Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara Tetangga Sudah Punya Toko Fisik Apple Store, Indonesia Kapan?

Kompas.com - 22/03/2024, 13:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap tahunnya, ketika ada iPhone terbaru rilis, Apple fanboy di Indonesia harus menunggu berbulan-bulan untuk bisa membelinya secara resmi di Indonesia.

Itu pun belinya melalui distributor resmi seperti iBox atau Digimap. Hal itu dikarenakan Indonesia belum memiliki toko resmi Apple secara fisik. Ini berbeda dengan beberapa negara tetangga di Asia Tenggara, seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia.

Apple memilih Singapura sebagai lokasi Apple Store pertama di kawasan Asia Tenggara. Apple membuka toko pertamanya di Singapura di Orchard Road pada 2017. Apple Store Singapura kedua kemudian dibuka dua tahun kemudian di 2019, berlokasi di Jewel bandara internasional Changi.

Lalu, pada September 2020, Apple membuka toko flagship-nya, Apple Store "mengapung" di Marina Bay Sands. Jadi, total ada tiga toko fisik Apple di Singapura, paling banyak se-Asia Tenggara.

Baca juga: Apple Store Mengapung di Singapura Dibuka Kamis Ini, Begini Interiornya

Apple Central World, Bangkokvia Hypebeast Apple Central World, Bangkok
Sementara itu, Thailand saat ini memiliki dua Apple Store yang terletak di Iconsiam, pusat belanja dan hiburan terbesar di Bangkok, pada 2018. Kemudian, pada 2020, Apple membuka toko flagship Apple Store World di Ratchaprasong, salah satu persimpangan tersibuk di kota Bangkok.

Dalam kasus Malaysia, sebenarnya Negeri Jiran ini belum resmi memiliki Apple Store fisik. Menurut rumor sebelumnya, Apple berencana membuka toko flagship pertamanya di Tun Razak Exchange (TRX) City Park, Kuala Lumpur, tahun ini.

Meski begitu, Malaysia sudah memiliki toko Apple Store online resmi. Hal ini terlihat dari laman Apple Malaysia (apple.com/my) yang menyediakan opsi pembelian langsung di dalam situsnya.

Hal ini berbeda dengan Indonesia yang tak punya toko Apple Store fisik dan tidak terhubung dengan Apple Store online juga. Jika membuka situs Apple Indonesia dan mengeklik "Beli", Apple Fanboy akan diarahkan untuk mencari toko distributor resmi sesuai lokasi tempatnya tinggal.

Lantas, kapan Indonesia punya toko fisik Apple Store?

Baca juga: Tim Cook ke Indonesia April, Tanda-tanda Buka Apple Store Menguat

Sinyal Apple Store pertama di Indonesia

Ilustrasi AppleChannel News Ilustrasi Apple
Hingga saat ini, belum ada informasi resmi kapan (atau apakah) Indonesia akan memiliki toko Apple Store fisik seperti Singapura dan Thailand. Meski begitu, tanda-tanda Apple Store pertama dibuka di Indonesia semakin kuat beberapa waktu belakangan ini.

1. Bikin akun YouTube dalam bahasa Indonesia

Tanda-tanda awalnya berasal dari keberadaan akun YouTube resmi Apple yang berbahasa Indonesia. Akun YouTube dengan handle @AppleIndonesia itu memposting sejumlah video yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Pantauan KompasTekno, akun ini dibuat sejak 22 Desember 2022 lalu. Sampai saat ini, baru ada tiga belas video yang diunggah. Video yang terakhir yang diunggah adalah perkenalan iPhone 15 Pro dengan subtitle bahasa Indonesia.

Di bagian halam profil akun tersebut, tampak bahwa akun YouTube Apple Indonesia ini terafiliasi dengan 15 akun Apple lain, termasuk akun utama Apple. Apple juga masif beriklan di Indonesia, menggunakan bahasa Indonesia melalui Tiktok, televisi dan juga YouTube Indonesia.

2. Buka lowongan kerja di Indonesia

Tanda-tanda lain muncul pada akhir 2023 lalu. Dari halaman jobs.Apple.com, tampak bahwa Apple tengah membuka lowongan pekerjaan untuk di Indonesia.

Keempat lowongan pekerjaan tersebut adalah untuk mengisi posisi sales. Rinciannya adalah sebagai berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com