Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai Ini Sediakan Kacamata AR untuk Hiburan di Pesawat

Kompas.com - 15/02/2024, 11:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan asal China, Hainan Airlines bekerja sama dengan pembuat kacamata pintar (smart glasses) asal Amerika Serikat (AS), Rokid untuk menawarkan pengalaman hiburan di dalam pesawat yang berbeda.

Disebut berbeda karena Rokid menyediakan satu paket alat hiburan (Rokid Entertainment Kits) berupa kacamata augmented reality (AR) Rokid Max Smart Glasses dan perangkat sejenis Android TV bernama Rokid Station.

Rokid Max Smart Glasses bisa dipakai penumpang untuk menonton film 3D melalui layar virtual. Kacamata ini dibekali dengan beragam fitur, salah satunya adalah pengaturan untuk menyesuaikan lensa dengan kemampuan penglihatan pengguna.

Baca juga: Project Iris Disetop, Google Batal Bikin Kacamata AR

Untuk Rokid Station, ini merupakan alat yang bisa dioperasikan pengguna dengan tangan untuk memilih film-film yang hendak ditonton.

Selain film, penumpang juga konon bisa menjalankan sejumlah aplikasi dan game, yang tentunya sudah terpasang di Rokid Station, secara offline alias tanpa koneksi internet.

Artinya, penumpang pesawat Hainan Airlines hanya perlu menggunakan kacamata AR buatan Rokid ini untuk sekadar menikmati hiburan di pesawat, tak perlu lagi melihat dan mengoperasikan layar fisik kecil yang ada di depan mereka.

Hainan Airlines mengeklaim bahwa mereka merupakan maskapai penerbangan pertama di dunia yang menawarkan pengalaman hiburan via kacamata pintar AR ini.

Baca juga: Puji Headset AR Apple Vision Pro, Bos ChatGPT: Tercanggih sejak iPhone

Adapun penerbangan perdana Hainan Airlines dengan Rokid Entertainment Kits terjadi pada 7 Februari 2024 lalu, melalui kode penerbangan HU7874 rute Shenzhen (SZX) - Xi'an (XIY), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DigitalTrends, Kamis (15/2/2024).

Hainan Airlines tak menyebut apakah rute penerbangan lain yang mereka operasikan akan turut dibekali Rokid Entertainment Kits atau tidak.

Namun yang jelas, kerja sama yang dilakukan Hainan Airlines dan Rokid ini menandakan bahwa maskapai penerbangan bisa menghadirkan fitur hiburan berbeda untuk memberikan pengalaman unik kepada para penumpangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com