Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Poco X6 Pro 5G, HP Terkencang Poco dengan HyperOS

Kompas.com - 02/02/2024, 13:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama dengan Poco M6 Pro dan Poco X6 5G, Poco X6 Pro 5G resmi hadir di Indonesia lewat acara peluncuran yang digelar di Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Poco X6 Pro 5G bisa dibilang merupakan salah satu ponsel paling menarik dari Poco. Dapur pacunya menggunakan system-on-chip Dimensity 8300 Ultra dari MediaTek sehingga diklaim lebih kencang dari Poco F5 sekalipun.

Baca juga: Poco X6 dan X6 Pro Meluncur di Indonesia, Salah Satunya Sudah Pakai HyperOS

Selain itu, Poco X6 Pro 5G turut menjadi ponsel pertama dari poco yang menjalankan sistem operasi baru Xiaomi, HyperOS, secara out-of-the-box alias semenjak dari pabrik.

Ringan, berlapis kulit

Dari tampilan fisik, Poco X6 Pro 5G sudah tampak beda dari pendahulunya. Ponsel ini masih menghadirkan sejumlah opsi warna, yakni Black, Grey, dan Yellow yang menjadi kelir khas ponsel Poco.

Bedanya dari Poco X5 Pro dulu, varian warna kuning dari Poco X6 Pro 5G kini memiliki punggung berlapis vegan leather yang memiliki tekstur serupa kulit.

Dengan demikian, Poco X6 Pro 5G pun terasa lebih nyaman digenggam, apalagi bobotnya juga dipertahankan di kisaran 180 gram sehingga ringan untuk ponsel seukurannya.

Layar Poco X6 Pro 5G menggunakan panel AMOLED 6,67 inci dengan resolusi lebih tinggi dari pendahulunya, yakni 2.712 x 1.220 piksel, dengan refresh rate 120 Hz dan brightness yang meningkat ke angka 1.200 nits (HBM). 
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Layar Poco X6 Pro 5G menggunakan panel AMOLED 6,67 inci dengan resolusi lebih tinggi dari pendahulunya, yakni 2.712 x 1.220 piksel, dengan refresh rate 120 Hz dan brightness yang meningkat ke angka 1.200 nits (HBM).

Kelebihan lainnya dari bahan vegan leather adalah bagian belakang Poco X6 Pro 5G varian warna Yellow jadi "kebal" noda sidik jari, berbeda dari varian warna Black yang memiliki punggung glossy dan langsung kelihatan dekil setelah dipegang.

Layar Poco X6 Pro 5G menggunakan panel AMOLED 6,67 inci dengan resolusi lebih tinggi dari pendahulunya, yakni 2.712 x 1.220 piksel, dengan refresh rate 120 Hz dan brightness yang meningkat ke angka 1.200 nits (HBM).

Baca juga: Poco M6 Pro Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Bagian bawah layar memuat pemindai sidik jari in-display berjenis optical, sementara di atas terdapat sebuah punch hole yang memuat kamera depan 16 MP (f/2.4). Sebagai pelindung, digunakan kaca Corning Gorilla Glass 5, bukan Victus seperti "adiknya", Poco X6.

Bagian bawah (foto kiri) Poco X6 Pro 5G memuat konektor USB-C, laci SIM card, dan loudspeaker, sementara di sisi atas terdaapt IR blaster dan loudspeaker keduaKOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian bawah (foto kiri) Poco X6 Pro 5G memuat konektor USB-C, laci SIM card, dan loudspeaker, sementara di sisi atas terdaapt IR blaster dan loudspeaker kedua

Laci SIM card Poco X6 Pro 5G bisa memuat dua buah kartu nano SIM dalam posisi bolak-balik, tapi tidak ada tempat untuk microSD. Untuk varian yellow, tombol daya di sisi kanan ikut berwarna kuning.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Laci SIM card Poco X6 Pro 5G bisa memuat dua buah kartu nano SIM dalam posisi bolak-balik, tapi tidak ada tempat untuk microSD. Untuk varian yellow, tombol daya di sisi kanan ikut berwarna kuning.

Poco masih menyediakan IR Blaster di bagian atas X6 Pro 5G untuk mengendalikan alat home appliances seperti AC dan TV lewat aplikasi remote. Perangkat ini juga memiliki NFC, Bluetooth 5.4, serta WiFi 802.11a/b/g/n/ac/ax, di samping koneksi 5G NSA dan Sub6G.

Poco berkinerja tertinggi

Salah satu fitur yang menjadi highlight di Poco X6 Pro 5G adalah SoC MediaTek Dimensity 8300 Ultra yang diklaim memiliki kinerja setara chip kelas atas.

Product Marketing Manager Poco Indonesia, Jeksen, menyebutkan bahwa performa Dimensity 8300 Ultra melebihi Snapdragon 7 Plus Gen 2 di Poco F5 dengan skor AnTuTu di kisaran 1,4 juta poin.

"Dimensity 8300 Ultra lebih kencang dari Snapdragon 8 Plus Gen 1. Poco X6 Pro 5G adalah ponsel berkinerja tertinggi di line up Poco saat ini," ujar Jeksen ketika memperkenalkan Poco X6 Pro 5G dalam acara peluncurannya di Jakarta.

Product Marketing Manager Poco Indonesia, Jeksen, menyebutkan bahwa Poco X6 Pro 5G adalah ponsel terkencang dari Poco dengan skor AnTuTu menembus 1,4 juta poin. Kinerjanya juga melewati chip Snapdragon 8 Plus Gen 1.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Product Marketing Manager Poco Indonesia, Jeksen, menyebutkan bahwa Poco X6 Pro 5G adalah ponsel terkencang dari Poco dengan skor AnTuTu menembus 1,4 juta poin. Kinerjanya juga melewati chip Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Adapun Dimensity 8300 Ultra, menurut Jeksen, adalah chip Dimensity 8300 yang mengalami tuning lebih lanjut untuk meningkatkan performanya dengan RAM LPDDR5X.

"Jadi, pada dasarnya chip 'Ultra" ini merupakan kerja sama Xiaomi dengan MediaTek," imbuh Jeksen. Poco X6 Pro 5G sendiri memang dibekali dengan tipe RAM LPDDR5X berkapasitas 12 GB. Sementara media internal yang digunakan adalah UFS 4.0 512 GB.

Baca juga: Unboxing dan Hands-on Poco X6 5G, Serba Meningkat dari Sebelumnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com