Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Macam Web Browser dan Cara Kerjanya dalam Mengakses Internet

Kompas.com - 15/10/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui macam-macam web browser, terutama mereka yang tengah belajar mengakses internet. Pengguna yang sudah terbiasa mengakses internet mungkin sudah mengerti macam-macam web browser.

Akan tetapi, pengguna yang baru belajar mengakses internet bisa saja belum mengerti. Jika baru belajar dan belum mengerti, tak usah khawatir. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap macam-macam web browser.

Baca juga: 5 Browser Anonim untuk Menjelajah Internet lebih Privat

Macam-macam web browser itu perlu diketahui untuk memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi program mana saja yang bisa dipakai mengakses internet. Lantas, apa saja macam web browser? Untuk lebih lengkapnya, simak daftar contoh web browser di bawah ini.

Macam-macam web browser

Browser atau web browser adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajahi, mengambil, dan menampilkan informasi yang tersedia di jaringan internet World Wide Web (WWW). Mudahnya, web browser adalah software untuk browsing.

Informasi yang dapat ditampilkan browser bisa berupa gambar, halaman web, video, dan konten lain yang semuanya terhubung melalui sistem hypertext dan dikategorikan dengan bantuan URL (Uniform Resource Identifiers).

Browser merupakan program klien karena berjalan pada perangkat milik pengguna. Browser bisa dibilang berfungsi sebagai antarmuka atau penjembatan antara pengguna dan segala konten di jaringan internet.

Beberapa fungsi browser antara lain, seperti membuka halaman website, menampilkan konten dari website, memudahkan dalam menjelajahi website, dan menyimpan data halaman website yang telah dikunjungi.

Tanpa browser, pengguna rasanya bakal kesulitan untuk mengakses atau menjelajahi informasi (browsing) di internet. Saat ini, terdapat beberapa browser yang biasa dipakai untuk mengakses internet.

Beberapa browser yang cukup populer dipakai, antara lain seperti Mozilla, Chrome, dan Safari. Selain itu, masih terdapat banyak lagi. Adapun macam-macam web browser adalah sebagai berikut:

  • Google Chrome
  • Microsoft Edge
  • Mozilla Firefox
  • Safari
  • Opera
  • UC Browser
  • Vivaldi
  • Samsung Internet
  • Brave
  • DuckDuckGo

Adapun penjelasan dari masing-masing web browser di atas adalah sebagai berikut:

1. Google Chrome

Ilustrasi browser Google Chrome.App Store Ilustrasi browser Google Chrome.

Google Chrome merupakan browser internet yang dikembangkan oleh Google. Chrome dirilis pertama kali pada tahun 2008 untuk Microsoft Windows, kemudian diadaptasi ke Android, iOS, Linux, dan macOS.

Saat ini Chrome menjadi browser web paling populer dengan pangsa global lebih dari 50 persen. Untuk mengunduh versi terbaru browser ini, pengguna dapat mengunjungi laman berikut ini.

2. Microsoft Edge

Ilustrasi browser Microsoft Edge.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi browser Microsoft Edge.

Microsoft Edge adalah web yang dikembangkan oleh Microsoft. Web browser ini resmi dirilis pada 29 Juli 2015 dan biasanya hadir menjadi satu paket dalam perangkat yang menjalankan sistem operasi Windows.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com