Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis iOS 17.4.1, Perbaiki Bug dan Update Keamanan

Kompas.com - 22/03/2024, 12:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5Mac

KOMPAS.com - Apple menggelontorkan sistem operasi iOS 17.4.1. untuk seluruh pengguna iPhone secara global pada Kamis (21/4/2024). Menurut pernyataan resmi yang disampaikan lewat laman Apple.com, iOS 17.4.1 membawa update perbaikan keamanan.

“Pembaruan ini (iOS 17.4.1.) menyediakan perbaikan bug penting dan update keamanan yang direkomendasikan untuk seluruh pengguna,” tulis Apple.

Akan tetapi, masalah keamanan yang dimaksud tidak dirinci oleh Apple. Demi keamanan dan kenyamanan pengguna iPhone, Apple mengaku pihaknya masih melakukan investigasi lebih lanjut dan akan merincinya ketika proses penyelidikannya selesai.

Baca juga: iPhone Tak Seaman Itu, Trojan Pertama di iOS Ditemukan, Bisa Bobol Rekening Bank

“Demi melindungi pelanggan kami, Apple tidak mengungkapkan, mendiskusikan, atau menginformasikan mmasalah keamanan sampai penyeledikan terjadi atau tambalan dan update dirilis secara umum,” tambah Apple.

Meski informasi soal masalah keamanan tadi masih dirahasiakan oleh Apple, tidak ada salahnya segera melakukan update terbaru ke iOS 17.4.1.

Supaya sistem bisa langsung menambah lapisan keamanan baru dan terhindar dari masalah yang tidak diinginkan, seperti kebocoran data atau error lainnya.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Jumat (22/4/2024), update iOS 17.4.1 dapat diakses langsung di menu Settings (Pengaturan). Klik, General, dan pilih “Software Updates”. Akan ada informasi soal update terbaru yang tertulis dengan kode nomor “21E236”.

Jika informasi update tadi sudah muncul, pengguna iPhone bisa langsung melakukan update. iOS 17.4.1 tersedia untuk seluruh smartphone yang menjalankan sistem operasi iOS 17. Artinya, pengguna iPhone XR, iPhone XS, atau versi yang lebih baru sudah dapat melakukan pembaruan.

Tidak cuma pengguna iPhone, Apple juga menggelontorkan sejumlah update baru untuk perangkat lainnya, seperti iPadOS 17.4.1 di iPad dan visionOS 1.1.1 untuk headset AR (augmented reality) bikinan Apple.

Baca juga: 8 Keunggulan iOS 17 Dibanding iOS 16, Salah Satunya Lebih Menarik dalam Berbagi

Dari pantauan KompasTekno, update iPadOS 17.4.1. sudah hadir untuk pengguna Indonesia. Ada beberapa fitur baru yang dibawa, yakni emoji baru, fitu transkrip di Apple Podcast, serta menambal beberapa celah keamanan untuk meningkatkan keamanan iPad. 

Cara update iPadOS juga serupa seperti di iPhone tadi. Anda bisa melakukan pembaruan langsung di Pengaturan dan mengecek pembaruan di “Software update” yang ada di menu General. 

Fitur baru di iOS 17.4.1

Cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh padahal sudah beli iCloud.Unsplash/Sebastian Bednarek Cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh padahal sudah beli iCloud.

Pembaruan iOS 17.4.1 ini pun dirilis dua minggu setelah Apple menggelontorkan iOS 17.4. iOS 17.4 menghadirkan sejumlah fitur baru untuk aplikasi Podcast, asisten virtual Siri, 100 emoji baru, hingga kemampuan sideload yang hanya berlaku untuk pengguna iPhone di Eropa.

Kemampuan sideload yang dihadirkan bisa dikatakan menarik. Sebab, untuk pertama kalinya Apple memperbolehkan pengguna iPhone menginstall aplikasi dari pihak ketiga, di luar aplikasi Apple Store. 

Selama ini, Apple paling anti memberi izin soal sideload aplikasi. Salah satu alasannya karena soal keamanan. Namun, Apple akhirnya mengendurkan aturan ini supaya bisa tunduk terhadap Undang-Undang Pasar Digital (DMA/Digital Markets Act) Uni Eropa.

Undang-undang tersebut mengharuskan Apple memberi izin sideload sebelum 6 Maret 2024, apabila masih tetap ingin berbisnis di Uni Eropa. Dengan kemampuan sideload, pengguna iPhone khusus di Eropa pun bisa mengunduh aplikasi web browser seperti Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com