Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Barcelona

Xiaomi 14 Ultra Resmi Meluncur Global, Kameranya Pakai Lensa Leica dan Sensor Sony 1 Inci

Kompas.com - Diperbarui 26/02/2024, 06:03 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Setelah lebih dulu diperkenalkan di negara asalnya di China, ponsel teratas dan terbaru dari Xiaomi yang bernama Xiaomi 14 Ultra kini resmi meluncur secara global lewat acara peluncuran yang digelar di Barcelona, Spanyol, Minggu (25/2/2024).

Dengan demikian, Xiaomi 14 Ultra akan mulai dipasarkan di negara-negara lain di luar China bersama dengan "adiknya", Xiaomi 14, yang turut diluncurkan secara internasional dalam kesempatan yang sama.

Xiaomi 14 Ultra mengedepankan kemampuan kamera yang diklaim terbaik di antara smartphone lain di pasaran saat ini, baik untuk keperluan fotografi maupun videografi.

Rangkaian kamera belakangnya yang berjumlah empat buah dirancang lewat kolaborasi dengan pabrikan legendaris asal Jerman, Leica.

"Xiaomi 14 Ultra memiliki aperture yang sangat lebar di semua kameranya. Lensa-lensanya dirancang untuk meminimalisasi distorsi dan dispersi sehingga menghasilkan gambar yang detil dan bokeh yang creamy," ujar Daniel Desjarlais, International Communications Director Xiaomi, ketika memperkenalkan Xiaomi 14 Ultra.

Kamera utama Xiaomi 14 Ultra menggunakan sensor baru dari Sony, LYT-900 50 MP, yang berukuran 1 inci dan memiliki tingkat dynamic range sangat tinggi untuk ukuran ponsel, mencapai 14 EV.

Sensor tersebut dipasangkan dengan lensa Leica Summilux dengan stepless variable aperture yang memungkinkan pengaturan bukaan lensa dengan halus (interval 0,01 EV), antara bukaan terlebar f/1.63 hingga bukaan terkecil f/4.

Xiaomi 14 Ultra turut dibekali dua kamera telephoto, masing-masing memiliki focal length ekuivalen full frame sebesar 75 mm (f/1.8, 3,2x optical zoom, OIS) dan 125 mm (f/2, 5x optical zoom, periskop, OIS).

Kedua kamera telephoto Xiaomi 14 Ultra memiliki jarak fokus minimal yang sangat dekat, yakni 10 cm untuk kamera telephoto 3,2x dan 30 cm untuk kamera telephoto 5x, sehingga diklaim mampu menghasilkan jepretan foto "macro".

Keempat, ada kamera ultra wide 12 mm (f/1.8, FoV 122 derajat). Kamera ultra wide dan kedua kamera telephoto menggunakan sensor yang sama, yakni IMX858 berukuran 1/2,5 inci dengan resolusi 50 MP.

Kamera belakang Xiaomi 14 Ultra bisa merekam video hingga 8K 30 fps/4K 120 fps, serta turut mendukung perekaman 10-bit HDR dan LOG untuk keperluan color grading.

Adapun kamera depan ponsel ini beresolusi 32 MP (f/2) dengan dukungan perekaman video hingga 4K 60 fps.

Seperti Xiaomi 13 Ultra sebelumnya, Xiaomi menyediakan rangkaian aksesori Photography Kit yang akan menyulap tampilan ponsel jadi mirip kamera digital dengan menambahkan handgrip berisi baterai 1.500 mAh, zoom lever, tombol Shutter, dan customizable control dial, berikut thread filter 67 mm.

Baca juga: Xiaomi 14 Meluncur Secara Global, HP HyperOS dengan Kamera Racikan Leica

Konstruksi kuat, tenaga besar

Spesifikasi lain dari Xiaomi 14 Ultra tentunya adalah yang tertinggi di antara ponsel-ponsel lain dari pabrikan itu. Layarnya menggunakan panel LTPO AMOLED 6,73 inci (3.200 x 1.440, 120 Hz).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com