Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna iPhone dan iPad Kini Bisa Login ke X Twitter Tanpa Password

Kompas.com - 25/01/2024, 08:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Aplikasi X atau sebelumnya dikenal sebagai Twitter, kini mendukung opsi login tanpa kata sandi (password). Dukungan ini diterapkan X untuk aplikasinya versi iOS.

Artinya, pengguna iPhone dan iPad bisa login ke X tanpa perlu mengetik kata sandi. Praktik ini bisa dilakukan setelah X mengumumkan dukungan fitur passkey.

Passkey adalah mekanisme login baru, pengganti kata sandi. Alih-alih password, pengguna bisa memanfaatkan sistem keamanan ponsel seperti pemindai sidik jari, pemindai wajah, PIN atau pola untuk login ke akun tertentu.

Baca juga: Apa Itu Passkey yang Bisa untuk Login Akun Google Tanpa Password?

Nah, dengan dukungan passkey, pengguna iPhone dan iPad bisa login ke X memakai fitur Face ID, Touch ID atau kode yang biasa digunakan untuk mengunci perangkat.

"Hari ini kami meluncurkan opsi passkey untuk login bagi pengguna iOS di Amerika Serikat," tulis akun dengan handle @Safety, yaitu akun resmi X yang didedikasikan untuk membagikan info soal keamanan di X.

Sebagaimana keterangan resmi di atas, dukungan passkey baru tersedia untuk pengguna iOS di AS saja. Meski begitu, fitur ini tidak terbatas untuk pengguna X premium saja. Artinya, semua pengguna X iOS, baik yang berbayar maupun gratisan di wilayah yang berlaku tadi bisa login akun X tanpa password.

Fitur ini kemungkinan digulirkan secara bertahap oleh perusahaan. Pasalnya, sejumlah pengguna mengaku belum kebagian fitur yang sama, dilansir dari The Verge, Kamis (25/1/2024).

Belum diketahui kapan dukungan passkey dirilis untuk X versi Android maupun desktop, atau soal ketersediaannya di negara lain. Pihak X juga belum membagikan informasi apa pun soal hal ini.

Adapun mekanisme passkey sudah banyak diadopsi oleh perusahaan teknologi dalam layanannya. Beberapa di antaranya yaitu Google, PayPal, Microsoft, TikTok hingga Nintendo. Google bahkan mendorong pengguna untuk mengaktifkan fitur passkey sejak Oktober 2023, karena dinilai lebih praktis dan aman.

Baca juga: Cara Login Akun Google Pakai Passkey, Tak Perlu Masukkan Password

Login tanpa password di TikTok

Selain di X, pengguna iOS juga bisa login tanpa password di aplikasi TikTok lewat fitur passkey. Dukungan fitur ini digulirkan TikTok untuk pengguna iOS pada Juli 2023.

Menurut Apple, opsi ini lebih aman ketimbang memakai kata sandi. Selain itu, dukungan passkey di TikTok juga memangkas ketergantungan pengguna iOS dari penggunaan kata sandi berbasis teks.

Dengan begitu, data profil pengguna di aplikasi TikTok juga akan menjadi terbatas ketika misalnya diretas.

Sebelum didukung passkey, pengguna harus masuk ke akun TikTok dengan memakai e-mail, Facebook, Apple ID, atau akun Google.

Semua opsi ini juga membutuhkan penggunaan kata sandi. Nah, dengan adanya dukungan passkey, pengguna TikTok di iOS hanya perlu login dengan sistem biometrik yang dipakai di iPhone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com