Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Modem dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 03/02/2024, 04:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui jenis-jenis modem yang umum dipakai untuk mengakses internet. Sebagian besar pengguna, terutama yang sudah sering mengakses internet, mungkin sudah tak asing dengan yang namanya modem.

Modem merupakan salah satu perangkat yang umum dimanfaatkan untuk membuat komputer, laptop, atau HP dapat terhubung dengan jaringan internet. Untuk dipakai mengakses internet, modem terdiri dari beberapa jenis.

Baca juga: Jenis-jenis Jaringan Komputer dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Lantas, apa saja jenis-jenis modem yang biasa dipakai mengakses internet? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai jenis-jenis modem yang umum dipakai.

Jenis-jenis modem

Ada beberapa jenis modem yang perlu diketahui, seperti modem kabel, modem wireless, modem USB dan masih banyak lagi.

Tiap jenis modem itu umumnya dibedakan dari caranya terhubung dengan saluran internet dan terhubung dengan perangkat. Adapun penjelasan dari jenis-jenis modem yang umum dipakai adalah sebagai berikut.

1. Modem kabel

Modem kabel disebut sebagai perangkat broadband karena memungkinkan komputer berkomunikasi dengan penyedia layanan internet (ISP) melalui koneksi landline. Modem ini terhubung ke saluran telepon melalui kabel koaksial dan ke komputer melalui kabel ethernet.

2. Modem wireless

Modem wireless terhubung ke komputer tanpa memerlukan kabel. Modem ini menggunakan frekuensi radio atau sinyal WiFi untuk mengirimkan data melalui udara dan memiliki kecepatan transmisi yang cepat.

3. Modem dial-up

Jenis modem ini menghubungkan komputer ke internet dengan akses dari ISP melalui saluran telepon tradisional berbasis sirkuit atau PSTN (Public Switched Telephone Network). Modem dial-up punya kecepatan transmisi 56kb/detik.

4. Modem DSL

Modem DSL (Digital Subscriber Line) memungkinkan transmisi data melalui saluran telepon standar. Modem ini memiliki kecepatan transfer data yang cepat. Modem DSL dapat digunakan pada komputer atau router untuk menyediakan akses internet melalui port ethernet.

5. Modem satelit

Modem satelit adalah modem yang mahal dan tidak memerlukan saluran telepon untuk terhubung ke internet. Modem ini menggunakan teknologi satelit untuk mengirim atau menerima data.

6. Modem USB

Berikutnya, terdapat modem USB yang umumnya memiliki bentuk seperti stik atau Flash Drive. Modem ini dapat disambungkan ke komputer melalui koneksi USB. Modem USB menghasilkan koneksi internet dari kartu seluler yang terpasang di dalamnya.

Itulah jenis-jenis modem yang umum dipakai saat ini untuk mengakses internet di berbagai perangkat. Dengan mengetahuinya, pengguna dapat lebih mudah mengenali jenis-jenis modem yang tersedia.

Meski modem terdiri dari beberapa jenis, fungsi dari tiap jenis modem itu bisa dibilang mirip. Lantas, sebenarnya apa fungsi dari modem? Jika tertarik untuk mengetahuinya juga, silakan simak penjelasan di bawah ini soal fungsi modem.

Apa itu modem?

Sebelum mengetahui fungsinya, pengguna kiranya perlu mengetahui dulu apa itu modem. Pengetahuan dasar soal pengertian modem ini perlu diketahui dulu lantaran terdapat beberapa istilah dalam operasi modem yang berkaitan dengan fungsinya nanti.

Lantas, apa yang dimaksud dengan modem? Sebagai informasi, modem sejatinya merupakan singkatan dari Modulator/Demodulator, yang mewakili bagaimana perangkat tersebut mengolah data untuk mengakses internet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com