Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Rilis Update "AXCA" untuk Galaxy S24 Series, Kamera Jadi Lebih Bagus

Kompas.com - 27/03/2024, 12:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung menggelontorkan sejumlah pembaruan perangkat lunak (software update) untuk lini flagship Galaxy S24 series sejak dirilis pada pertengahan Januari 2024.

Update firmware ini untuk memperbaiki bug, membawa pembaruan fitur, serta meningkatkan patch keamanan.

Yang terbaru, Samsung mulai menggelontorkan firmware versi S928NKSU1AXCA/ S928NOKR1AXCA/ S928NKSU1AXC3 untuk smartphone Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra.

Lewat posting Reddit dan posting di laman komunitas Samsung, beberapa pemilik Galaxy S24 yang berbasis di wilayah Korea Selatan dan Eropa Reddit melaporkan sudah kebagian update firmware AXCA ini.

Update yang berukuran sekitar 800 MB ini membawa beberapa pembaruan, salah satunya di aspek kamera. Peningkatan kamera yang dibawa firmware S928NKSU1AXCA/ S928NOKR1AXCA/ S928NKSU1AXC3 mencakup:

Baca juga: 6 Setting Wajib Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra agar Tidak Blur

  • Akurasi dan eksposur white balance kamera.
  • Kualitas gambar dengan pencahayaan rendah.
  • Akurasi warna di aplikasi kamera ExpertRAW.
  • Kejelasan teks saat menggunakan zoom dalam mode foto.
  • Dukungan video dengan resolusi 480×480 piksel pada fitur Instant Slow-Mo.

Di samping itu, catatan rilis Samsung merinci bahwa firmware versi S928NKSU1AXCA/ S928NOKR1AXCA/ S928NKSU1AXC3 juga membawa patch keamanan untuk bulan April.

Menurut Android Police, Samsung kembali mengalahkan Google dalam meluncurkan patch keamanan bulanan terbaru untuk perangkat flagship-nya. Mengingat saat ini belum memasuki bulan April, tapi Samsung sudah mulai menggelontorkan patch keamanan bulan April.

Pantauan KompasTekno, Rabu (27/3/2024) pagi, perangkat Samsung S24 Ultra milik kami belum kebagian firmware S928NKSU1AXCA/ S928NOKR1AXCA/ S928NKSU1AXC3 ini.

Biasanya, pembaruan firware memang dirilis secara bertahap. Jadi seharusnya kami bakal mendapatkan pembaruan ini dalam beberapa waktu ke depan. Pengguna bisa mengecek secara berkala update firmware terbaru dengan cara klik "Settings" > "Software update" > "Download and install".

Riwayat update software Samsung S24

Tangkapan layar dua update firmware yang sudah diterima Samsung Galaxy S24 Ultra miliki KompasTekno pada bulan Februari dan Maret.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tangkapan layar dua update firmware yang sudah diterima Samsung Galaxy S24 Ultra miliki KompasTekno pada bulan Februari dan Maret.
Sepengalaman kami, perangkat S24 Ultra kami sudah mendapatkan dua kali pembaruan firware pada bulan Februari dan Maret.

Kami menerima update firmware pertama, yakni versi S928BXXU1AXBA pada 23 Februari. Update ini membawa patch keamanan bulan Februari, pembaruan/peningkatan fitur, serta peningkatan performa.

Baca juga: Penjualan Samsung Galaxy S24 Series Ungguli S23, Model Ultra Terlaris

Menurut GSMArena, Samsung S24 series di Amerika Serikat mendapatkan firmware versi S92x1UEU1AXB7 dengan security patch Februari yang sama juga membawa peningkatan kamera. Berikut rincian pembaruan kamera Samsung S24 series dalam changelog update:

  • Bidikan Cahaya Latar Lebih Cerah: Ucapkan selamat tinggal pada foto yang pudar! Mode piksel tinggi kini bersinar dengan keseimbangan yang lebih baik dalam pemandangan terang.
  • Zoom Teks Lebih Tajam (khusus Galaxy S24 Ultra): Lebih dekat dari sebelumnya dengan teks sejernih kristal, bahkan pada perbesaran tinggi.
  • Video Ultra-Halus (khusus Galaxy S24 Ultra): Abadikan momen Anda dengan kejernihan dan detail menakjubkan dalam perekaman video dari belakang.
  • Peningkatan Potret Dalam Ruangan (khusus Galaxy S24 Ultra): Bayangan lebih cerah, wajah lebih tajam - potret dalam ruangan yang sempurna setiap saat.
  • Food Mode Fiesta: Warna-warna menonjol dan rasa menjadi hidup dengan foto makanan yang lebih kaya dan semarak.
  • Sihir Mode Malam: Rasakan peningkatan saturasi dan white balance untuk bidikan malam hari yang tampak lebih alami.
  • Zoom Galeri DNG: Jelajahi foto Anda lebih detail dengan kualitas gambar yang ditingkatkan saat melakukan zoom di aplikasi Expert RAW.
  • Action Heroes (khusus Galaxy S24 Ultra): Menangkap subjek yang bergerak cepat dalam kondisi cahaya latar dengan fokus lebih tajam dan detail lebih jelas.
  • Subjek Bersinar (khusus Galaxy S24 Ultra): Orang, bunga, dan lainnya menjadi hidup dengan eksposur dan ekspresi warna yang dioptimalkan dalam mode foto.

Lalu, perangkat Samsung S24 Ultra kami menerima update firmware kedua, yakni versi S928BXXS1AXBN pada 13 Maret 2023. Update ini membawa peningkatan stabilitas perangkat, memperbaiki bug, penikatan fitur dan performa.

Menurut pembocor gadget kenamaan IceUniverse, trio Samsung S24, Samsung S24 Plus, dan Samsung S24 Ultra bakal menerima update kamera yang signifikan pada bulan akhir April atau awal Mei. Pembaruan kamera besar-besaran ini diprediksi melibatkan white balance dan kualitas gambar telefoto.

Samsung biasanya merilis pembaruan besar untuk ponsel andalannya beberapa bulan setelah dirilis untuk mengatasi kekurangan dalam pemrosesan kameranya.

Tahun lalu, Galaxy S23 menerima pembaruan tersebut pada bulan Juni 2023, yang menambahkan zoom 2x untuk mode potret bersama dengan peningkatan pemrosesan kamera lainnya.

Karena seri Galaxy S24 mulai dijual lebih awal dari pendahulunya, pembaruan yang berfokus pada kamera juga akan hadir beberapa minggu lebih awal, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Rabu (27/3/2024).

Baca juga: Ketika Samsung Galaxy S24 Ultra Terbang ke Stratosfer dan Memotret Bumi...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com