artis dari "perkataan kebencian, kefanatikan, intimidasi, dan pelecehan".

TikTok menanggapi dengan mengatakan bahwa ini merupakan suata hal yang "menyedihkan dan mengecewakan" karena UMG telah "memilih untuk meninggalkan dukungan kuat dari TikTok dengan lebih dari satu miliar pengguna". Padahal menurut TikTok, platformnya menjadi sarana promosi dan penemuan gratis bagi artis.

TikTok menuduh label Universal Music Group tersebut egois dan tidak mendahulukan kepentingan artis dan penulis lagu UMG.

"Jelas sekali, tindakan Universal yang mementingkan diri sendiri bukanlah demi kepentingan artis, penulis lagu, dan penggemar," tulis TikTok.

Baca juga: Nama Taylor Swift Paling Banyak Di-googling gara-gara Game Teka-Teki Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com