Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Melihat Status Video? Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 26/03/2024, 16:35 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Status WhatsApp merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengunggah berbagai postingan foto atau video dengan durasi singkat. Pengguna bisa membuat status WhatsApp video dengan langsung merekam maupun mengunggah melalui galeri.

Selain itu pengguna juga bisa menonton atau melihat status video pengguna lain di tab “Updates/Pembaruan”. Kendati demikian, tak jarang terdapat masalah saat mengakses status video. Salah satunya WhatsApp tidak bisa melihat status video.

Mulai dari WhatsApp tidak memunculkan status, maupun video yang tidak bisa dibuka atau rusak.

Permasalahan ini bisa jadi disebabkan beberapa hal, mulai dari akibat pengaturan privasi pengguna yang membuat status video tidak muncul, atau format video yang tidak didukung. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Status WhatsApp Tidak Ada Suara dengan Mudah dan Praktis

Pengaturan privasi pengguna

Kenapa WhatsApp tidak bisa melihat status video? Hal ini bisa jadi karena pengaturan privasi pengguna. WhatsApp sendiri memiliki fitur privasi Status WA yang memungkinkan pengguna bisa mengatur visibilitas status WA.

Bisa jadi WhatsApp Anda tidak bisa melihat Status Video karena pengguna menyembunyikan status WA dari Anda. WhatsApp memiliki pengaturan privasi dalam visibilitas Status. Anda dapat memilih beberapa pilihan, seperti “Kontak Saya” yang berarti memilih seluruh kontak yang Anda simpan dapat melihat Status Anda.

“Kontak saya, kecuali” Anda dapat memilih kontak-kontak tertentu yang tidak dapat melihat status WA Anda dan “Bagikan hanya ke kontak tertentu” berarti Anda bisa membagikan Status WhatsApp ke kontak-kontak tertentu yang Anda pilih.

Format video tidak didukung

Salah satu penyebab WhatsApp tidak bisa memunculkan status video bisa jadi karena format video yang tidak didukung oleh WhatsApp. WA sendiri hanya mendukung format mp4, .avi, atau mov. Sehingga apabila pengguna lain mengunggah format video selain di atas, maka tentu pengguna tidak bisamelihat status video. Untuk itu pastikan menggunakan format WhatsApp yang sesuai, seperti mp4, avi, dan mov. 

Update aplikasi

Salah satu penyebab kenapa WhatsApp tidak bisa melihat status video bisa jadi karena terjadi bug atau error aplikasi akibat tidak diperbarui. Maka dari itu cobalah cek toko aplikasi Anda, apakah terdapat notifikasi pembaruan aplikasi WhatsApp. Apabila iya, maka cobalah untuk segera memperbarui aplikasi dan mengakses status video ulang.

Cek koneksi internet Anda

Koneksi internet yang tidak stabil juga bisa jadi faktor status video tidak muncul atau tidak bisa dilihat. Maka dari itu pastikan untuk mengecek koneksi internet Anda.

Apakah koneksi internet stabil menggunakan jaringan data, atau harus menggunakan jaringan WiFi yang lebih stabil. Anda bisa mengecek koneksi internet Anda di situs www.speedtest.net/id

Cek ruang penyimpanan ponsel

Jika ruang penyimpanan di ponsel Anda penuh, WhatsApp tidak akan dapat mengunduh atau menyimpan status video secara lengkap. Ini dapat mengakibatkan kesalahan saat mencoba melihat status video.

Pastikan untuk memeriksa ruang penyimpanan di ponsel Anda dan hapus file yang tidak diperlukan atau pindahkan ke penyimpanan eksternal jika perlu. Setelah membersihkan ruang penyimpanan, coba muat ulang status video yang ingin Anda lihat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Saluran di Status WhatsApp yang Mengganggu, Mudah

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com