Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu WhatsApp Aero? Amankah Digunakan?

Kompas.com - 26/03/2024, 15:31 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp Aero merupakan salah satu WhatsApp MOD (modifikasi) yang cukup ramai diminat pengguna. Salah satunya WhatsApp Aero yang memiliki berbagai fitur-fitur tambahan yang tidak miliki dari WhatApp resmi dari Meta.

Istilah WhatsApp Aero juga bisa disebut dengan WhatsApp MOD karena mirip dengan WhatsApp MOD lain, seperti WhatsApp GB atau WhatsApp Plus. Aplikasi ini hanya bisa diunduh oleh HP Android.

Namun pengguna tidak dapat menemukan aplikasi unduhan WhatsApp Aero di Google Play Store. Aplikasi ini hanya tersedia di situs ketiga di aerowaapps.com. Lantas apa yang dimaksud dengan WhatsApp Aero? Amankah digunakan? Selengkapnya berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Jangan Asal Pakai WhatsApp Aero, Ini Risikonya

Definisi WhatsApp Aero

Dilansir dari laman aerowaapps.com, WhatsApp Aero merupakan modifikasi dari aplikasi WhatsApp resmi yang dirancang oleh pengembang pihak ketiga dengan tambahan fitur-fitur tambahan dan penyesuaian.

WhatsApp Aero juga memiliki pemutar media dan fitur penyimpanan file media, Selain itu, ada juga fitur-fitur lain seperti mode gelap, jadwal pesan, dan dukungan banyak akun.

WhatsApp MOD ini sering kali menawarkan pengalaman pengguna yang lebih kaya dan berbeda dari aplikasi WhatsApp resmi, namun pengguna harus memperhatikan bahwa penggunaan modifikasi semacam itu mungkin melanggar ketentuan layanan WhatsApp resmi.

Apakah WhatsApp Aero aman digunakan?

Keamanan WhatsApp Aero atau WA modifikasi lainnya tidak dapat dipastikan dengan jelas.
Aplikasi modifikasi seperti WhatsApp Aero sering kali tidak diotorisasi oleh WhatsApp resmi dan dapat melanggar ketentuan layanan resmi WhatsApp.

Penggunaan aplikasi modifikasi seperti ini juga dapat menyebabkan risiko keamanan, seperti rentan terhadap malware, peretasan data, atau penyalahgunaan privasi.

Selain itu, karena WhatsApp Aero dikembangkan oleh pihak ketiga dan tidak diperiksa oleh platform resmi seperti Google Play Store, tidak ada jaminan bahwa aplikasi tersebut bebas dari perangkat lunak berbahaya atau tidak aman.

Selain itu dilansir KompasTekno dari laman resmi WhatsApp, Meta juga mengungkapkan bahwa mereka akan memblokir akses ke akun pengguna yang menggunakan WhatsApp MOD, termasuk WhatsApp Aero.

Tindakan ini diambil karena aplikasi tersebut dianggap melanggar syarat dan ketentuan layanan WhatsApp.

Baca juga: Apa Itu WhatsApp Aero dan Apa Saja Fiturnya?

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1aAnda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com