Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memotret Serunya Konser Ed Sheeran di Jakarta Pakai "HP Konser" Samsung S24 Ultra

Kompas.com - 08/03/2024, 17:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ed Sheeran, penyanyi pop kenamaan asal Inggris baru saja menggelar konser tunggalnya yang bertajuk Mathematics Tour. Konser tersebut diselenggarakan di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada 2 Maret 2023.

Selama konser berlangsung, KompasTekno menggunakan Samsung S24 Ultra untuk mengabadikan aksi panggung Ed Sheeran. Lokasi tempat kami duduk cukup dekat dengan panggung, sekitar 50 meter sampai 70 meter dari tribun kategori Orange B.

Jarak ini cukup ideal untuk mengambil foto Ed Sheeran di atas panggung. Apalagi, Galaxy S24 Ultra dibekali fitur fotografi yang cocok untuk "ngonser".

Smartphone seri-S Samsung ini dibekali kamera utama 200 MP (f/1.7, OIS), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2, bidang pandang 120 derajat), telefoto 10 MP (f/2.4, zoom optis 3x), dan telefoto 50 MP (f/3.4, OIS, zoom optis 5x).

Suasana penonton di konser Ed Sheeran Jakarta KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Suasana penonton di konser Ed Sheeran Jakarta

Dengan beragam kemampuan zoom optis 3x hingga zoom digital 100x, penampilan Ed Sheeran bisa terlihat sangat dekat dalam bidikan di kamera. Kami juga menjajal kebolehan dari zoom optis 5x terbaru dari Samsung. Hasilnya bisa dikatakan memuaskan.

Baca juga: Konser Ed Sheeran Jakarta Difoto dengan Zoom 5x Samsung Galaxy S24 Ultra

Pertama, kami menggunakan kamera pengaturan default (bawaan) dari Samsung, yakni kamera ultrawide 12 MP. Walau resolusinya jauh lebih kecil ketimbang kamera utama 200 MP dan kamera telefoto 50 MP, hasilnya bisa dikatakan serupa dan tidak jauh berbeda. 

Konser Ed Sheeran Mathematics Tour di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara yang dipotret menggunakan Samsung S24 UltraKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Konser Ed Sheeran Mathematics Tour di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara yang dipotret menggunakan Samsung S24 Ultra

Ed Sheeran yang awalnya terlihat sangat "mungil" berdiri di atas panggung, bisa terlihat jauh lebih besar dengan perbesaran zoom 10x dan 20x. Hanya saja, terdapat penurunan kualitas ketika kami menggunakan perbesaran 30x dan 100x. Kendati begitu, dengan perbesaran 10x dan 20x, hasilnya sudah cukup dekat.

Suasana ketika seluruh penonton mengarahkan senter (flashlight) HP ke arah Ed SheeranKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Suasana ketika seluruh penonton mengarahkan senter (flashlight) HP ke arah Ed Sheeran

Alternatifnya, ketika Ed Sheeran sedang berada di sisi ujung panggung, alias tidak berada di tengah, atau tertutup oleh tiang penyangga panggung, kami memotret panel LED yang kerap menyorot wajah Ed Sheeran secara close-up. Panel layar tadi bisa juga dijadikan objek untuk memotret.

Hasil gambar zoom 0,6 hingga 3x di konser Ed Sheeran menggunakan Samsung S24 UltraKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil gambar zoom 0,6 hingga 3x di konser Ed Sheeran menggunakan Samsung S24 Ultra

Momen Calum Scott menyanyikan lagu pembuka di acara konser Ed Sheeran Jakarta. Kamera yang digunakan adalah Samsung S24 UltraKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Momen Calum Scott menyanyikan lagu pembuka di acara konser Ed Sheeran Jakarta. Kamera yang digunakan adalah Samsung S24 Ultra

Selain hasil gambarnya bisa lebih beragam, wajah ataupun ekspresi Ed Sheeran pun bisa terpotret dengan lebih baik. Namun, jika ingin hasil yang lebih maksimal, kami mengubah pengaturan resolusi kamera tadi dari 12 MP menjadi 50 MP dan 200 MP.

Hasil kamera utama 200 MP

Hasil foto Samsung Galaxy S24 Ultra di konser Ed Sheeran Jakarta pakai fitur Expert RAWKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil foto Samsung Galaxy S24 Ultra di konser Ed Sheeran Jakarta pakai fitur Expert RAW

Untuk pengaturan kamera 200 MP, opsi lensa yang ditawarkan lebih sedikit, yakni zoom 1x, 2x, 5x, dan 10x. Mengingat resolusinya yang tinggi, kualitas yang dihasilkan juga menyesuaikan. Gambar menjadi lebih jernih dan diolah oleh teknologi AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan) untuk melakukan sejumlah penyesuaian.

Opsi kamera ini biasanya dipakai untuk memotret suasana stadiun ketika ada banyak lampu sorot yang mengarah ke penonton di bangku tribun. Walau kondisinya sangat minim cahaya, dan hampir sebagian besar gelap, kamera 200 MP masih mampu menghasilkan gambar yang cukup terang.

Baca juga: Hasil Uji Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra, Masih 200 MP tapi Lebih Bagus

Hasil kamera 200 MP Samsung S24 UltraKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil kamera 200 MP Samsung S24 Ultra

Di saat yang bersamaan, hasil gambarnya juga jadi lebih emosional berkat bantuan lampu sorot di panggung. Momen yang pas untuk memotret suasana ini biasanya saat Ed Sheeran membawakan lagu bertempo lambat, seperti ketika menyanyikan "Photograph", suasananya sengaja dibuat sedikit sendu. Penonton juga dimanjakan secara visual oleh keindahan lampu sorot di panggung.

Kendati begitu, pengaturan kamera 200 MP memakan ruang penyimpanan yang lebih banyak. Resolusi untuk satu gambar terbilang cukup besar. Kala itu, KompasTekno menggunakan rasio 16:9 dengan resolusi mencapai 8.160×4.592 piksel dan berukuran 9,7 MB (megabyte) per foto.

Hasil kamera telefoto 50 MP

Hasil foto kamera telefoto 50 MP dengan zoom optis 5x menggunakan Samsung S24 UltraKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil foto kamera telefoto 50 MP dengan zoom optis 5x menggunakan Samsung S24 Ultra

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com