Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Setting Wajib Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra agar Tidak "Blur"

Kompas.com - 25/03/2024, 16:05 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S24 Ultra menjadi smartphone paling mumpuni dari Samsung untuk tahun 2024 ini.

Ponsel ini dibekali oleh beragam spesifikasi canggih, salah satunya di aspek kamera. Galaxy S24 Ultra dibekali kamera utama 200 MP (f/1.7, OIS), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2, bidang pandang 120 derajat), kamera telefoto 10 MP zoom optis 3x (f/2.4), dan kamera telefoto 50 MP zoom optis 5x (f/3.4, OIS). Ada juga kamera depan 12 MP (f/2.2).

Kelima kamera Samsung S24 Ultra ini sangat bisa diandalkan untuk merekam konten video seperti vlog, fancam konser, hingga video sinematik.

Hal ini KompasTekno rasakan sendiri selama menjadikan Samsung S24 Ultra sebagai daily driver selama tiga bulan terakhir. Supaya hasil video HD dan anti burik, berikut KompasTekno rangkumkan enam setting kamera Samsung S24 Ultra yang wajib diikuti pengguna.

Baca juga: Bocoran Galaxy Z Fold 6 FE, Ponsel Lipat Murah Samsung

1. Pilih rasio yang tepat

Pengguna Samsung S24 Ultra bisa lebih leluasa mengambil foto 200 MP atau 50 MP di segala rasio, baik 3:4, 9:16 (Instagram Stories/TikTok), 1:1, hingga layar penuh.Kompas.com/Galuh Putri Riyanto Pengguna Samsung S24 Ultra bisa lebih leluasa mengambil foto 200 MP atau 50 MP di segala rasio, baik 3:4, 9:16 (Instagram Stories/TikTok), 1:1, hingga layar penuh.
Pertama-tama, pengguna harus menentukan rasio aspek video yang ingin direkam. Samsung S24 Ultra menyediakan empat rasio aspek, yaitu 1:1, 3:4, 9:16, dan full.

Jika, video nantinya diunggah di Instagram Stories, Instagram Reels, YouTube Shorts, atau TikTok, sebaiknya dari awal pengguna merekam dengan mode vertikal dengan rasio ukuran 9:16. Dengan begitu, rasio video sudah sesuai dengan ketentuan IG Reels, TikTok, IG Stories, dan YouTube Shorts.

Jika, video nantinya ingin di-upload sebagai video YouTube, maka pengguna bisa merekam dengan mode landscape dengan rasio ukuran 16:9.

Dengan memilih ukuran rasio yang tepat, video tidak perlu dipangkas (crop) ketika akan di-upload. Sebab, proses cropping atau pemangkasan ini bisa menurunkan resolusi hasil video.

2. Aktifkan grid lines

Video yang apik adalah video yang memiliki komposisi yang baik. Salah satu trik untuk mendapatkan komposisi video yang baik adalah dengan mengaktifkan fitur grid lines atau garis bantu saat merekam.

Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk menempatkan objek di dalam frame foto. Dengan fitur ini pengguna akan lebih mudah menilai perbandingan subjek yang akan diabadikan. Ikuti panduan di bawah ini untuk mengaktifkan fitur grid line di Samsung Galaxy S24:

  • Buka aplikasi kamera
  • Klik pengaturan kamera pada kiri atas layar
  • Geser tombol "Grid lines" untuk mengaktifkan

Ketika diaktifkan, fitur ini akan memunculkan dua garis horizontal dan vertikal yang sejajar. Garis-garis itu membagi layar menjadi sembilan bagian. Garis bantu ini akan muncul setiap pengguna membuka aplikasi kamera di Samsung S24 Ultra.

Baca juga: Harga Sama, Ini Beda Spesifikasi Samsung Galaxy A55 dan Vivo V30

3. Rekam 4K 30/60 fps

Agar hasil video maksimal, pengguna bisa memilih resolusi perekaman UHD atau 4K dengan frame rate 30/60 fps. Dengan ini, kami bisa merekam video dengan kualitas lebih tajam dan HD.

Perekaman dengan resolusi tinggi ini bakal menyita lebih banyak memori karena ukuran file-nya yang besar.

Samsung S24 Ultra memiliki kapasitas RAM dan storage yang cukup besar, sehingga masih aman digunakan untuk merekam konser yang biasanya berlangsung sekitar 2 jam hingga 3 jam.

Pengguna juga bisa mencoba fitur "Pro Video". Fitur ini memungkinkan pengguna mengatur perekaman video manual lewat fitur Pro-Video. Pengguna bisa menyetel ISO, shutter speed, EV, white balance secara manual.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com