Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link Jadwal Buka Puasa Ramadhan 2024 Kemenag di Seluruh Wilayah Indonesia

Kompas.com - 09/03/2024, 12:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya bakal membutuhkan jadwal buka puasa Ramadhan 2024 (kata baku: Ramadan). Sebagaimana cukup umum diketahui, di bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Ibadah puasa Ramadhan dijalankan satu bulan penuh, yang dimulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari setiap hari. Dalam menjalankan puasa Ramadhan 2024, ada beberapa kebutuhan yang perlu disiapkan pengguna.

Baca juga: 5 Aplikasi Niat Puasa dan Kumpulan Doa Sehari-hari Saat Ramadhan

Salah satu kebutuhan itu adalah informasi mengenai jadwal buka puasa Ramadhan 2024. Sebagai informasi, waktu berbuka adalah waktu berakhirnya puasa yang biasanya ditandai dengan berkumandangnya azan Magrib.

Di tiap wilayah Indonesia, jadwal buka puasa Ramadhan 2024 bisa berbeda-beda. Untuk membantu masyarakat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2024, Kementerian Agama (Kemenag) menyediakan situs yang menyajikan informasi jadwal buka puasa.

Pengguna bisa cek jadwal buka puasa Ramadhan 2024 di seluruh wilayah Indonesia melalui situs Kemenag itu. Jika hendak memeriksanya, berikut adalah link jadwal buka puasa Ramadhan 2024 Kemenag.

Link jadwal buka puasa Ramadhan 2024 Kemenag

Jadwal buka puasa Ramadhan 2024 Kemenag disediakan oleh situs Bimas Islam dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. Adapun link jadwal buka puasa Ramadhan 2024 Kemenag adalah sebagai berikut:

Itulah link jadwal buka puasa Ramadhan 2024 Kemenag. Lewat link tersebut, pengguna bisa cek jadwal buka puasa Ramadhan 2024 di seluruh wilayah Indonesia. Lantas, bagaimana cara cek jadwal buka puasa Ramadhan 2024 di situs Kemenag?

Baca juga: 5 Aplikasi Resep Makanan buat Sahur dan Buka Puasa

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara cek jadwal buka puasa Ramadhan 2024 di situs Kemenag untuk seluruh wilayah Indonesia dengan mudah.

Cara cek jadwal buka puasa Ramadhan 2024 via situs Kemenag

  • Buka link jadwal buka puasa Ramadhan 2024 Kemenag ini https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah atau ini https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalshalat.
  • Selanjutnya, atur nama provinsi dan kota/kabupaten yang hendak dicek jadwal buka puasanya.
  • Kemudian, pilih bulan dan tahun.
  • Setelah itu, klik menu “Proses Data” .
  • Situs bakal menampilkan daftar jadwal salat dan imsak setiap hari secara lengkap di satu wilayah. Jadwal buka puasa akan sesuai dengan jadwal salat Magrib.
  • Setelah jadwalnya ditampilkan, pengguna bisa mengunduhnya dengan klik menu “Export to Excel”. Jadwal buka puasa akan diunduh ke perangkat dengan format XLS yang bisa dibuka melalui Microsoft Excel.

Cara cek jadwal buka puasa Ramadhan 2024 di situs Kemenag.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Cara cek jadwal buka puasa Ramadhan 2024 di situs Kemenag.

Cukup mudah bukan cara cek jadwal buka puasa Ramadhan 2024 via situs Kemenag? Dengan cara di atas, pengguna bisa mendapatkan informasi jadwal buka puasa Ramadhan 2024 dengan mudah.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara cek jadwal buka puasa Ramadhan 2024 via situs Kemenag di seluruh wilayah Indonesia. Sebagai informasi tambahan, situs Kemenag Bimas Islam tidak hanya menyediakan informasi jadwal buka puasa.

Di situs tersebut, tersedia pula layanan-layanan seputar agama yang dapat membantu masyarakat. Beberapa layanan di situs Bimas Islam antara lain, seperti infor masjid, info nikah, info zakat, dan konsultasi syariah.

Baca juga: Cara Daftar Mudik Gratis Bus Kemenhub 2024 via Aplikasi Mitra Darat, Buka Mulai Pukul 12.00

Sementara itu, selain lewat situs Bimas Islam Kemenag, jadwal buka puasa Ramadhan 2024 juga tersedia melalui tautan ini https://www.kompas.com/jadwal-sholat. Jadwal buka puasa Ramadhan 2024 di link KOMPAS bersumber dari Bimas Islam Kemenag.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com