Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Pakai WhatsApp Aero, Ini Risikonya

Kompas.com - 05/01/2022, 07:14 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp sebagai aplikasi pesan instan yang populer saat ini memiliki banyak versi aplikasinya atau kerap disebut WhatsApp MOD. Salah satu WhatsApp MOD yang sedang ramai dibahas saat ini adalah WhatsApp Aero.

Secara sederhana, aplikasi WhatsApp MOD merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga dengan memodifikasi fitur dan sistem yang ada di WhatsApp versi orisinal.

Aplikasi WhatsApp MOD juga bersifat tidak resmi, artinya aplikasi ini bukan dikeluarkan oleh pengembang asli yang dalam hal ini adalah Meta, selaku induk perusahaan WhatsApp.

Baca juga: Apa Itu WhatsApp Aero dan Apa Saja Fiturnya?

Biasanya, aplikasi WhatsApp MOD seperti WhatsApp Aero ini hanya tersedia untuk pengguna ponsel dengan sistem operasi Android.

Akan tetapi, pengguna Android tidak akan menemukannya di toko aplikasi Google Play Store, layaknya aplikasi Android resmi pada umumnya.

Pengguna juga tidak akan menemukan WhatsApp Aero atau sejenisnya di situs resmi WhatsApp. Mengunduh atau download WhatsApp Aero hanya bisa dilakukan di situs Whats Aero, yang menyediakan APK WhatsApp Aero.

Karena tidak dikembangkan dan dikelola pihak pertama, keamanan aplikasi WhatsApp MOD seperti WhatsApp Aero tidak bisa dipastikan. Sebab, tidak ada yang akan menjamin keamanan dan kelancaran aplikasi.

Baca juga: Begini Cara Menandai Pesan Penting di WhatsApp Agar Mudah Dicari

Misalnya saja menggulirkan pembaruan berisi penambal celah keamanan, yang biasanya diberikan pengembang pihak pertama. Di sisi lain, WhatsApp tidak pernah memberikan otorisasi pengembangan pada aplikasi-aplikasi modifikasi seperti WhatsApp Aero.

Dengan demikian, pihak WhatsApp bisa saja memberikan sanksi pada orang yang menggunakan aplikasi WhatsApp MOD, termasuk WhatsApp Aero.

Pihak WhatsApp sendiri telah memperingatkan pengguna terkait bahaya ketika menggunakan aplikasi tersebut, sebagaimana dikutip KompasTekno dari laman bantuan milik WhatsApp, Rabu (05/01/2022).

Dalam laman itu, pihak WhatsApp mengatakan bahwa akun pengguna WhatsApp yang memakai aplikasi WhatsApp MOD bisa diblokir sementara hingga selamanya.

“Jika Anda menerima pesan dalam aplikasi yang menyatakan bahWhatsApp akun Anda “Diblokir sementara”, ini berarti kemungkinan Anda menggunakan versi WhatsApp yang tidak didukung aplikasi WhatsApp resmi.” kata pihak WhatsApp.

Baca juga: Cara Menghilangkan Nama di WhatsApp Agar Tampil Kosong

Kemudian, pihak WhatsApp memperingatkan pada pengguna yang akunnya telah diblokir sementara, bisa berubah menjadi diblokir permanen, apabila pengguna tidak segera beralih ke aplikasi WhatsApp orisinal.

Dengan demikian, pemblokiran akun pengguna menjadi salah satu bahaya WhatsApp Aero. Sanksi pemblokiran akun oleh pihak WhatsApp pada pengguna WhatsApp Aero disebabkan karena aplikasi tersebut dinilai telah melanggar aturan layanan dari WhatsApp.

Sehingga, pihak WhatsApp juga menyarankan pada pengguna aplikasi WhatsApp MOD untuk segera beralih ke aplikasi WhatsApp resmi. Pengguna diminta untuk mengamankan file terlebih dahulu sebelum log out dan menghapus aplikasi WhatsApp MOD.

Sementara itu, meski di situs WhatsApp Aero mengatakan bahwa pesan di aplikasi ini akan terenskrispi, tapi tidak disebutkan jaminan bahwa akun pengguna WhatsApp yang memakai aplikasi WhatsApp MOD ini tidak akan diblokir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com