Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser Ed Sheeran Jakarta Difoto dengan Zoom 5x Samsung Galaxy S24 Ultra

Kompas.com - 06/03/2024, 11:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyanyi asal Inggris Ed Sheeran menggelar konser tunggal bertajuk "+–=÷x Tour Tour" (dibaca: Mathematics Tour) di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (2/3/2024).

Sebagai concert go-ers, KompasTekno tak mau ketinggalan. Kami menonton konser Ed Sheeran dari tribun JIS, tepatnya di kategori Orange B. 

Kali ini, kami mengabadikan momen keseruan konser Ed Sheeran dengan ponsel terbaru Samsung Galaxy S24 Ultra.

Tahun lalu, kami menobatkan Samsung S23 Ultra sebagai HP konser karena bisa diandalkan untuk memotret foto dan fancam di berbagai konser seperti di konser Raisa di GBK, konser Agust D (Suga BTS) di ICE BSD, hingga festival Joyland Jakarta di GBK Baseball Stadium.

Baca juga: Foto Miring Bisa Jadi Lurus dan Bagus Pakai AI di Samsung S24 Ultra

Nah, ini pertama kalinya kami menonton konser di JIS dan membawa Galaxy S24 Ultra. Selama menonton Ed Sheeran di JIS, fitur favorit dan andalan kami di Samsung S24 Ultra adalah kamera telefoto 50 MP dengan zoom optis 5x barunya.

Samsung S24 Ultra dibawa ke konser Ed Sheeran Jakarta. Ponsel ini bisa diandalkan untuk merekam fancam konser Ed Sheeran dari tribun JIS.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Samsung S24 Ultra dibawa ke konser Ed Sheeran Jakarta. Ponsel ini bisa diandalkan untuk merekam fancam konser Ed Sheeran dari tribun JIS.
Menurut kami, hasil foto dan video kamera zoom 5x Samsung S24 Ultra bikin apotek tutup, alias "gak ada obat", kalau kata anak zaman sekarang.

Sebenarnya kamera zoom 5x sudah ada di generasi sebelumnya, tapi sebagai zoom digital. Di Samsung S24 Ultra, zoom 5x tersebut hadir sebagai zoom natif dari kamera telefoto 50 MP, bukan hasil crop lagi.

Kamera telefoto 50 MP dengan zoom optis 5x ini terbilang istimewa karena membawa peningkatan di aspek piksel yang 1,6 kali lebih besar, ditambah dengan Telephoto OIS yang lebih lebar dibandingkan Samsung S23 Ultra. Hal ini membuat pengambilan gambar zoom menjadi lebih cerah dan stabil.

Hal tersebut sangat kami rasakan selama dua jam menonton Ed Sheeran pekan lalu. Kamis bisa memotret Ed Sheeran di atas panggung dengan jernih, terang, dan detail.

Misalnya, saat Ed Sheeran menyanyikan lagu "Don't", panggung dihiasi dengan efek api di sekelilingnya. Kondisi lighting panggung tak sepenuhnya gelap, masih ada cahaya merah dan kuning.

Baca juga: Megahnya Konser Coldplay di Singapura dalam Bidikan Samsung Galaxy S24 Ultra

Kondisi lighting ditambah efek api bisa sangat tricky, karena hasil foto bisa terlalu terang dan blur. Namun, Samsung S24 Ultra mampu menangkap gambar dengan baik.

Hasil foto kamera telefoto 50 MP (zoom optis 5x). Dengan kamera ini, kami bisa mengabadikan suasanan konser, efek lighting dan panggung, hingga potret Ed Sheeran di tengah panggung. Tak lupa, kamera ini juga tetap bisa menangkap deretan penonton yang duduk di tribun belakang panggung 360 derajat Ed Sheeran.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil foto kamera telefoto 50 MP (zoom optis 5x). Dengan kamera ini, kami bisa mengabadikan suasanan konser, efek lighting dan panggung, hingga potret Ed Sheeran di tengah panggung. Tak lupa, kamera ini juga tetap bisa menangkap deretan penonton yang duduk di tribun belakang panggung 360 derajat Ed Sheeran.
Seperti foto di atas, kamera Samsung S24 Ultra bisa menangkap potret Ed Sheeran yang sedang berdiri di tengah panggung dengan gitarnya. Kamera juga bisa menangkap efek semburan api yang berlangsung cepat.

Hasil fotonya pun menjadi terlihat lebih hidup dengan efek semburan api yang "melayang" di udara. Karena panggung Ed Sheeran mengusung model 360 derajat, Samsung S24 Ultra juga mampu menangkap deretan penonton di tribun Orange A (sebrang Orange B) yang menjadi latar belakang foto.

Berikut beberapa foto hasil zoom 5x Samsung S24 Ultra di konser Ed Sheeran. Untuk ukuran foto jarak jauh dari tribun JIS, hasilnya bagus alias "gak ada obat". 

Hasil foto kamera telefoto 50 MP (zoom optis 5x). Kamera baru ini memungkinkan kami mengambil suasan panggung Ed Sheeran dengan lebih apik, tajam, terang, dan detail. Dari gambar ini, kamera zoom 5x Samsung mampu menangkap detail lighting yang warna-warni dengan baik seperti aslinya. Kamera zoom 5x juga mampu menangkap objek Ed Sheeran dan penonton di belakang panggung dengan baik pula.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil foto kamera telefoto 50 MP (zoom optis 5x). Kamera baru ini memungkinkan kami mengambil suasan panggung Ed Sheeran dengan lebih apik, tajam, terang, dan detail. Dari gambar ini, kamera zoom 5x Samsung mampu menangkap detail lighting yang warna-warni dengan baik seperti aslinya. Kamera zoom 5x juga mampu menangkap objek Ed Sheeran dan penonton di belakang panggung dengan baik pula.
Kami tinggal point and shoot dengan kamera telefoto 10 MP zoom 5x. Kami jarang menggunakan mode Pro, karena pengaturan bawaan sudah memuaskan. Namun, kami memiliki beberapa trik agar membuat foto fokus dan bagus selama mengabadikan konser, yaitu mengunci fokus dan menurunkan exposure. Dengan trik ini, kami bisa mendapatkan foto konser seperti gambar ini.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Kami tinggal point and shoot dengan kamera telefoto 10 MP zoom 5x. Kami jarang menggunakan mode Pro, karena pengaturan bawaan sudah memuaskan. Namun, kami memiliki beberapa trik agar membuat foto fokus dan bagus selama mengabadikan konser, yaitu mengunci fokus dan menurunkan exposure. Dengan trik ini, kami bisa mendapatkan foto konser seperti gambar ini.
Kamera telefoto 50 MP dengan zoom optis 5x di Samsung S24 Ultra mampu menangkap foto dengan detail di cahaya lowlight. Foto ini terlihat dramatis karena kamera zoom 5x Samsung S24 Ultra mampu menangkap suasana panggung yang gelap, efek api yang menyala, serta Ed Sheeran yang sedang tampil di tengah penggung dengan gitarnya.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Kamera telefoto 50 MP dengan zoom optis 5x di Samsung S24 Ultra mampu menangkap foto dengan detail di cahaya lowlight. Foto ini terlihat dramatis karena kamera zoom 5x Samsung S24 Ultra mampu menangkap suasana panggung yang gelap, efek api yang menyala, serta Ed Sheeran yang sedang tampil di tengah penggung dengan gitarnya.
Hasil foto kamera telefoto 50 MP dengan zoom optis 5x. Kamera mampu menangkap gambar dengan baik di kondisi gelap.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil foto kamera telefoto 50 MP dengan zoom optis 5x. Kamera mampu menangkap gambar dengan baik di kondisi gelap.
Hasil foto kamera zoom5x Samsung S24 Ultra di minim cahaya.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil foto kamera zoom5x Samsung S24 Ultra di minim cahaya.
Hasil zoom 10x tetap bagus, walau sekarang jadi zoom digital

Kamera 50 MP zoom optis 5x tersebut menggantikan kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x (f/4.9) yang sebelumnya rutin hadir di Galaxy S23 Ultra, S22 Ultra, dan S21 Ultra.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com