Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Nvidia DLSS, Teknologi Upscaling AMD FSR Bakal Terapkan AI?

Kompas.com - 05/03/2024, 15:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - AMD memiliki teknologi upscaling game bernama FidelityFX Super Resolution atau FSR yang pertama dirilis pada 2021. Cara kerjanya mirip dengan Deep Learning Super Samping (DLSS) dari Nvidia, tapi tanpa menerapkan kecerdasan buatan.

Ke depan, AMD agaknya berencana menggunakan AI untuk upscaling. Indikasinya diungkap oleh CTO AMD Mark Papermaster dalam sebuah wawancara. Dia mengatakan bahwa AMD kini tengah menerapkan kecerdasan buatan di berbagai aspek.

"Jadi, di cloud, edge, PC, serta perangkat gaming, kami sedang membuat perangkat gaming kami agar bisa upscale dengan AI dan 2024 adalah tahun penyebaran yang besar untuk kami," ujar Papermaster.

Baca juga: Mengenal FidelityFX Super Resolution, Teknologi AMD Pesaing Nvidia DLSS

Dia tidak secara tegas mengatakan bahwa AI akan diterapkan di FSR. Namun, apabila benar FSR bakal menggunakan kecerdasan buatan, maka teknologi kecerdasan buatan tersebut kemungkinan bakal menjadi lebih kompetitif dibanding para pesaingnya.

Saat ini AMD adalah satu-satunya pabrikan GPU yang tidak menggunakan teknologi upscaling berbasis AI. Dua pemain lainnya, Intel (XeSS) dan Nvidia (DLSS), diketahui sama-sama menerapkan AI.

AMD memilih jalur open-source alih-alih AI yang membutuhkan hardware khusus. Itulah sebabnya FSR bisa dijalankan oleh GPU merek lain, tak terbatas hanya di Radeon milik AMD saja, meskipun kualitasnya cenderung tak sebagus teknologi kompetitor.

Aneka hardware dari AMD belakangan memang sudah banyak dibekali dengan prosesor khusus AI, termasuk GPU seri Radeon RX 7000 dan CPU seri Ryzen 7000, untuk mengakselerasi tugas-tugas terkait artificial intelligence.

Upscaling sendiri adalah teknologi untuk meningkatkan kinerja game dengan cara melakukan rendering grafis di resolusi yang lebih rendah, untuk kemudian diperbesar (upscale) ke resolusi native monitor.

Baca juga: Intel Siapkan Teknologi Pesaing Nvidia DLSS3 dan AMD FSR3

FSR dari AMD, DLSS dari Nvidia, dan XeSS dari Intel bertujuan membuat gambar yang diperbesar ini terlihat semirip mungkin dengan resolusi native dan tidak buram.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware. Selasa (5/3/2024), belum jelas bagaimana AMD akan menerapkan AI ke FSR, kalaupun memang benar.

Ada kemungkinan AMD akan mengikuti langkah Nvidia dengan memakai neural network untuk ekstrapolasi data grafis game dari resolusi tinggi, untuk kemudian diintegrasikan di driver GPU sebagai referensi agar hasil upscaling bisa tampak lebih bagus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com