Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengatasi WiFi Tidak Terdeteksi di HP dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 20/04/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui panduan dasar untuk mengatasi beberapa persoalan saat mengoperasikan perangkat HP (handphone). Salah satunya adalah cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP.

Dalam kondisi normal, saat WiFi di HP aktif, HP bakal mendeteksi sejumlah nama router yang tersedia di sekitar. Selanjutnya, pengguna bisa menghubungkan HP dengan router tersebut untuk mengakses jaringan internet via WiFi.

Baca juga: 5 Cara Ganti Password WiFi Berbagai Provider, Ada IndiHome, Biznet, dan Lainnya

Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, nama-nama WiFi yang tersedia di sekitar itu tidak muncul di HP, padahal statusnya aktif. Masalah WiFi tidak terdeteksi di HP ini tentu akan merepotkan pengguna.

Pasalnya, saat WiFi tidak terdeteksi di HP, pengguna jadi tidak bisa menghubungkan HP ke router untuk mengakses internet via jaringan WiFi. Lantaran bakal merepotkan, untuk berjaga-jaga, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP.

Lantas, bagaimana cara mengembalikan sinyal WiFi yang hilang di HP? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara memunculkan WiFi di HP dengan mudah dan praktis.

Penyebab WiFi HP tidak muncul

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya pengguna memahami dulu beberapa penyebab WiFi HP tidak muncul. Lantas, mengapa WiFi di HP hilang? Ada beberapa penyebab yang membuat masalah WiFi tidak terdeteksi di HP bisa terjadi.

Adapun penyebab WiFi tidak terdeteksi di HP yang paling umum terjadi adalah posisi HP terlampau jauh dengan perangkat router, sehingga tidak dapat menangkap sinyal WiFi secara optimal.

Kemudian, penyebab WiFi HP tidak muncul adalah terdapat gangguan pada sistem HP. Selain itu, gangguan yang bisa membuat sinyal WiFi hilang di HP juga bisa datang dari router yang digunakan.

Selanjutnya, penyebab WiFi HP tidak muncul bisa juga dikarenakan terdapat kerusakan pada komponen yang berfungsi untuk menangkap sinyal WiFi. Jika komponen itu rusak, HP tidak akan bisa menangkap dan mendeteksi WiFi.

Itulah beberapa penyebab WiFI HP tidak muncul. Penyebab-penyebab itu perlu diketahui pengguna untuk menentukan solusi yang dapat dilakukan nantinya. Untuk cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP, penjelasannya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP

Cara memunculkan WiFi di HP yang tidak terdeteksi atau hilang itu pada dasarnya cukup mudah. Ada beberapa pilihan cara yang dapat dilakukan pengguna untuk mengatasi masalah WiFi HP tidak muncul.

Misalnya, pengguna bisa meletakkan router secara tepat agar dekat dengan HP. Dengan demikian, HP dapat menerima sinyal WiFi dari router secara optimal. Kemudian, pengguna juga bisa restart router untuk mengatasi gangguan.

Selain itu, masih terdapat banyak lagi cara yang bisa dilakukan pengguna. Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP adalah sebagai berikut.

1. Posisikan router dengan benar

Posisi router di sebuah ruangan sangat penting diperhatikan. Misalnya, jika router ditempatkan di sudut rumah yang jauh dari jangkauan, kemungkinan besar, sinyal WiFi bakal tidak bisa ditangkap dengan baik di HP.

Oleh karena itu, supaya sinyal WiFi terdeteksi di HP, pengguna perlu memosisikan router dengan benar. Lokasi router yang ideal adalah sedekat mungkin dengan tempat di mana pengguna banyak beraktivitas dan berada di area terbuka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com