Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komputer "Workstation" Lenovo ThinkStation P8 Masuk Indonesia Bulan Depan

Kompas.com - 18/03/2024, 08:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen komputer (PC) Lenovo mengumbar pihaknya akan memboyong PC untuk para profesional alias workstation terbarunya ke Indonesia.

Hal ini disampaikan Commercial Marketing Lead Lenovo Indonesia, Diantika dalam acara bertajuk "Buka Puasa dan Sharing Session Bersama Lenovo Indonesia" yang digelar pada Jumat (15/3/2024) lalu.

Dalam momen itu, Diantika mengatakan bahwa produk workstation tersebut akan diluncurkan sekitar April 2024. Ia tak menyebut tanggal pastinya, namun produk tersebut yang pasti akan berasal dari seri Lenovo ThinkStation.

"Dalam beberapa waktu ke depan, akan ada launching produk workstation baru unggulan kami di Indonesia, yaitu Lenovo ThinkStation P8. Kapan meluncurnya? Ditunggu saja, dalam waktu dekat," kata Diantika kepada KompasTekno beberapa hari lalu.

Baca juga: Lenovo Rilis Tablet Gaming Legion Y700 Versi Baru, Punya Konektor USB-C Ganda

Commercial Marketing Lead Lenovo Indonesia, Diantika dalam acara bertajuk Buka Puasa dan Sharing Session Bersama Lenovo Indonesia yang digelar pada Jumat (15/3/2024) lalu. Kompas.com/BILL CLINTEN Commercial Marketing Lead Lenovo Indonesia, Diantika dalam acara bertajuk Buka Puasa dan Sharing Session Bersama Lenovo Indonesia yang digelar pada Jumat (15/3/2024) lalu.

Selain ThinkStation P8, Lenovo Indonesia juga berencana menghadirkan satu laptop seri ThinkBook terbaru untuk segmen consumer di Indonesia, yaitu ThinkBook 14 Gen 7. Laptop ini rencananya juga akan meluncur sekitar April 2024.

Kemudian juga akan ada beberapa laptop lainnya dari seri ThinkPad, seperti ThinkPad X1 Carbon Gen 12, ThinkPad V14 Gen 4, ThinkPad X1 2-in-1 Gen 9, ThinkPad T14 Gen 5, dan ThinkPad E14 Gen 6. Menurut Lenovo, deretan laptop ThinkPad ini akan dirilis di Indonesia dalam beberapa waktu ke depan.

Di samping laptop, di 2024 ini, Diantika menyebut bahwa pihaknya juga bakal menggelar sejumlah acara (event) yang bertujuan untuk menggaet konsumen baru, baik itu di segmen commercial maupun consumer.

"Aneka event Lenovo ini, terutama untuk segmen commercial, bertujuan untuk mengedukasi bahwa Lenovo tidak hanya menjual produk, tetapi solusi juga, dan misi kami di sini adalah menghadirkan 'Smarter Technology for All'," pungkas Diantika. 

Baca juga: Lenovo Pamer ThinkBook Transparent Display, Laptop dengan Layar Transparan

Spesifikasi Lenovo ThinkStation P8

Lenovo ThinkStation P8.Lenovo Lenovo ThinkStation P8.

Terkait Lenovo ThinkStation P8, komputer workstation satu ini bisa dibilang merupakan produk andalan terbaru Lenovo yang menawarkan spesifikasi hardware paling mumpuni di kelasnya.

ThinkStation P8 memadukan komponen unggulan dari dua pabrikan besar, yakni prosesor AMD Ryzen Threadripper Pro 7000 WX-Series berbasis arsitektur Zen4, dan kartu grafis profesional Nvidia seri RTX 6000 berbasis arsitektur Ada Lovelace.

Komponen-komponen berkinerja tinggi itu termuat di casing tower khusus yang dirancang bersama pabrikan otomotif Aston Martin. Kolaborasi ini menghadirkan ventilasi udara berpola honeycomb di bagian depan casing PC.

Desain thermal dari casing bernuansa warna hitam dan merah tersebut diklaim optimal untuk memaksimalkan kinerja CPU AMD dan GPU AMD di dalamnya sehingga ThinkStation P8 mampu mengerjakan berbagai macam tugas dengan gesit.

Pelanggan Lenovo bisa mengonfigurasikan ThinkStation P8 untuk memakai prosesor AMD Ryzen Threadripper Pro 7000 WX hingga 96 core (192 thread). ThinkStation P8 turut mendukung PSU dengan sertifikasi 80 Plus Platinum.

Baca juga: Lenovo Patenkan Layar Ultrawide yang Bisa Digulung untuk Laptop

Sebanyak tiga buah kartu grafis Nvidia RTX 6000 atau empat buah Nvidia RTX A4000 bisa dipasang untuk menangani pekerjaan grafis yang kompleks.

Di antaranya seperti real-time ray tracing, video rendering, simulasi, computer-aided design (CAD), augmented reality (AR), virtual reality (VR), pengembangan model AI, dan masih banyak lagi.

Kapasitas memori Lenovo ThinkStation P8 mencapai 2 TB DDR5 RAM dengan dukungan octa-channel, berikut hingga 7 buah drive SSD M.2 PCIe gen 4 dengan dukungan RAID, atau hingga 3 buah harddisk berkapasitas besar.

Informasi selengkapnya mengenai Lenovo ThinkStation P8 bisa dibaca dalam dokumen di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com