Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SpaceX Bikin Satelit Mata-mata untuk AS

Kompas.com - Diperbarui 20/03/2024, 06:50 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan antariksa milik Elon Musk, SpaceX, dilaporkan tengah membuat ratusan satelit mata-mata secara diam-diam. Ratusan satelit ini konon dibuat melalui kontrak rahasia dengan Badan Pengintaian Nasional (National Reconnaissance Office/NRO) Amerika Serikat.

Badan Pengintaian Nasional adalah badan intelijen Amerika Serikat yang mengelola satelit mata-mata.

Menurut lima sumber anonim yang dekat dengan media berita Reuters, satelit mata-mata ini dibangun oleh unit bisnis SpaceX yakni Starshield dengan kontrak senilai 1,8 miliar dollar AS atau setara Rp 28,1 triliun.

Kontrak ini dilaporkan ditandatangani pada 2021. Jaringan satelit mata-mata yang diluncurkan di orbit rendah Bumi ini disebut mampu beroperasi sebagai gerombolan (swarm) dan melacak target di darat.

Lebih spesifiknya, jaringan Starshield dilaporkan mampu mengumpulkan citra di Bumi secara simultan untuk badan intelijen AS. Satelit ini menggunakan satelit pencitraan besar untuk mengumpulkan data dan satelit relai data untuk mengirimkan informasi.

Baca juga: SpaceX Luncurkan Satelit Internet Starlink Baru, Bisa Langsung Tersambung ke HP

Kendati demikian, pihak SpaceX dan NRO belum memberikan respons soal kontrak dengan SpaceX tersebut.

NRO sendiri mengonfirmasi bahwa mereka sedang mengembangkan sistem satelit canggih, serta mengakui kerja samanya dengan lembaga pemerintah, perusahaan, dan institusi lainnya.

"Badan Pengintaian Nasional (AS) sedang mengembangkan sistem intelijen, pengawasan, dan pengintaian berbasis ruang angkasa yang paling mumpuni, beragam, serta tangguh yang pernah ada di dunia," kata juru bicara NRO.

Tidak diketahui kapan jaringan satelit terbaru tersebut akan mulai beroperasi, dan tidak diketahui pula perusahaan lain apa saja yang menjadi bagian dari program tersebut berdasarkan kontrak mereka sendiri.

Namun, kontrak ini menandakan makin besarnya kepercayaan dari badan intelijen AS kepada SpaceX, walaupun pemiliknya Elon Musk pernah berseteru dengan pemerintahan Presiden AS Joe Biden.

Adapun perseteruan itu disebabkan oleh penggunaan satelit internet Starlink milik SpaceX dalam peperangan Ukraina, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Engadget, Senin (18/3/2024).

Apa itu Starshield

Starshield pertama kali diumumkan pada Desember 2022, sebagai layanan Starlink terpisah yang dirancang untuk entitas pemerintah dan agensi militer. Ini berbeda dari Starlink yang disebut Elon Musk merupakan "jaringan untuk masyarakat".

Baca juga: Starlink, Ancaman Nyata GEO dan Operator Seluler

Pada September 2023, SpaceX dilaporkan menandatangani kontrak senilai 70 juta dollar AS (kira-kira Rp 1,094 triliun) dengan Angkatan Luar Angkasa AS (US Space Force).

Kontrak yang dijalankan selama setahun ini memungkinkan Angkatan Luar Angkasa AS untuk menggunakan satelit komunikasi yang sudah dikustomisasi, agar aman untuk keperluan pemerintahan dan militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com