Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna X Twitter di Android Kini Bisa Telepon dan Video Call

Kompas.com - Diperbarui 22/01/2024, 06:59 WIB
Lely Maulida,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Media sosial X (dahulu Twitter) memperluas ketersediaan fitur telepon (voice call) dan panggilan video (video call) di aplikasi. Kini, fitur itu sudah tersedia untuk pengguna X versi Android.

Pantauan KompasTekno, Senin (22/1/2024), pengguna X di Android disuguhi notifikasi "Audio and Video calls are here!" di bagian bawah, saat membuka aplikasi.

Pengguna kemudian diminta membuka menu Settings, untuk mengatur siapa saja yang boleh/bisa menghubungi melalui voice call/video call, apakah kontak di address book, akun yang difollow, atau pengguna verified.

Sebelumnya, fitur panggilan audio dan video di X Android, terungkap dari posting pengembang X, Enrique Barragan. Dia bilang setiap pengguna bisa menerima telepon di X.

Baca juga: Resmi, X Twitter Bisa Dipakai Telepon dan Video Call

"Panggilan audio dan video di X tersedia bertahap untuk pengguna Android hari ini!," kata Barragan lewat akun X-nya dengan handle @enriquebrgn. Dia menambahkan bahwa fitur itu akan muncul setelah pengguna memperbarui aplikasi X.

Perlu dicatat bahwa hanya pengguna Premium alias pelanggan berbayar saja yang bisa membuat panggilan telepon dan video call.

Namun, untuk soal menerima panggilan telepon dan video, baik pelanggan berbayar maupun pengguna X gratisan bisa melakukannya. Dengan kata lain, hanya fitur untuk memulai panggilannya saja yang dibatasi.

X juga memungkinkan pengguna yang kebagian fitur ini untuk mengaktifkannya atau sebaliknya. Opsi ini tersedia dalam menu Pengaturan (Settings) > Privasi dan keamanan > Pesan Langsung (Direct Messages) > Aktifkan panggilan audio dan video.

Baca juga: Kominfo Tegur X Twitter agar Segera Berantas Iklan Judi Online

Bila fitur itu diatur untuk aktif, pengguna bisa mengelola siapa saja yang bisa menelepon mereka. Apakah hanya pengguna yang tersimpan di kontak, pengguna yang diikuti (follow) atau pengguna terverifikasi saja.

Untuk memulai telepon, pengguna perlu membuka menu Direct Message (DM) terlebih dahulu. Kemudian pilih kontak dan tekan ikon telepon di pojok kanan atas layar. Dari situ, pengguna bisa memilih panggilan suara atau video.

Debut di iOS

Fitur telepon dan video call di X pertama kali muncul di X versi iOS pada Oktober lalu. Saat itu, ketersediaannya tidak diumumkan secara gamblang. Hanya ada sekadar isyarat saja lewat meme anjing yang sedang bertelepon.

Sehari setelah meme itu diunggah oleh akun resmi X dengan handle @X, notifikasi ketersediaan fitur telepon dan video call muncul di beberapa pengguna X iOS.

Notifikasi fitur telepon di aplikasi X TwitterNadeem Sarwar Notifikasi fitur telepon di aplikasi X Twitter

Dengan dirilisnya fitur voice dan video call di X, perusahaan milik Elon Musk tersebut pun kini memiliki kapabilitas serupa media sosial lainnya. Misalnya saja Instagram yang juga menyediakan fitur telepon dan video call.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com