Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Xiaomi 14 Ultra, Ada Versi Titanium dan Harga mulai Rp 15 Juta?

Kompas.com - 15/02/2024, 07:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vendor smartphone Xiaomi dijadwalkan akan meluncurkan lini ponsel flagship Xiaomi 14 series secara global di Barcelona, Spanyol, Minggu, 25 Februari 2024.

Salah satu model yang konon bakal dirilis adalah Xiaomi 14 Ultra. Ponsel ini diyakini akan diposisikan sebagai model paling mumpuni di keluarga Xiaomi 14 series.

Bocoran Xiaomi 14 Ultra juga sudah banyak bertebaran di internet. Menurut rumor, ponsel ini bakal hadir dalam opsi bingkai alias frame titanium.

Belakangan, vendor HP mulai menggunakan material titanium pada ponsel flagship karena disebut membuat ponsel lebih ringan dan lebih kuat. Misalnya, Samsung Galaxy S24 Ultra dan Apple iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max.

Yang berbeda, Xiaomi 14 Ultra dengan frame titanium ini konon hadir sebagai edisi spesial. Jadi, Xiaomi 14 Ultra versi normal tidak menggunakan frame titanium.

Baca juga: Smartphone Xiaomi 14 Series Meluncur Global Bulan Ini, Catat Tanggalnya

Bocoran lain yang mencuat adalah soal harga. Menurut rumor, Xiaomi 14 Ultra bakal ditawarkan dalam tiga opsi memori (RAM/storage), yakni 12/256 GB, 16 GB/512 GB, dan 16 GB/1 TB.

Menurut pembocor gadget "Experience more", jika harga tetap alias tidak berubah, maka Xiaomi 14 Ultra varian 16 GB/1TB akan tetap dipasarkan dengan harga 7.299 yuan (sekitar Rp 15,8 juta), sama seperti Xiaomi 13 Ultra tahun lalu.

Sementara Xiaomi 14 Ultra versi titanium diyakini akan lebih mahal 500 yuan (kira-kira Rp 1 juta) atau lebih. Namun, jika ada kenaikan harga, varian titanium diperkirakan akan dijual sekitar 8.000 yuan (sekitar Rp 17,3 juta) untuk varian memori tertinggi.

Bocoran spesifikasi Xiaomi 14 Ultra

Bocoran tampang Xiaomi 14 UltraWeibo Bocoran tampang Xiaomi 14 Ultra
Menurut situs yang kerap memberikan bocoran produk Xiaomi, Xiaomiui, Xiaomi 14 Ultra yang diyakini memiliki kode model N1, akan memiliki layar OLED 6,73 inci dengan resolusi 2K, dan refresh rate 120 Hz. Layar ini mendukung pemindai sidik jari alias in-display fingerprint scanner.

Untuk fotografi, Xiaomi 14 Ultra disebut bakal memiliki empat kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP dengan sensor satu inci, kamera telefoto 50 MP, kamera periskop dengan focal length 75 mm resolusi 50 MP dan kamera ultrawide 50 MP.

Ponsel ini konon diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3. Pada aspek daya, smartphone ini akan dibekali baterai 5.300 mAh dengan fast charging 90 watt, lewat kabel atau 50 watt nirkabel.

Baca juga: Bocoran Xiaomi 14 Ultra, Bakal Punya Kamera di Bawah Layar

Xiaomi 14 Ultra diyakini akan menjalankan sistem operasi Android 14 dilapisi sistem antarmuka terbaru Xiaomi, HyperOS, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmo China, Kamis (15/2/2024).

Bocoran tampang Xiaomi 14 Ultra juga beredar di internet, seperti gambar di atas. Berdasarkan foto yang beredar di ruang maya, Xiaomi 14 Ultra tampil dengan modul kamera yang menonjol. Namun desain modulnya tidak begitu terlihat karena ditutup dengan casing tambahan.

Modul Xiaomi 14 Ultra terlihat menampung sejumlah kamera, salah satunya diduga adalah kamera periskop. Di bawah modul itu, terdapat label bertuliskan "N1", "P2" dan "EU".

Kemudian kode P2 berarti ponsel itu adalah perangkat prototipe. Lalu EU menandai ponsel itu adalah versi global. Kode ini sekaligus menyiratkan bahwa ponsel tersebut diuji di Eropa.

Ponsel ini juga kemungkinan nantinya tersedia di sejumlah negara termasuk Taiwan, India, Indonesia, Rusia serta China, dihimpun KompasTekno dari Xiaomiui.

Perlu dicatat, spesifikasi, harga, desain di atas masih berupa bocoran dan belum bisa dipastikan keakuratannya. Xiaomi belum memberikan kisi-kisi kehadiran Xiaomi 14 Ultra baik di pasar China, global, atau Indonesia. Kita lihat saja nanti tanggal 25 Februari 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com