Jangan Asal Pakai WhatsApp Aero, Ini Risikonya

Kompas.com - 05/01/2022, 07:14 WIB
Ilustrasi WhatsApp businessinsider.comIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - WhatsApp sebagai aplikasi pesan instan yang populer saat ini memiliki banyak versi aplikasinya atau kerap disebut WhatsApp MOD. Salah satu WhatsApp MOD yang sedang ramai dibahas saat ini adalah WhatsApp Aero.

Secara sederhana, aplikasi WhatsApp MOD merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga dengan memodifikasi fitur dan sistem yang ada di WhatsApp versi orisinal.

Aplikasi WhatsApp MOD juga bersifat tidak resmi, artinya aplikasi ini bukan dikeluarkan oleh pengembang asli yang dalam hal ini adalah Meta, selaku induk perusahaan WhatsApp.

Baca juga: Apa Itu WhatsApp Aero dan Apa Saja Fiturnya?

Biasanya, aplikasi WhatsApp MOD seperti WhatsApp Aero ini hanya tersedia untuk pengguna ponsel dengan sistem operasi Android.

Akan tetapi, pengguna Android tidak akan menemukannya di toko aplikasi Google Play Store, layaknya aplikasi Android resmi pada umumnya.

Pengguna juga tidak akan menemukan WhatsApp Aero atau sejenisnya di situs resmi WhatsApp. Mengunduh atau download WhatsApp Aero hanya bisa dilakukan di situs Whats Aero, yang menyediakan APK WhatsApp Aero.

Karena tidak dikembangkan dan dikelola pihak pertama, keamanan aplikasi WhatsApp MOD seperti WhatsApp Aero tidak bisa dipastikan. Sebab, tidak ada yang akan menjamin keamanan dan kelancaran aplikasi.

Baca juga: Begini Cara Menandai Pesan Penting di WhatsApp Agar Mudah Dicari

Misalnya saja menggulirkan pembaruan berisi penambal celah keamanan, yang biasanya diberikan pengembang pihak pertama. Di sisi lain, WhatsApp tidak pernah memberikan otorisasi pengembangan pada aplikasi-aplikasi modifikasi seperti WhatsApp Aero.

Dengan demikian, pihak WhatsApp bisa saja memberikan sanksi pada orang yang menggunakan aplikasi WhatsApp MOD, termasuk WhatsApp Aero.

Pihak WhatsApp sendiri telah memperingatkan pengguna terkait bahaya ketika menggunakan aplikasi tersebut, sebagaimana dikutip KompasTekno dari laman bantuan milik WhatsApp, Rabu (05/01/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.