Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru WhatsApp, Blokir Chat WA Bisa via Notifikasi Tanpa Buka Aplikasi

Kompas.com - 02/02/2024, 07:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan WhatsApp meluncurkan fitur baru "Block Shortcut" untuk pengguna beta, Jumat (2/2/2024). Fitur ini mempermudah pengguna untuk memblokir chat spam dari nomor tak dikenal.

Kehadiran fitur Block Shortcut ini disebar langsung lewat broadcast akun resmi WhatsApp bercentang hijau, hari ini, Jumat. Sebelumnya, kehadiran fitur Block Shortcut ini pertama kali terendus oleh WABetaInfo pada 13 Januari lalu.

Blokir chat spam langsung dari notifikasi

Dalam broadcast terbaru, WhatsApp mengumumkan "New: Block from your lock screen" (Baru: blokir dari layar kunci) beserta sebuah video demonstrasi singkat berdurasi 12 detik.

Dalam deskripsi fitur baru, WhatsApp menyebut bahwa kini pengguna bisa memblokir chat spam menggunakan shortcut (jalan pintas) "blokir" langsung dari bilah notifikasi, baik di layar kunci atau quick access, seperti gambar di bawah.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Transfer File Mirip AirDrop iPhone

Artinya, dengan fitur baru Block Shortcut, pengguna bisa memblokir chat dengan lebih mudah, yakni tanpa membuka pesan atau aplikasi terlebih dahulu, seperti sebelumnya.

WhatsApp meluncurkan fitur baru Block Shortcut untuk pengguna beta, Jumat (2/2/2024). Fitur ini memudahkan pengguna memblokir chat spam langsung lewat notifikasi, tanpa perlu buka aplikasi WA atau chat.KompasTekno WhatsApp meluncurkan fitur baru Block Shortcut untuk pengguna beta, Jumat (2/2/2024). Fitur ini memudahkan pengguna memblokir chat spam langsung lewat notifikasi, tanpa perlu buka aplikasi WA atau chat.
Pantauan KompasTekno, Jumat pagi, akun WhatsApp beta versi 2.24.3.30 milik tim KompasTekno sudah kebagian fitur Block Shortcut ini.

Ketika ada chat spam atau chat WA dari nomor tidak dikenal (belum disimpan di kontak), Block Shortcut akan muncul, diwakilkan dengan opsi "block/blokir". Opsi blokir ini ada di antara opsi "reply/balas" dan "mute/bisukan" yang muncul di setiap notifikasi chat WA yang masuk.

Di akun WhatsApp versi stabil, ada tiga opsi, yakni reply, mark as read (tandai sudah dibaca), dan mute. Dengan begitu, opsi blokir ini menggantikan pintasan mark as read.

Saat ini, fitur ini baru bisa dinikmati oleh pengguna WhatsApp Beta. Belum diketahui kapan fitur ini akan disebar ke pengguna WhatsApp versi stabil. Lantaran sudah mulai disebar lewat broadcast resmi, kemungkinan besar fitur ini akan segera hadir di pengguna WhatsApp versi stabil.

Baca juga: WhatsApp Channel Dapat Fitur Polling dan Voice Note

Keberadaan Block Shortcut ini merupakan cara baru yang dihadirkan WhatsApp agar pengguna lebih mudah mengontrol siapa yang bisa mengontaknya lewat WA.

Sebenarnya WhatsApp sudah memiliki opsi blokir kontak dengan beragam cara. Misalnya, pengguna harus membuka aplikasi WhatsApp atau buka chat WA dari orang terkenal untuk memblokirnya.

Cara blokir kontak WA lainnya bisa dari menu "Settings" > "Privacy" > "Block contacts" > "Add/+". Pengguna juga punya opsi melaporkan kontak lalu memblokirnya.

Menurut laman FAQ WhatsApp, apabila memblokir kontak WA, maka:

  • Kontak yang diblokir tidak lagi dapat menghubungi pengguna atau mengirimi pengguna pesan.
  • Terakhir dilihat (last seen), online, pembaruan status, dan perubahan apa pun yang dilakukan pada foto profil pengguna tidak akan terlihat lagi oleh kontak yang diblokir.
  • Memblokir kontak tidak akan menghapusnya dari daftar kontak pengguna, juga tidak akan menghapus pengguna dari daftar di telepon kontak tersebut. Untuk menghapus kontak, pengguna harus menghapus nomor tersebut dari kontak ponsel.

 Baca juga: 5 Perbedaan WhatsApp Diblokir dan Tidak Aktif yang Perlu Diketahui

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com