Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menonaktifkan Teks Koreksi Otomatis dan Prediktif di iPhone

Kompas.com - 16/03/2024, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna iPhone sudah tak asing lagi dengan fitur teks koreksi otomatis dan prediktif di iPhone. Fitur Teks Koreksi Otomatis dan Prediktif di iPhone sendiri merupakan bagian dari fungsionalitas keyboard yang membantu pengguna dalam mengetik dan memperbaiki teks.

Teks koreksi otomatis berguna untuk memperbaiki kesalahan pengetikan saat Anda mengetik. Jika Anda salah mengetik suatu kata, iPhone akan mencoba mengenali kata yang seharusnya dan menggantinya secara otomatis.

Sedangkan teks prediktif memungkinkan iPhone untuk memprediksi kata atau frasa selanjutnya yang mungkin ingin Anda ketik berdasarkan konteks kalimat atau percakapan sebelumnya.

Dengan kata lain, saat Anda mulai mengetik suatu kata, iPhone akan menampilkan beberapa opsi kata atau kalimat yang mungkin ingin Anda gunakan selanjutnya.

Walaupun keduanya fitur keyboard yang cukup membantu, namun ada saatnya pengguna bisa jadi ingin menonaktifkan fitur-fitur ini karena alasan tertentu.

Misalnya, koreksi otomatis yang terkadang bisa mengganti kata-kata yang sebenernya ingin ditulis pengguna, dan teks prediktif yang tak jarang membuat bingung karena memprediksi teks yang kurang relevan.

Bagi Anda yang ingin mematikan fitur ini, selengkapnya berikut ini tutorial menonaktifkan fitur teks koreksi otomatis dan prediktif di iPhone.

Baca juga: 2 Cara Cek Aplikasi yang Boros Baterai di HP Android dan iPhone

Cara menonaktifkan teks koreksi otomatis dan prediktif

Ilustrasi cara menonaktifkan koreksi otomatis di iPhoneKompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara menonaktifkan koreksi otomatis di iPhone

  • Buka “Pengaturan”
  • Klik “General”
  • Pilih “Keyboard”
  • Geser ke kiri pada bagian “Auto-Correction” untuk menonaktifkan
  • Ini akan mematikan fitur Koreksi Otomatis di iPhone Anda. Setelah fitur ini dimatikan, keyboard tidak akan otomatis memperbaiki kata-kata yang salah eja yang Anda ketik.

Cara menonaktifkan teks prediktif di iPhone

Ilustrasi cara menonaktifkan teks prediktif di iPhoneKompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara menonaktifkan teks prediktif di iPhone

  • Buka “Pengaturan”
  • Klik “General”
  • Pilih “Keyboard”
  • Gulir ke bawah dan pilih “Predictive Text”
  • Selanjutnya geser ke toggle ke kiri untuk menonaktifkannya

Itulah cara menonaktifkan teks koreksi otomatis dan prediktif di iPhone. Selamat mencoba.

Baca juga: 3 Cara Kompres Video di iPhone dengan Manual dan via Aplikasi

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com