Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahu Lebih Dulu, Ini 5 Fitur Baru WhatsApp yang Bakal Hadir Tahun Ini

Kompas.com - 05/02/2024, 12:01 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) menjadi aplikasi pesan singkat andalan miliaran pengguna di seluruh dunia. Aplikasi yang kini bernaung di bawah Meta, bersama Facebook itu, getol menyiapkan aneka fitur baru untuk memanjakan pengguna.

Pada tahun 2024 ini, WhatsApp juga merancang sejumlah fitur baru yang akan semakin memudahkan pengguna dalam berkomunikasi lewat aplikasi. Beberapa di antaranya yaitu fitur transfer file dalam waktu singkat, sharing (membagikan) WA status ke Instagram hingga tema aplikasi yang lebih beragam.

Selain itu, ada lagi beberapa fitur yang sedang disiapkan WhatsApp untuk tahun ini. Apa saja? Berikut rinciannya.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp dengan Kode Rahasia, Sudah Bisa Dicoba

1. Transfer file lebih cepat

WhatsApp memungkinkan pengguna untuk saling berbagi dokumen termasuk PDF maupun Office. Nah, ke depannya, aplikasi ini bakal punya fitur yang memungkinkan pengguna berbagi file dengan orang terdekat dalam tempo cepat tanpa perlu membuka ruang obrolan.

Praktik ini bakal didukung dengan teknologi Bluetooth. Jadi, pengguna bisa mengirim file tanpa perlu membuka ruang obrolan (chatroom) kontak tertentu terlebih dahulu, seperti selama ini.

Pengguna juga bisa mengirim file ke pengguna WhatsApp lain tanpa harus menyimpan kontaknya terlebih dahulu. Fitur ini kurang lebih mirip seperti AirDrop milik Apple, serta Quick Share milik Google dan Samsung.

Bocoran tampilan fitur transfer file WhatsAppWABetaInfo Bocoran tampilan fitur transfer file WhatsApp

Menurut situs yang kerap membagikan bocoran fitur baru WhatsApp, WABetaInfo, nantinya fitur ini mengharuskan dua pengguna yang akan berkirim file untuk membuka bagian tertentu dalam aplikasi.

Kemudian, mereka harus menggoyangkan ponsel, sehingga pop-up notifikasi untuk akses berbagi muncul di WA. Dengan begitu, mereka bisa saling berkirim file jarak dekat dengan aman.

Fitur ini nantinya akan menjadi alternatif pengguna WA untuk berkirim file dalam tempo cepat dan langsung ke penerima, di samping metode yang sudah ada saat ini.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Transfer File Mirip AirDrop iPhone

2. Sharing WA status ke IG

WhatsApp juga dilaporkan sedang menyiapkan fitur yang memungkinkan pengguna berbagi WA status ke platform milik Meta lainnya, seperti Instagram (IG) dan Facebook (FB).

Sebelumnya, dukungan berbagi konten itu hanya tersedia di IG dan FB saja. Singkatnya, pengguna bisa posting di IG dan FB sekaligus.

Nah, menurut WABetaInfo, pada tahun 2024 kemampuan yang sama, akan hadir di WhatsApp. Jadi, setelah WA status baru dibuat, pengguna bisa membagikannya pula di IG atau FB.

3. Berbagi video dan musik saat telepon

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com