Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Socialspy WhatsApp Bisa Sadap WhatsApp Orang Lain, Benarkah?

Kompas.com - Diperbarui 19/02/2024, 09:32 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Cara menyadap WhatsApp pasangan atau pengguna lain kerap dicari pengguna untuk berbagai alasan tertentu. Meskipun penyadapan akun WA tentu dinilai tidak baik karena melanggar privasi orang lain.

Saat mencari langkah-langkah menyadap akun WhatsApp, umumnya sebagian pengguna akan mencari berbagai aplikasi penyadap yang dinilai ampuh mengintip percakapan orang lain.

Sebenarnya jika pengguna menelusuri berbagai situs di peramban maupun toko aplikasi, terdapat beberapa software yang “dinilai” dapat menyadap percapakan orang lain.

Salah satu yang sering dijumpai adalah aplikasi Socialspy WhatsApp yang disebut-sebut bisa menyadap chat WhatsApp pengguna lain. Situs ini dapat diakses dengan mudah lewat laman socialspy.info.

Nantinya pengguna akan menjumpai tampilan berupa pop up untuk memasukkan target nomor WA yang ingin diintip.

Namun apakah Socialspy Whatsapp benar-benar berfungsi dapat menyadap percakapan chat orang lain? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini KompasTekno menguraikan penjelasannya.

Baca juga: Apa Itu Socialspy WhatsApp yang Disebut Alat untuk Menyadap? Apakah Aman Digunakan?

Apa itu aplikasi Socialspy WA?

KompasTekno mencoba menelusuri aplikasi SocialSpy Kamis, (15/02/2024).  Saat menelusurinya, hasil pencarian justru mengarah pada sebuah tools yang disebut-sebut bisa mengecek dan mengintip riwayat percakapan pengguna WA yang ditargetkan.

Saat mengklik situsnya, akan muncul laman yang menampilkan logo WhatsApp dan tiga langkah dalam menyadap WhatsApp pengguna lain.

Tiga langkah-langkah tersebut merupakan paparan menyadap WhatsApp yang dimulai dengan memasukkan nomor ponsel targer, melakukan verifikasi, dan selanjutnya pengguna bisa mengakses riwayar chatting akun WA yang dituju.

Risiko scam

Socialspy WhatsAppSocialspy WhatsApp Socialspy WhatsApp

Saat memasuki proses verifikasi, nyantanya hanya pengalihan belaka. Menurut pengamat keamanan siber dari vaksin.com, Alfons Tanuja yang dikutip KompasTekno, Selasa (17/5/202), aplikasi ini merupakan penipuan/scam.

Aplikasi scam sendiri merupakan aplikasi yang menyamar dan mengaku sebagai aplikasi lain, namun justru fungsi utamanya tidak sesuai dengan deksripnya. SocialSpy justru akan menipu calon korban dengan mengarahkan korban ke situs iklan berkedok verifikasi.

Saat mengakses, korban akan dikelabuhi dengan layar animasi seakan-akan dalam proses menyadap nomor WhatsApp tersebut.

Pada percobaan KompasTekno, saat salah satu pilihan survey diklik, nantinya pengguna justru akan diarahkan pada situs iklan tertentu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa situs Socialspy WhatsApp tidak memiliki fungsi menyadap riwayat chat WA.

SocialSpy WhatsApp hanya situs iklan yang mengarahkan pengunjung untuk mengklik salah satu menu sehingga memberikan keuntungan untuk pembuat aplikasi Socialspy.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com