Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Expert RAW Samsung Galaxy S24 Ultra di Konser Ed Sheeran Jakarta Bikin Hasil Foto “Like a Pro”

Kompas.com - 06/03/2024, 17:00 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi pop kenamaan asal Inggris, Ed Sheeran menggelar konser tunggal di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada Sabtu, (2/3/2024). Konser tersebut bertema “+-=÷” atau yang dibaca Mathematics Tour.

KompasTekno pun berkesempatan hadir ke acara tersebut dan menonton dari tribun kategori Orange B. Beruntungnya lokasi konser tersebut tidak terlalu jauh dan cukup tengah menghadap panggung.

Tidak ketinggalan, kami juga mengabadikan momen keseruan konser menggunakan Samsung Galaxy S24 Ultra.

Mengingat konser musik pada umumnya minim cahaya dan hanya mengandalkan lampu sorot yang ada di sekitaran panggung, kami menggunakan fitur Expert RAW di Samsung S24 Ultra supaya hasil gambar bisa lebih maksimal, layaknya “pro”.

Hasil foto konser musik Ed Sheeran di Jakarta lewat panel LCDKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil foto konser musik Ed Sheeran di Jakarta lewat panel LCD
Sedikit informasi, fitur Expert RAW bukanlah fitur baru di Samsung S24 Ultra. Fitur ini sudah hadir di model seri-S sebelumnya.

Namun, kamera Samsung S24 Ultra kini sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding sebelumnya. Misal, kamera telefoto 50 MP dengan zoom optis 5x terbarunya.

Dengan menggabungkan kamera baru tadi dengan fitur Expert RAW, niscaya hasil gambar yang dihasilkan pasti bisa lebih maksimal. Ditambah, fitur Expert RAW memungkinkan pengguna untuk mengatur shutter speed, aperture, exposure, ISO, tingkar White Balance secara manual.

Baca juga: Konser Ed Sheeran Jakarta Difoto dengan Zoom 5x Samsung S24 Ultra

Ilustrasi fitur Expert RAW di Samsung Galaxy S24 UltraKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Ilustrasi fitur Expert RAW di Samsung Galaxy S24 Ultra
Bagi Anda yang tidak familiar dengan istilah di atas, pengaturan tersebut umumnya ditemui di kamera profesional. Kemampuan mengatur elemen tadi secara manual memungkinkan pengguna menyesuaikan situasi dan kondisi dari objek yang digambar.

Nah, hasil uji coba ternyata manjur. Gambar yang dibidik Samsung S24 Ultra menggunakan fitur Expert RAW mampu membuat foto konser lebih ciamik.

Ada bantuan dari teknologi AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan) sehingga daerah yang terlalu terang (misal lampu sorot) dan bagian yang cukup gelap (daerah penonton) bisa disesuaikan dengan baik.

Suasana penonton di konser Ed Sheeran Jakarta KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Suasana penonton di konser Ed Sheeran Jakarta
Kami juga tidak hanya fokus pada penampilan Ed Sheeran di atas panggung saja, ada berbagai macam angle dan objek gambar menarik yang bisa dibidik. Kala itu, kami memotret panel LED yang menampilkan penampilan Ed Sheeran di panggung.

Bantuan layar LED ini memudahkan penonton melihat Ed Sheeran dengan lebih dekat. Sebab, pengambilan shot kamera di panggung lebih berfokus pada eskpresi close up sang penyanyi.

Saat kamera menyorot wajah Ed yang sedang menghayati lagu yang dinyanyikan, kami sesegera mungkin mengabadikan momen tersebut.

Begini kira-kira hasilnya.

Hasil foto Samsung Galaxy S24 Ultra pakai fitur Expert RAW di konser musik Ed Sheeran JakartaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil foto Samsung Galaxy S24 Ultra pakai fitur Expert RAW di konser musik Ed Sheeran Jakarta

Hasil foto konser Ed Sheeran pakai Samsung Galaxy S24 Ultra dan fitur Expert RAWKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil foto konser Ed Sheeran pakai Samsung Galaxy S24 Ultra dan fitur Expert RAW
Fitur Expert RAW juga memungkinkan pengguna melakukan opsi perbesaran. Ada dua opsi yang ditawarkan, yaitu lensa Wide (ultrawide) dan Super Telefoto (zoom optis 5x).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com