Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ZTE Nubia Pad 3D II Dirilis, Tablet 5G Bisa Tampilkan Konten 3D Tanpa Kacamata

Kompas.com - 27/02/2024, 16:45 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - ZTE resmi meluncurkan tablet rerbarunya di ajang Mobile World Congress (MWC) 2024 yang digelar di Fira Gran Via, Barcelona, Spanyol Senin (26/2/2024).

Tablet tersebut adalah ZTE Nubia Pad 3D II (generasi kedua). Seperti namanya, perangkat ini merupakan suksesor dari Nubia Pad 3D generasi pertama yang diperkenalkan pada 2023 lalu.

Sama seperti pendahulunya, tablet ini mengunggulkan sektor layar sebatai nilai jual utama.

Layar berukuran 12,1 inci dengan resolusi 2.650 x 1.600 piksel milik ZTE Nubia Pad 3D II tersebut bisa menampilkan konten tiga dimensi (3D). Pengguna tak memerlukan bantuan kacamata 3D untuk melihat konten tersebut.

Selain itu, ZTE juga mengeklaim bahwa resolusi gambar 3D di Nubia Pad 3D II kini meningkat hingga 80 persen sehingga lebih tajam dari pendahulunya.

Tingkat kecerahan saat menampilkan gambar 3D juga disebut meningkat 100 persen sehingga gambar akan lebih jelas dan terang. Tablet ini juga dibekali dengan konektivitas jaringan 5G.

Tablet ZTE Nubia Pad 3D II dibekali dengan sensor AI di bagian layar yang bisa mengatur posisi gambar di layar, agar sesuai dengan gerakan mata pengguna.KOMPAS.com/Bill Clinten Tablet ZTE Nubia Pad 3D II dibekali dengan sensor AI di bagian layar yang bisa mengatur posisi gambar di layar, agar sesuai dengan gerakan mata pengguna.

 Baca juga: HP Lipat ZTE Nubia Flip 5G Dirilis, Harga Rp 9 Jutaan

Untuk menikmati konten 3D, layar ZTE mendukung bidang pandang hingga 86 derajat dengan refresh rate 144 Hz dan dibekali dengan fitur DTS:X Ultra 3D. Fitur ini memungkinkan audio yang didengar akan terasa nyata, seakan berasal dari sekitar pengguna.

Jurnalis KOMPAS.com Bill Clinten yang hadir di MWC Barcelona 2024, juga sempat menjajal tablet terbaru Nubia ini di area experience ZTE.

Hasilnya, layar tablet tersebut bisa memang bisa menampilkan gambar dan video 3D. Namun, bagi yang belum terbiasa, mereka mungkin akan sedikit pusing karena gambar akan sedikit berbayang.

Tapi pengguna tak perlu khawatir. Sebab, ZTE juga menghadirkan opsi "2D" dan "3D", sehingga pengguna bisa melihat perbedaan dari kedua jenis gambar tersebut.

Untuk sektor jeroan, ZTE Nubia Pad 3D II ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2. Kapasitas penyimpanannya adalah 512 GB. Tidak disebutkan berapa besaran RAM yang dibawa.

Di bagian belakang, terdapat kamera ganda yang disebut sebagai "Super Biomimetic Eye". Kamera ini dibekali fitur AI yang semakin meningkatkan pengambilan gambar dan video 3D.

ZTE Nubia Pad 3D II memiliki kamera kembar di bagian belakang. Kamera ini berfungsi untuk mengambil gambar secara 3D guna ditampilkan di layar dalam mode 3D pula. KOMPAS.com/Bill Clinten ZTE Nubia Pad 3D II memiliki kamera kembar di bagian belakang. Kamera ini berfungsi untuk mengambil gambar secara 3D guna ditampilkan di layar dalam mode 3D pula.

ZTE Nubia Pad 3D II juga mendukung teknologi Miracast, sehingga pengguna dapat melakukan transmisi ke tablet ini. ZTE Nubia Pad 3D II dibekali mode multi-layar AI 3D yang memungkinkan pengguna berbagi konten dari perangkat ZTE lain ke Pad 3D II.

Biacara soal AI, ZTE Nubia Pad 3D II juga hadir dengan berbagai fitur kecerdasan buatan (AI).

Baca juga: HP Gaming Nubia Red Magic 9 Pro Rilis Global, Harga mulai Rp 10 Juta

Salah satu fitur AI yang menarik adalah sensor AI di bagian layar yang bisa mengatur posisi gambar di layar, agar sesuai dengan gerakan mata pengguna.

Pada aspek daya, tablet terbaru ZTE ini ditopang dengan baterai berkapasitas 10.000 mAh yang mendukung pengisian cepat berdaya 66 watt.

ZTE belum mengumbar kapan tablet ini akan dirilis ke publik. Mereka juga belum mengumbar berapa harga tablet ini.

Namun, generasi pertama Nubia Pad 3D dijual dengan harga 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 15,6 juta.

ZTE Nubia Pad 3D II yang dirilis dalam ajang MWC 2024 di Barcelona, memiliki bagian belakang dengan warna doff. Bagian belakang ini rentan menyisakan sidik jari. KOMPAS.com/Bill Clinten ZTE Nubia Pad 3D II yang dirilis dalam ajang MWC 2024 di Barcelona, memiliki bagian belakang dengan warna doff. Bagian belakang ini rentan menyisakan sidik jari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com