Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Mode Pesawat dan Kapan Sebaiknya Diaktifkan? Begini Penjelasannya

Kompas.com - 17/02/2024, 14:04 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian besar pengguna mungkin sudah tak asing lagi dengan salah satu fitur yang umum tersedia di HP (handphone) saat ini, yaitu mode pesawat atau airplane mode. Kebanyakan HP saat ini kiranya tak mungkin jika tak memiliki fitur tersebut.

Lantaran umum terdapat di tiap HP, pengguna mungkin sudah sering mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat. Kendati sudah sering mengakses, pengguna bisa jadi belum terlalu memahami apa itu mode pesawat.

Baca juga: Ramai di Twitter Fitur HP Do Not Disturb, Apa Fungsi Sebenarnya?

Lantas, sebenarnya apa itu mode pesawat? Jika belum terlalu memahami soal airplane mode, tak usah khawatir. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap apa itu airplane mode dan kapan sebaiknya diaktifkan.

Apa itu mode pesawat?

Pertama-tama, perlu diketahui dulu soal apa itu mode pesawat. Nama dari fitur ini dibuat karena memang terdapat hubungannya dengan moda transportasi pesawat. Airplane mode dibuat untuk mendukung keselamatan saat naik pesawat.

Mode pesawat adalah fitur yang memungkinkan untuk memutus atau mematikan semua fitur HP, yang berpotensi menimbulkan gangguan pada sensor dan perangkat pengukuran lainnya dalam pesawat.

Saat mode pesawat diaktifkan, beberapa koneksi di HP bakal dimatikan, seperti koneksi seluler, WiFi, dan Bluetooth. Untuk mengaktifkan fitur ini, caranya sama di setiap kebanyakan HP saat ini.

Pengguna tinggal membuat pusat kontrol dan memilih ikon pesawat. Lantaran beberapa koneksi dimatikan, termasuk koneksi seluler, HP jadi tidak bisa menerima pesan, panggilan telepon, dan mengakses internet saat mode pesawat diaktifkan.

Itulah penjelasan mengenai apa itu airplane mode. Lantas, sebaiknya kapan airplane mode diaktikan? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini soal waktu yang tepat untuk mengaktifkan airplane mode.

Kapan airplane mode diaktifkan?

Waktu yang tepat untuk mengaktifkan mode pesawat adalah saat hendak naik pesawat. Dikutip dari Digital Trends, Federal Communications Commission (FCC), organisasi terkait telepon seluler, secara eksplisit melarang penggunaan koneksi seluler dalam penerbangan.

Gelombang yang dihasilkan koneksi seluler jangkauannya terlalu jauh, sehingga berpotensi besar mengganggu sensor pesawat. Sementara itu, untuk koneksi bluetooth, gelombang yang dihasilkan jaraknya pendek dan kadang masih diizinkan untuk diaktifkan.

Kemudian, koneksi WiFi pada beberapa pesawat juga masih boleh untuk diaktifkan, asalkan pesawat tersebut telah memiliki perangkat keras yang sesuai untuk membuatnya aman. Pengguna bisa bertanya lebih lanjut ke petugas dalam pesawat terkait aktivasi WiFi dan Bluetooth.

Baca juga: Benarkah Main HP saat Hujan Bisa Tersambar Petir? Begini Penjelasannya

Jika diizinkan, pengguna dapat mengaktifkan kembali koneksi WiFi dan bluetooth tanpa harus mematikan mode pesawat. Dua koneksi tersebut bisa diaktifkan saat mode pesawat dalam kondisi aktif.

Selain berguna buat mendukung keselamatan penerbangan pesawat, airplane mode juga memiliki fungsi yang bisa membantu pengguna dalam hal lain. Lantas, apa kegunaan dari mode pesawat? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah fungsi mode pesawat.

Fungsi mode pesawat

Ada beberapa fungsi mode pesawat yang dapat membantu aktivitas pengguna sehari-hari. Fungsi mode pesawat itu, misalnya, untuk menghemat baterai HP, mempercepat pengisian daya, dan lainnya. Adapun penjelasan beberapa fungsi mode pesawat adalah sebagai berikut.

1. Menghemat baterai

Saat ponsel dalam keadaan mode pesawat, ini akan membuat aktivitas penggunaan ponsel dari pengguna juga menurun. Hal ini akan membuat konsumsi baterai menjadi lebih hemat dan daya tahannya menjadi lebih lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com