Kompas.com - 18/05/2022, 11:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Aplikasi cara menyadap WhatsApp saat ini banyak dicari pengguna WA untuk menyadap percakapan pasangan atau pengguna lain untuk alasan tertentu. 

Meskipun hal ini dinilai tidak baik karena melanggar privasi seseorang, sebagian pengguna masih saja mencari berbagai aplikasi penyadap yang dinilai ampuh untuk mengintip percakapan orang lain.

Salah satu software yang disebut-sebut bisa menyadap chat WhatsApp adalah software SocialSpy WhatsApp.

Lantas apa itu SocialSpy WhatsApp? Apakah benar SocialSpy WhatsApp bisa digunakan untuk menyadap? Bagaimana risiko menggunakan SocialSpy WhatsApp?

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Tampilan WA Status Baru di Android, Begini Desainnya

Sebetulnya, informasi sahih seputar SocialSpy WhatsApp cukup minim. Apabila mencarinya di Google, hasil pencarian akan mengarah ke sebuah tools yang disebut-sebut mampu mengecek atau mengintip riwayat percakapan pengguna WhatsApp yang ditargetkan.

Apabila mengeklik situsnya, hanya muncul laman yang menampilkan logo WhatsApp beserta cara menyadap WhatsApp pengguna lain. Menurut tutorial yang dipaparkan, cara menyadap WhatsApp dimulai dengan memasukkan nomor ponsel target yang ingin disadap.

Kemudian, pengguna akan diminta melakukan verifikasi, agar bisa mengintip riwayat chatting akun WhatsApp target.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Companion Mode, Satu Akun Bisa Dipakai di 2 HP Sekaligus

Risiko scam

Proses verifikasi rupanya hanya kedok belaka. Menurut pengamat keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya, SocialSpy WhatsApp sebenarnya hanya aplikasi scam atau penipuan.

Aplikasi scam sendiri merupakan aplikasi yang menyamar atau mendaku sebagai aplikasi lain, di mana dalam kenyataannya, fungsi utama aplikasi tidak sesuai dengan deskripsinya.

Aplikasi ini akan menipu calon korban, dengan cara mengarahkan korban situs iklan berkedok verifikasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.