Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bluesky Sudah Bisa Dicoba di Indonesia, Begini Tampilan Pesaing Twitter X

Kompas.com - 07/02/2024, 10:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Setelah ditunggu-tunggu, aplikasi microblogging yang dikembangkan oleh Jack Dorsey (mantan CEO Twitter), yakni Bluesky, akhirnya sudah bisa dicoba di Indonesia. Bluesky sempat ramai di media sosial tahun lalu.

Akan tetapi, saat ramai-ramainya di medsos sekitar Maret 2023, Bluesky belum bisa dicoba oleh pengguna secara umum. Sekarang, pengguna di tanah air bisa mencoba aplikasi pesaing X (dulu Twitter) tersebut.

Baca juga: Bluesky, Media Sosial Baru Pesaing X Twitter Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Sebagian pengguna mungkin belum sempat mengikuti keramaian soal Bluesky tahun lalu. Lantas, sebenarnya apa itu Bluesky? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan soal apa itu Bluesky yang kini bisa dijajal di Indonesia.

Apa itu Bluesky?

Sama seperti Twitter, Bluesky adalah aplikasi media sosial microblogging (berbagi cerita dengan jumlah karakter terbatas). Bluesky dikembangkan oleh mantan CEO sekaligus pendiri Twitter, Jack Dorsey.

Proyek pengembangan Bluesky telah dimulai sejak 2019. Dulu, proyek Bluesky masih berada di bawah naungan Twitter. Lalu, pada Februari 2022, proyek ini tak lagi di bawah Twitter dan bertransformasi menjadi perusahaan sendiri bernama Bluesky PBLLC.

Sejak tak lagi berada di Twitter sekitar Mei tahun lalu, Dorsey diketahui tengah fokus mengembangkan Bluesky untuk menyaingi Twitter. Berbeda dengan Twitter, Bluesky dikembangkan dengan konsep utama sebagai aplikasi media sosial yang terdesentralisasi.

Bluesky dirancang dengan jaringan komunikasi atau protokol bernama AT Protocol (Authenticated Transfer Protocol). Secara operasi, protokol tersebut sama seperti protokol ActivityPub dari Mastodon, aplikasi media sosial yang hampir mirip juga dengan Twitter.

Dikutip dari laman resmi pengembang Bluesky, dengan AT Protocol, pengguna nantinya bisa memilih sendiri host atau server untuk terhubung ke BlueSky. Kemudian, pengguna bisa juga menjadi host atau server dari jaringan BlueSky.

Melalui desain protokol terdesentralisasi ini, menurut Dorsey dikutip dari TechCrunch, Bluesky dapat menyaingi platform media sosial tersentralisasi seperti Twitter dalam menyajikan pengalaman percakapan yang lebih terbuka.

Dorsey percaya bahwa Bluesky mampu mengurangi kendali tersentralisasi (terpusat) atas penentuan individu atau komunitas yang dapat terlibat dalam percakapan dan siapa yang akan bertanggung jawab untuk memoderasi percakapan itu.

Pada Maret tahun lalu, Bluesky suda tersedia di toko aplikasi resmi, tetapi masih belum bisa dicoba oleh pengguna secara umum. Kala itu, pengguna harus memiliki kode undangan jika hendak mengakses Bluesky.

Per 6 Februari 2024, Bluesky sudah bisa diakses secara publik. Pengguna bisa membuat akun dan mengakses Bluesky tanpa memerlukan kode undangan. KompasTekno sudah menjajal aplikasi pesaing Twitter X ini.

Lantas, bagaimana tampilan Bluesky? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah tampilan dari pesaing Twitter X tersebut, sebagaimana percobaan yang kami lakukan.

Baca juga: Pendiri Twitter Jack Dorsey Bikin Medsos Baru Bluesky

Tampilan Bluesky

Bisa memilih host

Hal menarik yang disajikan Bluesky adalah pengguna bisa memilih host untuk mengakses layanan. Di halaman awal saat hendak login, pengguna dapat memilih hendak masuk ke layanan menggunakan host mana.

Tampilan host atau server yang dapat dipilih pengguna untuk mengakses Bluesky.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan host atau server yang dapat dipilih pengguna untuk mengakses Bluesky.

Punya logo kupu-kupu biru

Twitter tampaknya cukup menginspirasi pengembangan Bluesky. Ada kemiripan logo antara Bluesky dan Twitter yang dulu. Jika Twitter yang dulu punya logo burung biru, Bluesky memiliki logo berupa kupu-kupu biru.

Logo kupu-kupu biru Bluesky.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Logo kupu-kupu biru Bluesky.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com