Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Hands-on HP Xiaomi 14 Versi Indonesia

Kompas.com - 17/03/2024, 15:00 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Setelah diluncurkan secara global pada akhir Februari lalu, Xiaomi 14 bakal segera dirilis di Indonesia. Perangkat ini merupakan ponsel flagship yang akan menjadi smartphone teratas Xiaomi di Tanah Air.

Fitur andalan Xiaomi 14 termasuk dapur pacu bertenaga Snapdragon 8 Gen 3, RAM LPDDR5 dan storage UFS 4.0, fast charging 90 watt, serta tentu saja rangkaian kamera belakang hasil kerja sama dengan pabrikan kamera Leica asal Jerman.

Baca juga: Xiaomi 14 Meluncur Secara Global, HP HyperOS dengan Kamera Racikan Leica

KompasTekno menerima sebuah unit Xiaomi 14 versi ritel Indonesia. Kira-kira selengkap apa aksesori di dalam kemasannya dan seperti apa pula penampilannya?

Ada soft case hingga fast charger

Ucapan terima kasih serta dua booklet panduan singkat dan garansi dalam kemasan Xiaomi 14KOMPAS.com/ OIK YUSUF Ucapan terima kasih serta dua booklet panduan singkat dan garansi dalam kemasan Xiaomi 14
Xiaomi 14 di tangan KompasTekno merupakan varian warna White alias putih dengan konfigurasi memori RAM 12 GB dan storage 256 GB.

Diproduksi oleh PT Sat Nusapersada Tbk. di Batam, Xiaomi 14 datang dalam boks sederhana berwarna dasar putih. Desainnya cenderung minimalis. Di bagian depan hanya ada nama "Xiaomi 14" berikut logo Xiaomi dan Leica.

Baca juga: HP Flagship Xiaomi 14 Dipastikan Rilis di Indonesia

Softcase berwarna hitam di kemasan Xiaomi 14KOMPAS.com/ OIK YUSUF Softcase berwarna hitam di kemasan Xiaomi 14
Meskipun demikian, aksesori di dalamnya bisa dibilang lengkap. Xiaomi 14 menghadirkan lserangkaian booklet panduan singkat dan garansi, casing, hingga charger berikut kabel.

Casing yang disertakan berjenis soft case berwarna hitam sehingga menyembunyikan warna perangkat, dengan finishing halus mirip karet. Di bagian dalam terdapat pola garis-garis vertikal, lalu ada sebuah cutout berbentuk persegi untuk modul kamera Xiaomi 14.

Unit charger yang diberikan memiliki keluaran daya 90 watt sesuai dengan kecepatan fast charging Xiaomi 14. Disertakan pula kabel yang cocok sehingga pengguna bisa langsung mengisi baterai dengan kecepatan maksimal tanpa perlu membeli aksesori lain.

Aksesori pelengkap di kemasan Xiaomi 14 versi Indonesia di luar booklet, yakni charger 90 watt, kabel USB A ke USB C, sim card ejector tool, serta soft case berwarna hitam.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Aksesori pelengkap di kemasan Xiaomi 14 versi Indonesia di luar booklet, yakni charger 90 watt, kabel USB A ke USB C, sim card ejector tool, serta soft case berwarna hitam.

Simple, tapi cantik

Tampilan Xiaomi 14 sendiri juga simple dan terkesan polos. Punggung ponsel ini berlapis material kaca dengan finishing glossy yang untungnya tak terlalu menampakkan noda sidik jari.

Beda halnya dengan frame aluminium di pinggiran perangkat yang langsung terlihat dekil begitu digenggam oleh pengguna. Padahal, bagian pinggiran yang flat dan berwarna silver ini terlihat menarik dan cantik apabila bebas noda.

Satu hal yang agak tidak biasa dari Xiaomi 14 adalah ukuran layarnya yang lebih mungil dibandingkan ponsel-ponsel flagship lain, yakni 6,36 inci dengan panel LTPO OLED (2.670 x 1.200 piksel, 120 Hz) berlapis kaca pelindung Gorilla Glass Victus.

Bagian bawah Xiaomi 14 (foto kiri) memuat konektor USB C 3.2 Gen 1, loudspeaker pertama, dan laci SIM. Loudpseaker kedua menyatu dengan earpiece di bagian atas punch hole. Sisi atas ponsel ini hanya menampakkan dua cutout antena karena IR blaster dipindah ke modul kamera belakang. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian bawah Xiaomi 14 (foto kiri) memuat konektor USB C 3.2 Gen 1, loudspeaker pertama, dan laci SIM. Loudpseaker kedua menyatu dengan earpiece di bagian atas punch hole. Sisi atas ponsel ini hanya menampakkan dua cutout antena karena IR blaster dipindah ke modul kamera belakang.

Bagian frame Xiaomi 14 berbentuk flat dan terbuat aluminium yang mudah ternoda sidik jari. Di sisi kanan terdapat dua tombol pengatur volume dan tombol daya. Laci SIM mampu memuat dua buah kartu nano SIM dalam posisi saling membelakangi, tapi tidak ada tempat untuk kartu memori micro SD. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian frame Xiaomi 14 berbentuk flat dan terbuat aluminium yang mudah ternoda sidik jari. Di sisi kanan terdapat dua tombol pengatur volume dan tombol daya. Laci SIM mampu memuat dua buah kartu nano SIM dalam posisi saling membelakangi, tapi tidak ada tempat untuk kartu memori micro SD.

Ketebalannya 8,2 mm, dengan panjang 152,8 mm, lebar 71,5 mm, dan bobot 193 gram. Xiaomi 14 sebenarnya memang anggota terkecil dari lini ponsel Xiaomi 14 Series yang turut beranggotakan Xiaomi 14 Pro dan Xiaomi 14 Ultra. Dua "kakaknya" itu tak dirilis di Indonesia.

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Xiaomi 14, Flagship Ringkas dengan Kamera Leica

Secara keseluruhan, desain Xiaomi 14 masih low-profile dan tidak mencolok. Apalagi jika pengguna memasang soft case bawaan yang berwarna gelap.

Kamera Leica, sistem operasi HyperOS

Sebuah modul kamera berbentuk persegi bertengger di bagian belakang Xiaomi 14. Desainnya sedikit berbeda dari Xiaomi 13 sebelumnya karena unit LED flash kini berbentuk bundar dan ditempatkan di kanan atas, sementara logo "Leica" dipindah ke tengah modul.

Ketiga kamera belakang yang dibuat melalui kerja sama dengan Leica itu terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.6, 23 mm ekuivalen full-frame, OIS, sensor 1/1,31 inci), kamera telephoto 50 MP (f/2.0, OIS, 75 mm, optical zoom 3,2x), dan kamera ultra wide 50 MP (f/.2.2, 14 mm).

Bagian belakang dan depan dari Xiaomi 14 varian warna putih. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian belakang dan depan dari Xiaomi 14 varian warna putih.

Berbeda dari rangkaian kamera belakangnya, kamera depan Xiaomi 14 terkesan biasa saja dengan resolusi 32 MP (f/2.0) dan ditempatkan di dalam punch hole di atas layar yang turut dibekali pemindai sidik jari (in-display) berjenis optis.

Baca juga: Ponsel Flagship Xiaomi 14 Masuk Indonesia 26 Maret 2024

Seperti ponsel-ponsel anyar lainnya dari pabrikan yang sama, ponsel dengan baterai berkapasitas 4.610 mAh ini sudah menjalankan sistem operasi HyperOS berbasis Android 14 secara out-of-the-box.

Di akun media sosialnya, Xiaomi Indonesia menyebutkan bahwa Xiaomi 14 akan diungkap secara resmi pada 26 Maret mendatang. Banderol harganya masih belum diumumkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com