Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nothing Phone 2A Meluncur, "Smartphone" Murah Nothing dengan Desain Unik

Kompas.com - 06/03/2024, 12:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat ponsel Android yang biasanya memiliki desain nyentrik, yaitu Nothing resmi meluncurkan smartphone Android ketiga mereka pekan ini.

Perangkat tersebut dinamai Nothing Phone 2A dan merupakan ponsel "murah" Nothing pertama bikinan perusahaan yang dirintis oleh mantan pendiri OnePlus Carl Pei.

Dikatakan murah karena varian terendah ponsel ini dijual dengan harga 319 poundsterling atau sekitar Rp 6,3 juta.

Biasanya, ponsel Nothing dijual di atas harga tersebut, seperti Nothing Phone 2 yang dibanderol 579 poundsterling (sekitar Rp 11,5 juta) pada saat peluncurannya sekitar pertengahan 2023.

Sementara Nothing Phone 1 yang dirilis tahun 2022, dibanderol 549 euro atau sekitar (Rp 8,2 juta dengan nilai tukar rupiah ketika peluncuran).

Meski masuk ke dalam kategori murah, Nothing Phone 2A bisa dibilang bukan merupakan ponsel Android "murahan". Pasalnya, ponsel ini tetap membawa desain unik khas produk Nothing lainnya.

 Baca juga: Bukan Cuma Gadget, Nothing Kini Rambah Bisnis Fashion

Tampilan belakang ponsel ini, misalnya, tampak seperti dilapisi dengan cangkang transparan yang memperlihatkan desain "jeroan" ponsel.

Bagian belakang ponsel ini juga dihiasi dengan garis lampu yang bisa menyala-nyala sehingga punggung ponsel akan semakin estetik.

Masih di bagian belakang Nothing Phone 2A, sisi ini turut dibekali dengan dua kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8) dan kamera ultrawide 50 MP (f/2.2).

Kedua kamera ini dimuat secara horizontal dalam sebuah modul yang ditempatkan tepat di tengah atas punggung perangkat.

Ilustrasi ponsel Nothing Phone 2A.TheVerge Ilustrasi ponsel Nothing Phone 2A.

Pindah ke bagian depan, Nothing Phone 2A mengadopsi layar OLED 6,7 inci yang memiliki resolusi 2.412 x 1.084 piksel dan refresh rate 120 Hz. Layar ini sudah dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass 5.

Tepat di bagian tengah atas layar, terdapat modul punch hole yang memuat kamera selfie 32 MP.

Beralih ke sektor performa, Nothing Phone 2A ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 7200 Pro yang dipadukan dengan RAM hingga 12 GB dan media penyimpanan (storage) hingga 256 GB.

Ponsel ini ditopang dengna baterai jumbo dengan kapasitas 5.000 mAh. Baterai ini memiliki dukungan pengisian cepat berdaya 45 watt.

Baca juga: Pakai Casing Ini, iPhone 15 Jadi Mirip HP Nothing

Fitur pendukung lainnya yang ada di Nothing Phone 2A mencakup Glyph Interface untuk menampilkan berbagai fitur unik khas ponsel Nothing, NFC, serta tingkat ketahanan terhadap air dan debu dengan IP rating IP54.

Di pasar global, Nothing Phone 2A dijual dengan harga 319 poundsterling (sekitar Rp 6,3 juta) untuk varian 8 GB/128 GB dan 349 poundsterling (sekitar Rp 6,3 juta) untuk varian 12 GB/256 GB.

Belum ada informasi apakah perangkat ini akan dijual di sejumlah pasar spesifik, seperti Amerika Serikat (AS) atau Indonesia, atau tidak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com