Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Pamer Air Glass 3 XR, Kacamata Pintar dengan Dukungan AI

Kompas.com - 27/02/2024, 19:03 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo memamerkan prototipe gadget terbaru yang tengah dikembangkan perusahaan, yakni Air Glass 3 XR (Extended Reality), di ajang Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2024, Senin (26/2/2024) waktu setempat.

Oppo Air Glass 3 XR atau Air Glass 3 merupakan model kacamata pintar (smart glasses) terbaru dari seri Air Glass. Seri kacamata pintar ini sejatinya telah diperkenalkan perusahaan ke publik sejak sekitar dua tahun lalu.

Air Glass generasi pertama meluncur pada akhir 2021. Kemudian, Air Glass 2 diperkenalkan pada akhir 2022. Kini, prototipe dari penerus dua model kacamata pintar Oppo itu resmi dipamerkan ke hadapan publik.

Bila dibandingkan dengan dua pendahulunya, Air Glass 3 bisa dibilang menjadi lebih “pintar”. Pasalnya, Air Glass 3 adalah perangkat Extended Reality (XR). Extended Reality (XR) sendiri adalah konsep yang mencakup tiga teknologi utama yaitu Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Mixed Reality (MR).

Tampilan Oppo Air Glass 3 yang memiliki bobot 50 gram dan kecerahan hingga 1.000 nits.Youtube.com/Oppo Europe Tampilan Oppo Air Glass 3 yang memiliki bobot 50 gram dan kecerahan hingga 1.000 nits.
Dari video yang diunggah akun resmi Oppo Eropa di YouTube, kacamata pintar diketahui ini bakal bisak menyesuaikan tampilan dunia nyata menjadi lebih blur ketika pengguna tengah berinteraksi dengan AI (Artificial Intelligence).

Baca juga: Lenovo Pamer ThinkBook Transparent Display, Laptop dengan Layar Transparan

Air Glass 3 juga lebih pintar karena dibekali dengan AI. Air Glass 3 memiliki dukungan asisten virtual berbasis AndesGPT, AI buatan perusahaan. Kacamata pintar ini bisa mengakses AndesGPT melalui sambungan ke smartphone.

Tampilan Air Glass 3 yang dapat dihubungkan ke smartphone untuk mengakses dukungan AndesGPT.Youtube.com/Oppo Europe Tampilan Air Glass 3 yang dapat dihubungkan ke smartphone untuk mengakses dukungan AndesGPT.

Saat sudah tersambung, pengguna bisa berinteraksi dengan AndesGPT melalui asisten suara di Air Glass 3 untuk bertanya terkait berbagai hal atau mencari informasi. Kemudian, Air Glass 3 bakal menayangkan jawaban AndesGPT pada pengguna.

Tampilan Oppo Air Glass 3 yang mampu menampilkan jawaban AndesGPT dari pertanyaan pengguna lewat asisten suara.Youtube.com/Oppo Europe Tampilan Oppo Air Glass 3 yang mampu menampilkan jawaban AndesGPT dari pertanyaan pengguna lewat asisten suara.

Lantaran masih prototipe, belum terdapat spesifikasi detail yang menyertai Air Glass 3 XR. Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (27/2/2024), Air Glass 3 secara umum punya bobot yang ringan, hanya 50 gram. Kemudian, Air Glass 3 juga dibekali lensa dengan indeks reflektif 1,70.

Kacamata pintar generasi terbaru ini memiliki tingkat kecerahan lebih dari 1.000 nits. Oppo mengeklaim fitur-fitur ini memastikan pengalaman yang mirip dengan kacamata biasa, sekaligus memberikan tampilan yang penuh warna.

Selain dibekali asisten suara yang mendukung AndesGPT, Air Glass 3 juga akan memiliki interaksi sentuh untuk mengontrol musik, panggilan suara, menampilkan informasi, dan menelusuri gambar.

Baca juga: Qualcomm Umumkan FastConnect 7900, Chip Pertama Gabungan Wi-Fi, Bluetooth, dan Ultra Wideband

Untuk bagian audio, Air Glass 3 memiliki empat mikrofon yang dirancang untuk dapat menghalau kebisingan secara signifikan. Kemudian, Oppo juga menjanjikan output audio berkualitas tinggi di Air Glass 3.

Kendati demikian belum diketahui kapan perangkat ini akan diluncurkan.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com