Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Open Source Jadi Kunci Kemandirian TI

Kompas.com - 03/02/2024, 14:34 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - CEO PT Equnix Business Solutions, Julyanto Sutandang mengatakan, Indonesia harus memiliki penguasaan yang mumpuni terhadap teknologi informasi berikut implementasinya, sehingga tidak lagi hanya menjadi “korban” persaingan bisnis global.

Ia mencontohkan skandal suap perusahaan ERP Jerman, SAP yang menyeret Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (kini bernama Bakti Kominfo).

Berdasarkan Departemen Kehakiman Amerika Serikat, dokumen pengadilan menuntut SAP membayar lebih 220 juta dollar AS atau setara Rp 3,4 triliun dalam bentuk denda maupun administrasi.

“Kemandirian kita dalam mengadopsi teknologi informasi adalah hak mutlak agar kita benar-benar memiliki kedaulatan, tidak lagi menjadi pelanduk di tengah persaingan dua gajah”, kata Julyanto kepada KompasTekno, Jumat (2/2/2024).

Baca juga: Apa Itu Open Source Software, Kelebihan, Kekurangan, dan Contoh-contohnya

Salah satu upaya menuju kemandirian penguasaan teknologi adalah dengan memanfaatkan solusi IT berbasis Open Source.

Platform Open Source menurut Julianto lama digadang-gadang sebagai platform masa depan karena menawarkan efisiensi, kemandirian, kemerdekaan serta kedaulatan dalam mengadopsi teknologi.

Dari segi keamanan data, untuk memperkuat keamanan siber, Equnix memiliki produk turunan dari Postgres, yang disebut 11DBX, dengan kemampuan enkripsi yang cepat dan tetap aman karena memiliki standar industri keuangan.

11DBX menggunakan HSM (Hardware Security Module) sebagai bagian dari Key Management. Produk ini dikembangkan berdasarkan riset dan Postgres Open Source, memiliki fitur enkripsi berkelas dunia, memiliki pengamanan data terbaik, cepat dan Quantum-Proof, sehingga diklaim sangat aman.

Baca juga: Pengembang Database Open Source PostgreSQL se-Asia Berkumpul di Bali

Tantangan yang dihadapi dalam teknologi enkripsi seperti ini membutuhkan indexing yang khusus, agar tercipta proses scan data yang tidak melakukan dekripsi data terus menerus.

Sistem index pada data terenkripsi yang dipatenkan adalah sebuah inovasi yang mumpuni dan menjadi solusi terbaik dalam pemenuhan kebutuhan enkripsi data pada undang-undang PDP. Tidak kalah pentingnya meningkatkan keamanan akses dengan MFA (Multifactor Authentication)

Semua fungsi perlindungan andal ESE diimplementasikan dalam Produk 11DBX dan akan diluncurkan Equnix secara resmi di kuartal pertama 2024, dan ketersediaannya akan dirilis secara bertahap hingga tersedia bagi semua platform dan pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com