Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MediaTek Bikin Mobil Lebih Pintar dan Penuh Hiburan

Kompas.com - 27/02/2024, 22:27 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Perusahaan semikonduktor MediaTek melalui platform otomotifnya, Dimensity Auto, berkolaborasi dengan OpenSynergy Hypervisor dan Access Twine 4Car untuk membuat mobil lebih pintar dan menghibur.

Kolaborasi ini dapat dilihat langsung di acara Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, Spanyol. Jurnalis KOMPAS.com Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy berkesempatan untuk melihat bentuk kerja sama ketiganya di booth MediaTek pada Senin (26/2/2024).

Bagi yang belum familier, OpenSynergy Hypervisor merupakan software yang mampu mengintegrasikan berbagai fitur dalam mobil, seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), Internet of Things (IoT), dan konektivitas 5G.

Fitur ini disebut memiliki peran krusial untuk mengintegrasikan aplikasi dan layanan pihak ketiga secara aman. Integrasi diklaim mulus, sambil memungkinkan layanan berbasis awan (cloud), pembaruan over-the-air, tanpa mengorbankan privasi pengguna.

Semua hal ini dijalankan dalam satu System-on-Chip (SoC) saja.

Baca juga: MediaTek Pamer Kemampuan Chip Dimensity 9300, Bikin Video AI dari Teks Lebih Mudah dan Cepat

"Kami hanya menggunakan satu chip untuk mengontrol keseluruhan mobil, yang memungkinkan pengguna untuk melihat seluruh informasi seputar mobilnya, seperti kondisi rodanya," kata Nicole Li, Marketing Communications MediaTek di arena MWC 2024, Senin (26/2/2024).

Selain OpenSynergy Hypervisor, Dimensity Auto juga berkolaborasi dengan Access Twine 4Car. Keduanya menghadirkan layanan hiburan multi-layar yang lebih kaya dan interaktif.

Access Twine 4Car sejatinya merupakan toko aplikasi (app store) mirip seperti Apple App Store dan Google Play Store. App Store Access Twine 4Car mencakup berbagai aplikasi seperti YouTube, Instagram, Apple TV, dan berbagai aplikasi populer lainnya.

Twine 4Car sifatnya fleksibel, sehingga solusi infotainment dalam mobil ini kompatibel dengan sistem operasi (OS) mobil pintar, misalnya Android, Linux, dan sistem berbasis QNX.

Empat platform Dimensity Auto

MediaTek Dimensity AutoKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy MediaTek Dimensity Auto
MediaTek Dimensity Auto memiliki empat platform utama.

Platform yang pertama adalah Dimensity Auto Cockpit with Hypervisor. Teknologi kokpit mobil ini dirancang intuitif dan ramah pemula, tetapi dengan mengutamakan keamanan pengguna saat berkendara melalui sistem operasi virtualnya.

Kokpit digital alias dasbor pintar ini hadir dengan konsumsi daya yang diklaim sangat efisien. Fitur ini memiliki AI multi-prosesor yang bisa diskalakan (scalable). Dengan begitu, model data dan algoritma AI bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga: Mediatek Dimensity 8300 Resmi, Chipset HP Kelas Menengah Pertama yang Dukung Generative AI

Dasbor turut dibekali beberapa kamera HDR, digital signal processor (DSP) dedicated untuk pemorsesan audio mikrofon, serta teknologi smart display MediaTek MiraVision yang bisa menampilkan berbagai layar dengan resolusi hingga 8k 120 Hz (HDR).

Kedua, terdapat fitur yang diberi nama MediaTek Dimensity Auto Connect. Fitur ini disebut bisa membantu pengendara mobil untuk secara konsisten terhubung dengan dunia sekitarnya.

Hal ini dilakukan dengan menghadirkan teknologi komunikasi modern berdasarkan standar 3rd Generation Partnership Project (3GPP), termasuk MediaTek 5G NTN, V2X, dan 5G RedCap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com