Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Akun Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp karena Spam, Penting Diketahui

Kompas.com - 22/02/2024, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna penting untuk mengetahui penyebab akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam. Pasalnya, saat mengalami masalah tersebut, pengguna mungkin bakal kerepotan.

Untuk diketahui, terdapat beberapa masalah yang umum terjadi di aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA, yang menyangkut soal akun pengguna. Salah satunya adalah masalah akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam.

Baca juga: 3 Cara Mengetahui Nomor WhatsApp Kita Disimpan atau Tidak, Mudah dan Praktis

Saat masalah itu terjadi, aplikasi WhatsApp di HP pengguna bakal menampilkan pesan seperti ini “akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam”. Pesan tersebut muncul di halaman memuat aplikasi WhatsApp.

Dengan munculnya pesan itu, pengguna bakal kerepotan karena tak bisa mengakses semua layanan WhatsApp, termasuk chat, telepon, dan lainnya. Pesan “akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam” menandakan akun WA diblokir.

Masalah akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam bisa terjadi pada siapa saja. Lantas, kenapa ada tulisan akun ini tidak diizinkan untuk menggunakan WhatsApp karena spam?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai penyebab akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam yang perlu diketahui.

Penyebab akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam

Perlu diketahui, tulisan akun ini tidak diizinkan untuk menggunakan WhatsApp karena spam bakal muncul di halaman awal aplikasi WhatsApp sebelum masuk ke halaman daftar obrolan. Saat muncul, pengguna tak akan bisa melewatinya.

Alhasil, pengguna tak akan bisa mengakses semua layanan WhatsApp. Kemunculan pesan tersebut menjadi pertanda bahwa akun WA pengguna telah diblokir oleh pihak WhatsApp. Penyebab dari masalah ini sebenarnya bisa dilihat secara singkat dari isi pesannya.

Penyebab akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam adalah pengguna disinyalir telah melakukan pelanggaran atas beberapa ketentuan layanan WhatsApp.

Beberapa pelanggaran itu antara lain seperti spam, penipuan, atau aktivitas lain membahayakan keamanan pengguna WhatsApp. Ketentuan layanan WhatsApp bisa dibaca lebih lanjut di tautan ini.

Dengan penjelasan seperti itu, masalah akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam bisa terjadi akibat pengguna dinilai telah terlibat atau melakukan aktivitas pengiriman pesan secara massal yang mengganggu (spam).

Ketika pengguna melanggar ketentuan layanan WhatsApp, misalnya mengirim pesan spam, maka pihak WhatsApp bakal melakukan pemblokiran akun. Lalu, berapa lama akun ini tidak diizinkan untuk menggunakan WhatsApp karena spam?

Masa akun WA diblokir karena spam bisa berbeda-beda, bergantung keputusan pihak WhatsApp. Akun WA diblokir karena spam bisa berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari.

Itulah penyebab akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam. Dengan mengetahui penyebabnya, pengguna bisa berupaya untuk mengatasi masalah akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam.

Saat mengalami masalah akun WA diblokir karena spam, pengguna sejatinya masih memiliki kesempatan untuk memulihkannya. Lantas, bagaimana cara mengatasi akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com