Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Pengaman Foto Profil agar Tidak "Dicuri"

Kompas.com - 22/02/2024, 11:02 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) memperketat aturan di platformnya agar pengguna terhindar dari pencurian data pribadi. WhatsApp diketahui sedang menyiapkan fitur agar foto profil yang digunakan di sebuah akun tidak dapat di-screenshot.

Pasalnya, foto profil seorang pengguna bisa saja di-screenshot dan "dicuri" oleh pengguna jahat untuk menyamar dan melakukan penipuan. Dengan fitur anti-screenshot ini keamanan pengguna akan semakin terjaga.

Kabar kehadiran fitur ini terendus oleh WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp dengan akurat. Menurut WABetaInfo, fitur blokir screenshot foto profil sudah hadir di WhatsApp Android versi beta 2.24.4.25.

Langkah baru ini ditujukan untuk memberi rasa aman kepada pengguna agar terhindar dari oknum-oknum yang ingin membagikan data pribadi tanpa persetujuan pemilik.

WABetaInfo mengungkapkan ketika pengguna membuka salah satu foto profil akun di WhatsApp dan menekan tombol screenshot, akan muncul notifikasi pop-up di bawah layar.

Baca juga: Aplikasi Socialspy WhatsApp Bisa Sadap WhatsApp Orang Lain, Benarkah?

“Tidak dapat melakukan tangkapan layar karena ada aturan pembatasan dari aplikasi,” tertulis di notifikasi tersebut.

WABetaInfo menemukan bahwa WhatsApp menghadirkan fitur blokir screenshot foto profil pengguna. Pengguna tidak lagi diperbolehkan mengambil tangkapan layar dari foto profil pengguna lainWABetaInfo WABetaInfo menemukan bahwa WhatsApp menghadirkan fitur blokir screenshot foto profil pengguna. Pengguna tidak lagi diperbolehkan mengambil tangkapan layar dari foto profil pengguna lain
Sedikit informasi, cara mengambil screenshot dari tiap ponsel berbeda-beda. Umumnya, pengguna hanya perlu memenceh tombol daya dan tombol volume secara bersamaan untuk melakukan tangkapan layar.

Namun, WABetaInfo menyoroti fitur pemblokiran screenshot foto profil sebenarnya masih belum bisa dikatakan aman sepenuhnya. Pelaku kejahatan bisa saja mengakali aturan baru tersebut dengan memotret foto profil lewat kamera di smartphone lain.

Kasus-kasus seperti itu pada dasarnya memang tidak dapat dihindari sepenuhnya, selalu ada celah yang bisa dilakukan. Akan tetapi, fitur ini mampu menambah proteksi pengguna WhatsApp. Kasus pencurian data pribadi atau penipuan identitas bisa berkurang berkat fitur ini.

Kehadiran fitur blokir screenshot foto profil WA juga memberi kontrol tambahan untuk memastikan data penggunanya tidak diambil tanpa izin pemilik, serta mengurangi risiko adanya penyalahgunaan data pribadi.

Baca juga: Fungsi Baru Chat Lock WA, Bisa Kunci Chat Semua Perangkat di Linked Device

Ilustrasi pencurian data.SHUTTERSTOCK/JARIRIYAWAT Ilustrasi pencurian data.
Nah, apabila Anda merupakan salah satu pengguna yang sangat memperhatikan masalah privasi dan keamanan data, bisa lakukan sejumlah pengaturan di menu Setting. Caranya dengan mengakses menu Settings, lalu klik Privasi (Privacy).

Di halaman tersebut, Anda dapat menyetel akses foto profil WhatsApp dan memilih kontak mana saja yang diperbolehkan melihat foto profil yang dipasang di akun. Upaya pembatasan ini setidaknya dapat meminimalisasi rasa khawatir dan upaya pencurian data pribadi.

Pantauan KompasTekno, Kamis (22/2/2024) WhatsApp Android versi 2.24.3.81 masih belum kebagian fitur ini. Kami masih diperbolehkan mengambil tangkapan layar dari akun lain. Tidak ada informasi larangan seperti yang disebutkan oleh WABetaInfo.

Menurut WABetaInfo, fitur pemblokiran tadi baru tersedia untuk pengguna beta saja, alias pengguna uji coba. Kemungkinan WhatsApp bakal segera merilis pembaruan ini beberapa minggu mendatang.

Anda bisa mendaftarkan diri sebagai pengguna beta WhatsApp bila tertarik menjajal fitur-fitur baru WhatsApp lebih dulu. Alternatif lainnya, lakukan pembaruan secara berkala di toko aplikasi Play Store untuk dapat update fitur terbaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com