Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Apple Event, Gadget Ini Jadi Susah Ditemukan di Apple Store

Kompas.com - 12/09/2023, 13:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple bakal menggelar acara tahunannya, Apple Event yang tahun ini bertema “Wonderlust” pada Rabu dini hari nanti, 13 September pukul 00.00 WIB.

Jelang peluncurannya, Apple dikabarkan tengah mengurangi sejumlah stok dari perangkat tertentu di toko ritelnya, Apple Store. Informasi ini diungkap oleh Mark Gurman, wartawan teknologi Bloomberg yang seringkali memberi bocoran soal produk dan bisnis Apple

Merujuk pada unggahan Gurman di akun Twitter (X) pribadinya dengan handle @markgurman, salah satu perangkat yang bakal langka di Apple Store adalah Apple Watch Ultra.

Pengurangan stok Apple Watch Ultra mungkin sejalan dengan kabar yang berseliweran di media maya. Konon, Apple bakal memperkenalkan Apple Watch Ultra generasi keduanya di Apple Event bersamaan dengan Apple Watch Series 9.

Baca juga: iPhone 15 Meluncur Sebentar Lagi, Ini Bocoran Spesifikasinya

Artinya, selain Apple Watch Ultra yang bakal langka, stok Apple Watch Series 9 juga bakal terbatas alias sulit dicari di sejumlah titik lokasi Apple Store di AS, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (12/9/2023).

Sementara itu, perangkat lain yang juga dijual secara terbatas mencakup iPhone 12, iPhone 13 Mini, dan iPhone versi Pro (tidak disebutkan versi pro mana saja).

Aksesoris tali arloji pintar (watch bands), kasing pelindung berbahan leather, dan.kantong MagSafe juga turut dibatasi.

Pengurangan stok iPhone 13 Mini kabarnya sejalan dengan rencana Apple yang ingin menyetop lini iPhone Mini.

Sebab, pengiriman pesanan iPhone 13 Mini di pasar Amerika Serikat (AS) bisa mencapai 2–3 minggu, sedangkan untuk opsi penyimpanan lain di iPhone 13 Mini pengirimannya bisa mencapai 6–8 minggu.

Baca juga: Pengguna Android Ogah Pindah ke iPhone 15 meski Pakai USB-C

Lamanya proses pengiriman tersebut, menurut Gurman, menjadi indikasi bahwa Apple kemungkinan sudah membatasi atau bahkan menyetop produksi iPhone 13 Mini. Apalagi, Apple sudah bersiap mengumumkan iPhone generasi barunya besok.

Langsung bisa dibeli di Apple Store?

Sejalan dengan bocoran tersebut, Gurman mengumbar bahwa manager toko Apple Store di AS bakal mengadakan konferensi (conference call) pada Selasa (12/9/2023) malam waktu Pasifik usai Apple Event.

“Pengaturan ulang barang dagangan akan dilakukan 12 September malam bersama dengan panggilan konferensi dari manager (Apple Store) usai acara. Tidak seperi biasanya (dilakukan) di hari peluncuran,” tulis Gurman.

Baca juga: Riwayat iPhone Mini Benar-benar Berakhir?

Informasi tersebut membuat sejumlah pihak berspekulasi bahwa seluruh perangkat baru yang diperkenalkan Apple pada Selasa (12/9/2023) malam bakal segera tersedia di Apple Store keesokan harinya, atau tepatnya Rabu (13/9/2023).

Adapun di acara tahunan Apple Event kali ini, Apple diyakini akan merilis iPhone 15 series, perangkat generasi pertamanya yang mengandalkan port USB-C.

Apple juga dikabarkan sudah melatih seluruh staf di Apple Store tentang penggunaan USB-C di Apple Store, mulai dari mengganti adaptor pengisian daya yang tersedia di Apple Store, hingga penggunaan aksesoris.

Karyawan Apple Store juga dilatih untuk mengingatkan pelanggan bahwa iPhone 15 series tahun ini tidak akan berfungsi lagi dengan kabel pengisian daya tipe Lightning. Karyawan diminta untuk mengingatkan pelanggan sebelum melakukan pembayaran.

Bocoran tampilan punggung dan bodi dari iPhone 15 dan iPhone PlusTwitter/Sonny Dickson Bocoran tampilan punggung dan bodi dari iPhone 15 dan iPhone Plus

Kabar yang diberikan Gurman menjadi penanda bahwa Apple tengah “beres-beres” perangkat dari generasi sebelumnya dan melakukan sejumlah peralihan untuk menyambut produk terbarunya di Apple Store.

Menurut bocoran selama ini, Apple diyakini meluncurkan iPhone 15 series, Apple Watch 9 series, Apple Watch Ultra generasi kedua, AirPods Pro, dan iOS 17.

Perlu dicatat bahwa informasi di atas masih bersifat bocoran. Mengingat Apple belum meluncurkan perangkat secara resmi, kemungkinan ada perubahan di masa mendatang. Kita nantikan saja di Apple Event nanti malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com