Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Kamera Periskop Realme 12 Pro Plus, Begini Hasil Fotonya

Kompas.com - 19/02/2024, 18:03 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Realme akan segera merilis smartphone barunya, Realme 12 series ke pasar Indonesia dalam waktu dekat. Salah satu model yang dibawa adalah Realme 12 Pro Plus, yang notabene model tertinggi.

Salah satu fitur andalan Realme 12 Pro Plus adalah kamera periskop. Realme mengeklaim Realme 12 Pro Plus menjadi smartphone kelas menengah pertama yang memiliki lensa periskop. Sebab, selama ini, kamera periskop umumnya hanya hadir di smartphone flagship.

“Kami berinvesatasi cukup banyak di segmen ini (kamera). Salah satunya Realme 12 Pro Plus, lensa periskop pertama untuk kelas mid-range,” ungkap Public Relations Manager Realme Indonesia, Krisva Angnieszca kepada KompasTekno.

KompasTekno berkesempatan untuk menjajal langsung kamera periskop di Realme 12 Pro Plus, dalam sebuah acara yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia.

Untuk konfigurasinya, kamera Realme 12 Pro Plus mencakup kamera utama 50 MP dan kamera ultrawide 8 MP, dan kamera telefoto 64 MP (f/2.6) dengan zoom optis 3x yang menggunakan sensor OmniVision OV64B berukuran 1/2 inci.

Baca juga: Alasan Realme Bawa Kamera ala Flagship ke HP Kelas Menengah Realme 12 Pro Plus

Fitur kamera yang diunggulkan Realme 12 Pro Plus adalah “Portrait 3x” dan “SuperZoom 120x”. Fitur pertama memungkinkan pengguna memotret model ala profesional layaknya menggunakan kamera DSLR.

Sebab, aperture (f) kamera dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Semakin kecil angka f-nya, semakin bokeh hasilnya.

Sementara itu, fitur SuperZoom 120x memungkinkan pengguna memotret dengan melakukan perbesaran digital hingga 120x. Sedikit gambaran, zoom digital berbeda dengan zoom optik.

Zoom digital tidak memperbesar menggunakan lensa, sedangkan optical zoom menggunakan lensa kamera sungguhan untuk memperbesar gambar. Penasaran bagaimana hasil fotonya? Simak artikel berikut ini.

Hasil foto periskop, memotret model ala profesional

Hasil foto mode 3x portrait dari Realme 12 Pro PlusKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil foto mode 3x portrait dari Realme 12 Pro Plus

Saat mengaktifkan mode portrait, ada dua opsi bidang pandang yang ingin digunakan, yakni mode 1x atau 3x. Mode portrait 3x akan menampilkan bidang pandang lebih sempit sehingga cocok digunakan memotret foto close-up atau medium zoom.

Hasil gambar yang ditawarkan bisa dikatakan ciamik untuk smartphone kelas menengah. Hasilnya jernih, detail, kontrasnya cukup, dan tingkat saturasinya tidak dibuat berlebihan. Kamera Realme 12 Pro Plus juga menyuguhkan sejumlah filter yang bisa digunakan untuk mengubah mood gambar yang dipotret.

Hasil foto model menggunakan fitur kamera 3x Portrait dari Realme 12 Pro Plus. Sebelum memotret, kami menggunakan dua filter yang bernama Maverick dan Monochrome (hitam putih)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil foto model menggunakan fitur kamera 3x Portrait dari Realme 12 Pro Plus. Sebelum memotret, kami menggunakan dua filter yang bernama Maverick dan Monochrome (hitam putih)

Saat menjajal kamera mode portrait, KompasTekno mencoba mengaktifkan beberapa filter sebelum memotret model. Filter yang digunakan bernama Maverick dan Monokrom (hitam putih). Filter tersebut digunakan untuk menambah “warna” pada gambar yang dipotret.

Lokasi pengambilan foto saat itu adalah Kuala Lumpur City Centre (KLCC). Di bagian taman luar ruangannya, terdapat berbagai macam dekorasi tahun baru Imlek. Mulai dari lampion, bunga sakura, angpao yang digantung di lampu jalan taman, dan sebagainya.

Mode portrait pada menu kamera di Realme 12 Pro PlusKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Mode portrait pada menu kamera di Realme 12 Pro Plus

Nah, suasana dan latar tempat tadi cocok dengan filter Maverick. Sebab, filter ini didominasi oleh warna kuning, membuat gambar lebih warm dan memberi kesan layaknya “foto jadul” di era 1980-an atau 1990-an. KompasTekno juga mengambil foto dengan gaya medium close up untuk berfokus pada wajah model.

Baca juga: 2024 Realme Fokus ke Segmen Anak Muda, Andalkan Fitur Kamera

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com