Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HMD Global Akan "Hidupkan" Lagi HP Jadul Ikonik, Nokia 3310 atau 3210?

Kompas.com - 21/03/2024, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Merek ponsel kenamaan, Nokia, akan merayakan ulang tahunnya pada bulan Mei mendatang. HMD Global, sebagai pemilik lisensi merek Nokia juga sudah menyiapkan produk spesial untuk merayakan ulang tahun merek tersebut.

HMD akan "menghidupkan" kembali salah satu ponsel yang ikonik. Rencana ini juga diumumkan perusahaan lewat media sosial X (dahulu Twitter), dengan handle akun @HMDdevices.

Menurut postingan HMD di X, handphone (HP) ikonik Nokia akan rilis pada Mei mendatang. Sayangnya perusahaan asal Finlandia itu tidak merinci model ponsel yang dimaksud.

Baca juga: HMD Siapkan HP Lipat Barbie, Rilis Juli 2024

HMD hanya menampilkan punggung ponsel berkelir kuning dengan efek buram di situsnya. Ponsel itu tampaknya memiliki kamera belakang tunggal. Sementara di X, terlihat gambar berkualitas 8-bit layaknya konten ponsel fitur.

Gambar tersebut memunculkan sejumlah spekulasi. Sebagian kalangan menduga bahwa ponsel yang dimaksud adalah Nokia 3310. Pasalnya, ponsel lawas alias jadul ini juga punya basis pengguna yang besar.

Sebelumnya HMD juga pernah merilis ulang ponsel itu pada tahun 2017 dengan desain yang lebih modern dan dilengkapi kamera belakang tunggal. Jadi, bila ponsel itu dirilis ulang lagi, maka desainnya mungkin dibuat sedikit berbeda.

Nokia 3310 dan 3310 Rebornuselessdaily Nokia 3310 dan 3310 Reborn

Spekulasi lainnya menyebutkan bahwa ponsel ikonik yang dimaksud adalah Nokia 3210. Pasalnya, HP jadul itu juga debut pada 18 Maret 1999. Nah, bila ponsel ini rilis pada tahun ini, maka ada kemungkinan HMD menambahkan dukungan konektivitas 4G.

Nokia 3210ist Nokia 3210

Alasan lainnya yang menguatkan Nokia 3210 bakal dirilis ulang tahun ini adalah karena HMD belum pernah memproduksi ponsel tersebut. Berbeda dengan model lainnya seperti Nokia 3310 yang dirilis ulang pada tahun 2017, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Kamis (21/3/2024).

Meski demikian, Nokia belum memberikan konfirmasi soal model HP ikonik yang akan hadir nanti. Kepastiannya akan terjawab pada Mei mendatang.

Baca juga: Bocoran HP Baru HMD Tanpa Merek Nokia Muncul di Situs Resmi

Siapkan HP lipat Barbie

Selain ponsel ikonik, HMD juga menyiapkan ponsel Nokia lain bertema Barbie. Rencana ini diumumkan HMD bersamaan dengan digelarnya pameran teknologi Mobile World Congress di Barcelona pada akhir Februari lalu.

Perangkat tersebut merupakan buah kolaborasi HMD dengan Mattel, perusahaan mainan kenamaan termasuk boneka Barbie.

HMD menyebut ponsel itu sebagai flip. Artinya, ponsel Barbie HMD akan didesain seperti ponsel lipat yang populer sebelum smartphone atau ponsel pintar membumi. Salah satunya yaitu Motorola Razr.

Daftar ponsel misterius HMD yang akan rilis paruh pertama 2024GSM Arena Daftar ponsel misterius HMD yang akan rilis paruh pertama 2024

Karena itu, fiturnya juga akan terbatas, tidak secanggih smartphone lipat. Kolaborasi HMD dengan Mattel juga diumumkan lewat situs resmi HMD. Menurut HMD, ponsel lipat bertema Barbie akan meluncur pada Juli mendatang.

"Barbie Flip Phone akan hadir pada musim panas 2024. Menawarkan gaya, nostalgia dan detoksifikasi digital. Ponsel berfitur retro ini akan membalikan budaya smartphone dan akan menjadi aksesori favorit musim panas ini," demikian keterangan HMD dikutip dari situs resminya, Senin (26/2/2024).

Sayangnya perusahaan pemilik lisensi merek Nokia itu tidak membagikan bocoran spesifikasi ponsel Barbie. Salah satu yang pasti, ponsel lipat itu bakal dibalut dengan kelir pink. Hal ini juga terlihat dari materi presentasi yang dibagikan HMD di MWC 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com