Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Redmi A3: Tabel Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Kompas.com - 21/02/2024, 15:03 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pabrikan smartphone asal China, Xiaomi, meluncurkan ponsel terbarunya, Redmi A3, di Indonesia pada Selasa (20/2/2024).

Xiaomi Redmi A3 dibanderol seharga Rp 1,1 juta di Indonesia untuk varian RAM dan media penyimpanan (storage) tunggal 4 GB/128 GB. Ponsel ini adalah smartphone murah yang dibekali sistem operasi Android 13 Go, OS yang dirancang untuk ponsel dengan spesifikasi rendah.

Xiaomi Redmi A3 adalah layar berbentang 6,71 inci yang mendukung refresh rate 90 Hz, desain modul kamera belakang yang menyerupai Xiaomi 13 Ultra, dan chipset MediaTek Helio G36.

Sebelum konsumen membeli Redmi A3, ada baiknya menyimak spesifikasi dan harga Redmi A3 di Indonesia secara lengkap lewat penjelasan di bawah ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi A3 di Indonesia

Xiaomi Redmi A3 memiliki layar 6,71 inci dengan refresh rate 90 Hz, sehingga berbeda dari ponsel entry-level pada umumnya dengan refresh rate 60 Hz.

Dengan refresh rate yang tinggi ini, pengalaman pengguna saat menggunakan layar ponsel menjadi lebih mulus.

Layar Redmi A3 mendukung mode Night Light dan DC Dimming yang disebut mengurangi cahaya biru dan flicker. Jadi, mata pengguna tetap nyaman dan tidak lelah ketika melihat layar.

Spesifikasi layar Redmi A3 meningkat dibandingkan Redmi A2 yang menggunakan layar 6,52 inci dan refresh rate 60 Hz.

Di bagian tengah atas layar, terdapat modul menyerupai tetesan air (waterdrop) yang memuat kamera selfie 5 MP. Kamera ini dibekali fitur soft light ring dan mode Selfie Beautify, untuk mencerahkan wajah dalam kondisi minim cahaya.

Baca juga: Xiaomi 14 Ultra Meluncur 22 Februari, Intip Bocoran Spesifikasinya

Beralih ke punggung ponsel, terdapat modul kamera berbentuk lingkaran besar ala Xiaomi 13 Ultra. Desain ini berbeda dari pendahulunya Redmi A2 yang dibekali modul kamera persegi kecil.

Modul besar ini menampung kamera utama 8 MP yang dipadukan dengan lensa sekunder (auxiliary lens).

Kamera ini dibantu oleh teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), sehingga mampu menangkap foto portrait dan landscape berkualitas baik. Fitur lainnya mencakup filmCamera dan HDR Mode.

Di sektor jeroan, Xiaomi Redmi A3 ditenagai chipset MediaTek Helio G36 (12 nm) seperti Redmi A2. System-on-Chip (SoC) delapan inti (octa-core) ini mempunyai clockspeed maksimum 2,2 GHz.

Chipset tersebut didampingi RAM dan storage 4 GB/128 GB. RAM bisa diperluas hingga 8 GB dengan memanfaatkan virtual RAM. Kapasitas penyimpanan pun dapat ditambah hingga 1 TB menggunakan kartu microSD.

Xiaomi Redmi A3 disokong oleh baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat (fast charging) 10 Watt. Baterai ini diklaim bisa tahan seharian, meski Xiaomi tidak merincikan ketahanannya secara spesifik untuk berbagai kebutuhan.

Xiaomi Redmi A3 menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 Go Edition. Sistem operasi ini dirancang untuk smartphone murah di segmen entry-level.

Spesifikasi pendukung Redmi A3 mencakup port USB type-C, pemindai sidik jari (fingerprint) yang terintegrasi dengan tombol daya (side-mounted), dual SIM, face unlock, headphone jack 3,5 mm, serta kaca pelindung Corning Gorilla Glass.

Baca juga: Tanda Tablet Xiaomi Pad 7 Segera Rilis di Indonesia

Harga Xiaomi Redmi A3 di Indonesia

Xiaomi Redmi A3 memiliki dimensi 168,3 mm x 76,3 mm x 8,32 mm dengan bobot 199 gram. Jadi, ponsel ini lebih tipis tetapi lebih berat dibandingkan Redmi A2 (ketebalan 9,09 mm, bobot 192 gram).

Smartphone entry-level ini bisa dibeli dalam varian warna Midnight Black dan Star Blue. Keduanya menggunakan desain berbahan kaca untuk bagian punggung.

Berikut ini harga Redmi A3 di Indonesia, sebagaimana dikutip KompasTekno dari keterangan resmi Xiaomi Indonesia, Rabu (21/2/2024):

  • Redmi A3 (4 GB/128 GB) - Rp 1.199.000

Penjualan perdana Xiaomi Redmi A3 secara online dibuka pada 22 Februari 2024 di situs resmi Mi.com dan toko resmi Xiaomi di marketplace. Di sisi lain, penjualan perdana secara offline dimulai pada 29 Februari 2024, di Xiaomi Store, Xiaomi Shop, dan lain-lain.

Untuk pertimbangan lebih lanjut, berikut ini KompasTekno rangkum spesifikasi dan tabel Redmi A3 dalam sebuah tabel:

Tabel spesifikasi dan harga Redmi A3 di Indonesia

Spesifikasi Redmi A3
Layar Layar 6,71 inci, refresh rate 90 Hz, mendukung Night Mode dan DC dimming
Dimensi 168,3 mm x 76,3 mm x 8,32 mm, bobot 199 gram
Chipset MediaTek Helio G36 (12 nm)
RAM dan media penyimpanan

RAM: 4 GB (+Virtual RAM 4 GB)

Storage: 128 GB (+microSD 1 TB)

Kamera depan 5 MP
Kamera belakang

Kamera utama 8 MP

Lensa sekunder

Sistem operasi Android 13 Go Edition
Baterai 5.000 mAh, fast charging 10 Watt
Fitur pendukung Port USB type-C, fingerprint samping, dual SIM, face unlock, headphone jack 3,5 mm, kaca pelindung Corning Gorilla Glass
Warna Midnight Black, Star Blue
Harga Redmi A3 (4 GB/128 GB) - Rp 1.199.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com