Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melacak Lokasi Orang dengan Nomor HP, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 11/03/2024, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui cara melacak lokasi orang dengan nomor HP. Pasalnya, cara tersebut kiranya bakal cukup berguna ketika pengguna ingin mengetahui lokasi terkini dari orang terdekat melalui nomor HP-nya.

Informasi lokasi akan berguna ketika, misalnya, pengguna ingin memantau keberadaan terkini dari orang terdekatnya yang tengah melakukan perjalanan dan memastikan orang tersebut sampai di tujuan dengan selamat.

Baca juga: Cara Melacak HP yang Hilang atau Dicuri dengan E-mail, Mudah dan Praktis

Pelacakan lokasi orang saat ini bisa dilakukan lewat berbagai media, termasuk melalui nomor HP. Lantas, bagaimana cara melacak lokasi orang dengan nomor HP? Jika tertarik untuk mengetahuinya, berikut adalah cara mengetahui lokasi orang dengan nomor HP.

Cara melacak lokasi orang dengan nomor HP

Cara melacak lokasi orang dengan nomor HP itu pada dasarnya cukup mudah. Pengguna bisa memanfaatkan salah satu fitur bawaan yang disediakan aplikasi Google Maps, yakni fitur Location Sharing atau berbagi lokasi.

Fitur Location Sharing memungkin pengguna untuk membagikan lokasi terkini ke orang lain dan sebaliknya. Dengan fitur ini, pengguna bisa melihat lokasi kontak di Google Maps secara real-time. Setiap perpindahan atau pergerakannya bakal bisa dilihat dengan mudah.

Fitur Location Sharing dapat dimanfaatkan untuk melacak keberadaan kontak dan memastikan bahwa orang tersebut tengah berada di lokasi yang tepat sesuai kabarnya atau telah sampai di lokasi tujuan dengan selamat.

Baca juga: Cara Melacak iPhone yang Hilang atau Dicuri lewat Google Maps dengan Mudah

Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai cara melacak lokasi orang dengan nomor HP melalui fitur Location Sharing di Google Maps adalah sebagai berikut:

  • Minta kontak seseorang yang hendak dipantau keberadaannya untuk membagikan lokasi terkininya melalui fitur Location Sharing di Google.
  • Untuk membagikan lokasi terkini lewat fitur Location Sharing, caranya buka aplikasi Google Maps di HP dan klik ikon foto profil.
  • Setelah itu, klik menu “Location Sharing” dan pilih opsi “Share Location”.
    Ilustrasi cara melacak lokasi orang dengan nomor HP lewat fitur Location Sharing Google Maps.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melacak lokasi orang dengan nomor HP lewat fitur Location Sharing Google Maps.
  • Berikutnya, atur berapa lama informasi lokasi terkini dibagikan, mulai dari 1 jam hingga 1 hari.
  • Kemudian, minta orang lain untuk membagikan informasi lokasi terkini itu ke nomor HP Anda. Informasi lokasi terkini dari fitur Location Sharing di Google Maps bakal terkirim dalam bentuk tautan.
  • Jika sudah dibagikan, Anda bisa klik tautan itu untuk melihat informasi lokasi terkini di Google Maps yang dibagikan oleh seseorang.
  • Saat tautan itu diklik, peta Google Maps bakal terbuka dan menunjukkan titik lokasi terkini dari kontak atau nomor HP seseorang.
  • Selain melihatnya, pengguna juga bisa berbagi balik informasi lokasi terkininya ke kontak tersebut. Saat membuka Location Sharing di Google Maps dari orang lain, pengguna dapat klik opsi “Share Location with” untuk berbagi balik informasi lokasi terkininya.

Saat informasi lokasi terkini telah dibagikan, pengguna bisa memantau keberadaan orang di Google Maps secara real-time. Informasi lokasi terkini bakal berhenti dibagikan di Google Maps ketika durasinya habis atau seseorang itu menghentikannya.

Cukup mudah bukan cara melacak lokasi orang dengan nomor HP lewat Google Maps? Penting diingat, melacak keberadaan seseorang melalui Location Sharing di Google Maps sebaiknya dilakukan dengan dasar kesepakatan yang saling diketahui bersama.

Baca juga: 3 Cara Melacak iPhone Hilang atau Dicuri dengan HP Android, Mudah

Jangan memaksa atau diam-diam menggunakan Location Sharing di Google Maps pada HP milik orang lain untuk dibagikan ke kita, sehingga terkesan seperti penguntit. Demikianlah cara melacak lokasi orang dengan nomor HP lewat Google Maps, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com