Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Tampang Xiaomi 14 Ultra yang Sebentar Lagi Meluncur?

Kompas.com - 16/02/2024, 18:03 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Pabrikan smartphone Xiaomi akan meluncurkan ponsel kelas atas (flagship) Xiaomi 14 series di Barcelona, Spanyol, pekan depan. Salah satu yang akan dirilis kabarnya adalah Xiaomi 14 Ultra.

Walaupun belum diluncurkan secara resmi, berbagai bocoran Xiaomi 14 Ultra sudah beredar di internet, yang terbaru adalah bocoran tampang Xiaomi 14 Ultra.

Adapun bocoran ini dibagikan oleh pembocor gadget dengan handle @MysteryLupin di media sosial X (dahulu Twitter). Dalam postingnya, MysteryLupin menampilkan render desain Xiaomi 14 Ultra dalam dua warna, yakni hitam dan putih.

Panel belakang Xiaomi 14 Ultra tampak memiliki modul kamera berbentuk lingkaran besar, sama seperti pendahulunya Xiaomi 13 Ultra. Penempatan kamera, lampu LED flash, dan tulisan Leica pun juga sama persis.

Baca juga: Tanda Tablet Xiaomi Pad 7 Segera Rilis di Indonesia

Perbedaannya, modul kamera ini dikelilingi oleh bingkai (bezel) berwarna hitam, emas, dan putih. Modul kamera tersebut juga dibuat sedikit lebih menonjol ketimbang Xiaomi 13 Ultra.

Selain itu, teks di sebelah kanan tulisan Leica juga berbeda.

Teks di render Xiaomi 14 Ultra berbunyi "Vario-Summilux 1:1.63-2.5/12-120 ASPH.", sedangkan di Xiaomi 13 Ultra mencakup tulisan "Vario-Summicron 1:1.8-3.0/12-120 ASPH." Kedua teks ini merujuk pada lensa Leica yang digunakan duo gawai bikinan Xiaomi itu.

Tampilan lensa Xiaomi 14 UltraX Tampilan lensa Xiaomi 14 Ultra
Masih bicara soal desain, kedua varian warna Xiaomi 14 Ultra konon menggunakan bahan kulit sintetis, yang umumnya dibuat dari dua polimer plastik, yaitu polyurethane (PU) dan polyvinyl chloride (PVC).

Material ini juga digunakan untuk panel belakang Xiaomi 13 Ultra. Selanjutnya, bingkai Xiaomi 14 Ultra kemungkinan akan memakai material aluminium seperti pendahulunya.

Indikasinya dari garis antena yang terletak di sebelah kiri dan kanan atas ponsel. Garis ini menjadi "jendela" untuk gelombang radio yang datang dari antena Bluetooth, Wi-Fi, dan 4G/5G ponsel, sehingga pengguna bisa mengakses internet di ponsel.

Rumor yang beredar mengeklaim bahwa Xiaomi konon juga akan merilis edisi khusus Xiaomi 14 Ultra yang menggunakan bahan titanium, bukan aluminium.

Sebagai informasi, titanium lebih kuat dibanding aluminium sambil mempertahankan bobot yang ringan. Belakangan ini vendor HP mulai menggunakan material titanium, seperti Samsung dengan Samsung Galaxy S24 Ultra serta Apple dengan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Kembali membahas desain Xiaomi 14 Ultra, ada tombol daya dan volume di bagian kanan perangkat. Sementara itu, bagian kiri tidak dilengkapi oleh tombol, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Jumat (16/2/2024).

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 13 Series Rilis 28 Februari di Indonesia, Ada Lima Model

Bocoran render tampilan Xiaomi 14 UltraX Bocoran render tampilan Xiaomi 14 Ultra
Bagian bawah perangkat mencakup lubang speaker, port USB Type-C untuk pengisian daya, mikrofon, dan laci kartu SIM. Kemudian bagian atas Xiaomi 14 Ultra hanya dilengkapi lubang speaker.

Bocoran spesifikasi Xiaomi 14 Ultra

Menurut situs yang kerap memberikan bocoran produk Xiaomi, Xiaomiui, Xiaomi 14 Ultra yang diyakini memiliki kode model N1, akan memiliki layar OLED 6,73 inci dengan resolusi 2K, dan refresh rate 120 Hz.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com