Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Status WhatsApp Tidak Ada Suara dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 16/03/2024, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui panduan dasar dalam mengatasi beberapa masalah yang umum terjadi pada aplikasi pesan instan WhatsApp atau biasa disingkat WA. Panduan dasar itu, misalnya, cara mengatasi status WA tidak ada suara.

Status atau story WA yang diunggah kontak lain dengan terdapat suara seperti berbentuk video, idealnya bakal terdengar oleh pengguna saat diputar atau ditonton. Namun, ada kondisi tertentu yang membuat status video WA tidak ada suara.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Akun Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp karena Spam

Saat tak muncul suaranya, pengguna mungkin akan sedikit terganggu. Pasalnya, pengguna jadi tidak bisa mendengar suara dari status WA yang diunggah kontak lain. Masalah status WA tidak ada suara bisa dibilang adalah masalah yang umum terjadi.

Lantaran bakal cukup mengganggu dan umum terjadi, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi status WA tidak ada suara. Lantas, bagaimana cara agar status WA ada suara? Jika tertarik mengetahuinya, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Penyebab status WA tidak ada suara

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya pengguna memahami dulu penyebab status WA tidak ada suara saat diputar. Dengan mengetahui penyebabnya, pengguna bisa menentukkan bagaimana cara mengatasinya nanti.

Lantas, kenapa story WA tidak ada suara? Ada beberapa penyebab status WA tidak ada suara. Pertama, penyebab status WA tidak ada suara saat diputar bisa terjadi karena terdapat masalah pada pengaturan volume HP.

Volume HP yang terlalu kecil atau mati menyebabkan pengguna tak bisa mendengar audio dari status WA yang diunggah kontak lain. Selain itu, penyebab status WA tidak ada suara juga bisa disebabkan karena terdapat mode tertentu di HP yang aktif.

Kemudian, penyebab status WA tidak ada suara dapat dikarenakan terdapat bug pada aplikasi. Itulah beberapa kemungkinan penyebab status WA tidak ada suara. Untuk cara mengatasi status WA tidak ada suara, penjelasannya bisa dibaca di bawah ini.

Cara mengatasi status WA tidak ada suara

Cara mengatasi status WA tidak ada suara itu mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna. Misalnya, pengguna bisa memeriksa pengaturan volume pada HP. Jika volume mati, pengguna bisa menaikkannya agar audio dari status WA terdengar.

Baca juga: Bahaya Pakai Social Spy WhatsApp yang Perlu Diwaspadai, Bisa Kena Scam

Kemudian, pengguna juga bisa mematikan mode tertentu yang menyebabkan HP hening tak mengeluarkan suara, yang jadi penyebab status WA tak terdengar suaranya. Adapun beberapa cara mengatasi status WA tidak ada suara adalah sebagai berikut.

1. Cek pengaturan volume HP

Cara mengatasi status WA tidak ada suara yang pertama adalah dengan memeriksa pengaturan volume HP. Status WA yang tidak keluar suaranya bisa disebabkan karena volume audio HP turun atau mati.

Oleh karena itu, saat status WA tidak muncul suara, pengguna bisa memeriksa volume HP dengan menekan tombol volume naik.

2. Pastikan HP tidak tersambung dengan perangkat audio eksternal

Cara yang kedua adalah pastikan HP tidak tersambung dengan perangkat audio eksternal seperti speaker bluetooth, earbuds, atau headset. Saat tersambung ke perangkat itu, berbagai suara dari HP, termasuk suara status WA, tidak akan muncul melalui speaker internal.

Alhasil, pengguna tidak akan bisa mendengar suara status WA lewat speaker HP. Oleh karena itu, jika suara status WA tak muncul di speaker internal, pengguna perlu memastikan HP tidak tersambung dengan perangkat audio eksternal.

3. Matikan mode Mute atau mode Silent pada HP

Selanjutnya, pengguna juga dapat mematikan mode Mute, mode Silent, atau mode Hening pada HP. Saat mode Silent aktif, beberapa suara di HP akan disenyapkan, termasuk suara dari status WA.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com