Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Reno 11 F 5G Resmi Dirilis, Segera Masuk Indonesia

Kompas.com - 09/02/2024, 08:01 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Vendor smartphone Oppo meluncurkan Reno 11 F 5G pada Kamis (8/2/2024) di Thailand. Smartphone ini menjadi anggota keluarga baru Reno 11 series, menemani Reno 11 "reguler" dan Reno 11 Pro.

Spesifikasi Oppo Reno 11 F 5G terbilang persis dengan Reno 11 "reguler" versi Indonesia. Sebab, keduanya sama-sama ditenagai dengan chip Dimensity 7050. Selain itu, layarnya juga sama-sama berpanel OLED dengan ukuran 6,7 inci, resolusi Full HD Plus.

Perbedaannya, Oppo Reno 11 F 5G tampil dengan tepi layar biasa, tidak melengkung seperti Reno 11. Oppo Reno 11 F juga punya kamera utama 64 MP, lebih besar resolusinya dibanding versi reguler yaitu 50 MP.

Spesifikasi Oppo Reno 11 F 5G

Oppo Reno 11 F hadir dengan layar OLED 6,7 inci, resolusi Full HD Plus, kecerahan maksimum 1.100 nits, HDR 10+ dan refresh rate 120 Hz. Layarnya turut dilapisi dengan kaca pelindung Panda Glass.

Selain itu, terdapat lubang layar alias punch-hole untuk menampung kamera depan ponsel yang memiliki resolusi 32 MP.

Baca juga: Selisih Rp 1 Juta, Ini Beda Oppo Reno 10 Pro dan Oppo Reno 11 Pro

Desain punggung Oppo Reno 11 F cukup berbeda dari saudaranya karena memiliki modul kamera persegi, bukan kapsul.

Modul itu menampung tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 64 MP yang didukung fitur stabilisasi OIS, kamera ultra wide 8 MP (bidang pandang 112 derajat) dan kamera makro 2 MP.

Smartphone ini ditenagai chipset MediaTek Dimensity 7050, dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB. Pengguna juga bisa memperluas penyimpanannya memakai kartu microSD sampai 2 TB.

Oppo Reno 11 F dibekali baterai 5.000 mAh. Pengisian ulang baterainya bisa dilakukan melalui port USB-C. Oppo Reno 11 F dibekali teknologi fast charging 67 watt. Menurut Oppo, dukungan itu bisa membuat baterai ponsel terisi penuh hanya dalam 48 menit.

Smartphone ini berjalan dengan sistem operasi Android 14 dan dilapisi antarmuka (UI) ColorOS 14.

Oppo Reno 11 FOppo Oppo Reno 11 F
Oppo Reno 11 F juga dilengkapi fitur NFC, konektivitas 5G, IP65, Clear Voice Mode untuk mereduksi suara sekitar saat bertelepon, LinkBoost untuk memperkuat sinyal, serta Ultra-Volume Mode untuk meningkatkan volume sampai 300 persen, dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (9/2/2024).

Reno 11 F hadir dalam tiga opsi warna, meliputi Palm Green, Ocean Blue dan Coral Purple. Smartphone ini dibanderol seharga 10.990 baht Thailand atau setara sekitar Rp 4,8 juta.

Oppo Reno 11 F 5G segera masuk Indonesia

Oppo Reno 11 F juga dipastikan segera menyambagi Indonesia. Konfirmasi kehadiran ponsel ini diungkap akun Instagram resmi Oppo Indonesia dengan handle @oppoindonesia pada Rabu (22/1/2024).

Namun, ada kemungkinan Reno 11 F versi Indonesia berbeda dengan versi global yang dirilis di Thailand ini.

Dalam posting di Instagram, Oppo Indonesia memamerkan desain punggung Oppo Reno 11 F 5G, di mana modul kameranya kini berbentuk persegi, bukan lonjong seperti Reno 11 5G dan Reno 11 Pro 5G.

Baca juga: Oppo A79 5G Rilis di Indonesia, Layar Lebih Besar Harga Rp 3 Jutaan

Gambar yang berlabel "Fantastic", yang kemungkinan kepanjangan dari huruf "F" di Reno 11 F 5G tersebut, juga menampilkan dua varian warna ponsel ini, yaitu merah muda dan hijau gelap.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh OPPO Indonesia (@oppoindonesia)

Oppo belum mengumbar kapan ponsel terbaru dari keluarga Oppo Reno 11 Series 5G ini meluncur di Indonesia. Mereka hanya memberi keterangan "coming soon" alias dalam waktu dekat.

Oppo Indonesia juga belum membagikan spesifikasi Reno 11 F 5G secara detail. Belum diketahui pula apakah spesifikasi dan harganya sama dengan versi Thailand di atas atau tidak.

Namun, pihak Oppo Indonesia memastikan bahwa ponsel ini akan menjagokan empat fitur unggulan, yaitu Fantastic Portrait, Fantastic Performance, Fantastic Signal, dan Fantastic Durability.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com